Resep Soto tangkar yang Menggugah Selera

Pauline Price   13/10/2020 03:27

Soto tangkar
Soto tangkar

Sedang mencari inspirasi resep soto tangkar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan soto tangkar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini. Lihat juga resep Soto Tangkar Betawi Fiber Ćremé. mudah!!! enak lainnya. Resep 'soto tangkar betawi' paling teruji.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto tangkar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto tangkar menggunakan 28 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto tangkar:
  1. Siapkan 500 gr iga sapi tanpa tulang
  2. Sediakan 2 bks santan kemasan
  3. Sediakan 2 lembar daun salam
  4. Ambil 2 lembar daun jeruk
  5. Sediakan 1 ruas lengkuas
  6. Sediakan 1 batang serai
  7. Ambil 1 ruas jahe
  8. Sediakan 3 cm kayu manis
  9. Siapkan 5 buah cengkeh
  10. Ambil 1 sdm garam
  11. Ambil 1/2 sdt penyedap rasa sapi
  12. Ambil 1/2 sdt gula
  13. Gunakan Bumbu halus :
  14. Sediakan 5 siung bawang putih
  15. Gunakan 3 siung bawang merah
  16. Sediakan 4 buah cabe merah keriting
  17. Siapkan 1 sdt ketumbar
  18. Gunakan 1/2 sdt merica
  19. Siapkan 1 ruas kunyit
  20. Gunakan 5 butir kemiri
  21. Sediakan 1/2 sdt jintan
  22. Sediakan Pelengkap :
  23. Gunakan Bawang goreng
  24. Gunakan Daun bawang iris halus
  25. Siapkan Jeruk limo
  26. Ambil Tomat
  27. Gunakan Emping
  28. Siapkan Acar timun

Penjual soto tangkar ini sudah berjualan selama puluhan tahun. Yang menarik, ia menggunakan bahasa Inggris dalam melayani pembelinya lho! Baca Jajan Squad yang baru dirilis di Situs Resmi LINE WEBTOON secara gratis. Mendengarkan resep soto tangkar bahan soto tangkar cara membuat soto tangkar top enak.

Cara membuat Soto tangkar:
  1. Daging sapi direbus saya sistem 5.30.7 (rebus diair mendidih 5 menit, angkat dan tutup panci sampai 30 menit lalu rebus lagi 7 menit), setelah daging empuk potong potong daging lalu sisihkan
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang, setelah bumbu matang beri sedikit air
  3. Masukan bumbu yang sudah di tumis ke dalam air rebusan daging, masukan daun salam, daun jeruk, cengkih, kayu manis, lengkuas, jahe dan serai, masak sampai mendidih lalu masukan bumbu garam, gula, penyedap rasa dan terakhir masukan santan, koreksi rasa sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah
  4. Setelah terkoreksi rasa soto siap dinikmati, beri tambahan irisan tomat, bawang goreng, emping, jeruk limo dan acar timun juga sambal kalo suka..

Soto tangkar ada sejak zaman penjajahan Belanda, lahir karena daging berkualitas untuk penjajah, tetapi tangkar dan jeroan untuk penduduk Indonesia. Angkat daging dan jerohannya, lalu potong-potong. Sisihkan air rebusan daging untuk kuah soto dan buang air rebusan jerohan. Sejarahnya, soto tangkar sudah ada dari zaman penjajahan belanda. Kata 'tangkar' berasal dari Bahasa betawi yang berarti iga sapi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto tangkar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved