Resep Bakso Tempe yang Bisa Manjain Lidah

Maria Guerrero   21/08/2020 19:22

Bakso Tempe
Bakso Tempe

Anda sedang mencari inspirasi resep bakso tempe yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakso tempe yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bakso adalah salah satu makanan yang digemari berbagai kalangan. Tempe merupakansuatu jenis makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji Apa Itu Bakso. Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso tempe, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bakso tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bakso tempe yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bakso Tempe memakai 9 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Bakso Tempe:
  1. Ambil 1/2 papan tempe (110 gr), potong dadu
  2. Ambil 1 butir telur ayam
  3. Gunakan 150 gr tepung tapioka
  4. Sediakan 2 sdm tepung terigu
  5. Ambil 2 siung bawang putih, haluskan
  6. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk
  7. Gunakan Garam
  8. Ambil Air bersih
  9. Ambil Minyak sayur

Cara Membuat Bakso Membuat Aneka Bakso Sapi, Bakso Ikan dan Bakso lainnya. Untuk kali ini agak sedikit asing ya di telinga kita masak ada sih bakso tempe? Mungkin agak berbeda dengan bakso tempe goreng ini karena di dalam bahan bakso goreng ini terdapat campuran tempe. Hmmm, jadi penasaran ya bagaimana rasa bakso tempe goreng ini…?

Langkah-langkah menyiapkan Bakso Tempe:
  1. Kukus tempe yg sudah dipotong dadu sampai layu.
  2. Masukkan tempe, telur, bawang putih, merica bubuk dan garam ke dalam foodprocessor (pakai blender boleh & mau dihaluskan pakai uleg juga boleh).
  3. Haluskan sampai menjadi adonan. Pindahkan ke wadah.
  4. Campurkan dengan tepung terigu dan tapioka.
  5. Uleni sampai tercampur dan bisa dibentuk.
  6. Didihkan air. Matikan api apabila sudah mendidih. Olesi tangan dengan minyak lalu bentuk bulat seperti bakso. Masukkan ke dalam air panas tadi, lakukan sampai selesai.
  7. Setelah semua bakso di bentuk, nyalakan api kompor dan masak bakso tempe sampai matang. Kalau mengapung tandanya sudah matang.
  8. Tiriskan.
  9. Bakso tempe siap dibumbui dan dibakar. Mau pakai kuah kaldu, bumbu kacang atau kecap juga udah enak ini baksonya.

Resep Bakso Tempe - sudah sering kita mendengar bahkan menyantap bakso seperti bakso daging sapi, bakso ikan dan lainnya. Resep bakso dengan bahan dasar tempe? Selain prosesnya yang cukup sederhana, resep bakso tempe ini sangat tepat dinikmati menjelang sore hari. Tempe goreng, tempe mendoan, gulai tempe, rendang tempe, semur tempe, orek-orek tempe atau yang lainnya? Agar tidak bosan, saya mencoba mengolah tempe menjadi bakso.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bakso tempe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved