Bagaimana Membuat Bolu Kukus Gulung (Ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) yang Sempurna

Olivia Campbell   05/11/2020 20:49

Bolu Kukus Gulung (Ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll)
Bolu Kukus Gulung (Ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll)

Lagi mencari inspirasi resep bolu kukus gulung (ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kukus gulung (ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus gulung (ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bolu kukus gulung (ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Kue yang penuh kenangan dengan almarhumah Ibu. Resep saya dapat dari buku catatan resep beliau, tapi saya tidak tahu sumbernya dari mana. Soalnya pakai loyang bolu gulung yang zig-zag atau bergerigi.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bolu kukus gulung (ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bolu Kukus Gulung (Ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) memakai 11 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bolu Kukus Gulung (Ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll):
  1. Siapkan 6 butir telur
  2. Gunakan 250 gram gula pasir
  3. Siapkan 1 sdm SP/TBM (cake emulsifier)
  4. Siapkan 250 gram tepung terigu
  5. Sediakan 1/2 sdt vanili bubuk
  6. Sediakan 1 gelas belimbing santan dari 1/2 butir kelapa (aku pakai santan kemasan ditambah air sampai 220 ml)
  7. Siapkan secukupnya Pewarna makanan merah dan hijau (aku pakai pasta pandan & pewarna merah)
  8. Gunakan Bahan butter cream:
  9. Sediakan 200 gram shortening/mentega putih
  10. Gunakan 50 gram margarin/butter
  11. Sediakan 50 gram gula halus (aku pakai susu kental manis secukupnya sampai manisnya pas)

See more ideas about Bolu, Swiss roll, Roll cake. Resep Bolu Gulung Batik (Swiss Roll) - Satu lagi olahan bolu gulung yang sayang bila terlewatkan. Bernama bolu gulung batik, bolu gulung ini merupakan salah satu kreasi dari resep bolu gulung sederhana. Pada dasarnya membuat bolu gulung batik sangat mudah dan step by stepnya hampir sama dengan Resep Bolu Gulung Irit Telur, Hasilnya Enak dan Lembut Banget! yang sudah kami bagikan beberapa.

Langkah-langkah membuat Bolu Kukus Gulung (Ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll):
  1. Kocok semua bahan butter cream hingga tercampur rata dan fluffy. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula, vanili, dan cake emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih kental.
  3. Tambahkan terigu dan santan sedikit demi sedikit secara bergantian. Aduk rata.
  4. Ambil 2-3 sendok sayur adonan, beri pewarna merah. Sisa adonan lainnya beri pasta pandan.
  5. Siapkan loyang, saya pakai loyang zig-zag ukuran 20x26x3 cm. Olesi permukaannya dengan margarin lalu lapisi atasnya dengan plastik tipis agar mudah mengeluarkan kue ketika sudah matang.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang lalu kukus hingga matang (kira-kira 10 menit). Adonan merah dan hijau ngukusnya sendiri2 ya.. Jadi adonan yang merah hanya jadi sekitar 1/3 loyang saja. Setelah matang, kue yang warna merah dipotong-potong memanjang mengikuti pola garisnya. Kalau adonan yang hijau nuangnya sampai 1 loyang penuh. Tapi jangan terlalu tebal, nanti mudah patah ketika digulung. Adonan hijau bisa jadi 3 loyang.
  7. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang dan langsung gulung kue hangat-hangat dengan menggunakan kain lap bersih. Sisihkan.
  8. Setelah dingin, buka kembali gulungan kue, olesi permukaan kue dengan butter cream. Letakkan potongan kue yang berwarna merah di atasnya lalu gulung kue secara perlahan.
  9. Bolu kukus gulung siap disajikan. Potong -potong sesuai selera ya.. 1 resep ini bisa jadi 3 roll kue dengan ukuran loyang yang sudah tercantum di atas. Selamat mencoba… 😊😊😊
  10. Ini foto si bolgul cantik bareng temen2 seperjuangannya buat ngisi snack box arisan. 😁

Bolu gulung mbak Ricke ini beneran lembut mesipun gak pakai kuning telur yang bejibun yaaa, Baru pertama kali ini bikin pakai resep mbak Ricke, langsung sukaaaa. Asli lembut moist gitu deh. yang pasti seisi rumah pada suka. Resep Bolu Gulung Ekonomis Irit Telur Lembutt dan Lentur. Kapan hr sempat videoin bolu gulung premium. Eh banyak yg minta kalo ekonomis giman.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu kukus gulung (ekonomis, cuma 6 telur jadi 3 roll) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved