Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakso malang, Sempurna

Barry Torres   01/12/2020 06:00

Bakso malang
Bakso malang

Anda sedang mencari inspirasi resep bakso malang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakso malang yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Malang (maa-laang) is the name of a city in East Java province. So combining this Bakso and Malang, means that this food origin is from Malang. Here is the image of the Bakso Malang seller.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso malang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan bakso malang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakso malang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bakso malang memakai 21 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bakso malang:
  1. Ambil 500 gr daging paha atas sapi/daging giling
  2. Siapkan 100 gr es batu, hancurkan
  3. Sediakan 1 butir putih telur
  4. Sediakan 5 bawang putih, goreng
  5. Sediakan 2 bawang merah, goreng
  6. Gunakan 9 sdm tepung tapioka
  7. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  8. Siapkan 1 sdt baking powder
  9. Sediakan 2 sdt garam
  10. Gunakan 2500 ml Air untuk merebus
  11. Ambil Wadah berisikan air + es batu
  12. Ambil Bahan kuah
  13. Gunakan Air rebusan bakso
  14. Siapkan Tulang ayam (opsional)
  15. Gunakan 5 bawang putih, goreng
  16. Ambil 6 bawang merah, goreng
  17. Gunakan Secukupnya daun bawang, daun seledri, dan bawang merah goreng
  18. Ambil Secukupnya garam, kaldu, dan merica
  19. Siapkan Pelengkap
  20. Gunakan Bihun, kecap manis, saus sambal
  21. Siapkan Bawang merah goreng, jeruk nipis

Misalnya, ada toko kue di Malang yang recommended, kuliner legendaris dari Malang, dan bakso enak di Malang! Malang dikenal sebagai salah satu daerah yang menghasilkan bakso-bakso enak. Bahkan, kelezatan bakso khas Malang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Hai, kali ini saya akan membuatkan resep yang pasti kalian suka yaitu Bakso Malang.

Cara membuat Bakso malang:
  1. Goreng bawang putih dan bawang merah secara utuh, lalu uleg hingga halus, sisihkan. Siapkan blender, hancurkan es batu tambahkan daging dan blend hingga halus. Tambahkan putih telur dan blend. Tambahkan semua tepung dan bumbu, blend hingga halus.
  2. Pindahkan ke wadah, uleni dan banting hingga membentuk pasta. Isi ke dalam kulit pangsit dan tahu (bisa goreng/rebus)
  3. Didihkan air sampai mendidih, kecilkan api ke sedang. Bulat-bulatkan bakso lalu masak hingga mengapung, angkat dan taruh ke air es batu. (Supaya proses masak berhenti)
  4. Kuah: ambil sisa kuah rebusan bakso dan tambahkan tulang ayam (opsional), didihkan sampai keluar sari-sari, angkat tulang ayam.
  5. Goreng bawang merah dan putih secara utuh. Kemudian haluskan (di ulek) bersama dengan merica bubuk. Setelah halus, masukan bumbu ke dalam air rebusan bakso. Masukan daun bawang, seledri utuh (diikat), garam dan kaldu.
  6. Rebus bakso hingga mengapung dan matang, makin lama makin keruh dan enak rasanya. Sajikan dengan yang digoreng beri bahan pelengkap. Siap disantap.

Mudah dan enak banget, nggak kalah rasanya sama yang dijual di luar. Bakso Malang dengan pentol, mie, dan pangsit goreng sudah menjadi hal yang biasa. Lain ceritanya jika di dalam porsi kamu bisa menjumpai potongan kikil sapi yang maknyus. Dengan tambahan tahu dan siomay basah, dijamin kamu bakal minta nambah untuk menikmati salah satu varian bakso terenak di Malang ini. Bakso malang terkenal punya banyak isian yang memanjakan lidah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bakso malang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved