Bagaimana Menyiapkan Soto Iga Sapi Anti Gagal

Rhoda Torres   04/07/2020 20:10

Soto Iga Sapi
Soto Iga Sapi

Lagi mencari inspirasi resep soto iga sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto iga sapi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas SOTO IGA SAPI. Restaurant in Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Lihat juga resep Soto Rempah Tulang Sapi enak lainnya. tulang iga sapi beserta dagingnya, air, ketumbar bubuk, kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jahe.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto iga sapi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto iga sapi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto iga sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Soto Iga Sapi menggunakan 22 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Iga Sapi:
  1. Ambil 1 kg iga sapi (saya pakai iga yg agak berlemak)
  2. Gunakan 1 batang serai (dikeprek)
  3. Ambil 1 ruas lengkuas (dikeprek)
  4. Sediakan 2 ruas jahe (dikeprek)
  5. Siapkan 3 lembar daun salam
  6. Siapkan Bumbu dihaluskan :
  7. Siapkan 1 ruas kunyit
  8. Gunakan 3 butir kemiri
  9. Sediakan 9 siung bawang merah
  10. Sediakan 5 siung bawang putih
  11. Sediakan 1 sdt jintan
  12. Ambil 1 sdt merica
  13. Gunakan 2 sdt ketumbar
  14. Gunakan secukupnya garam, gula, dan kaldu bubuk
  15. Ambil secukupnya air
  16. Gunakan Pelengkap :
  17. Siapkan tauge
  18. Gunakan seledri
  19. Gunakan bawang goreng
  20. Gunakan irisan tomat
  21. Ambil cabe rawit
  22. Gunakan jeruk nipis kalau suka

Tak perlu menunggu pagi hari untuk menyantapnya dan tak usah menunggu saat cuaca dingin. Home » ANEKA SUP SOTO » Resep Sop Iga Sapi Bening Bumbu Spesial. Santapan siang hari ini adalah menikmati sop iga sapi " Sami Asih" Kota Tegal, ditambah beberapa sindik sate kambing, dengan menu minuman teh poci gula batu, diselingi air putih hangat. Biasanya soto iga goreng bawang ini terdiri dari dua potong iga sapi yang tulangnya masih menyatu tapi teksturnya lembut sehingga ketika digigit, dagingnya akan langsung copot dari tulang.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Iga Sapi:
  1. Cuci bersih iga sapi, rebus dengan air secukupnya dengan sedikit garam sampai empuk.
  2. Tumis bumbu halus beserta serai, jahe, lengkuas, dan daun salam sampai harum.
  3. Masukkan iga sapi, aduk rata dengan bumbu. Tuang air kaldu sisa rebusan iga. Tambahkan air secukupnya. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.
  4. Tata tauge di mangkok, siram dengan kuah soto. Tambahkan irisan daun seledri, cabe rawit, potongan tomat, dan kerupuk. Peras dengan jeruk nipis kalau suka…
  5. Siap disajikan…
  6. Nyamnyam…

Cara membuat soto daging sapi: Potong daging sapi dengan bentuk dadu ataupun sesuai dengan selera Anda. Aduk hingga merata, masak di atas api yang sedang atau tidak terlalu besar hingga. Iga sapi yang telah digoreng disajikan di piring bersama dengan irisan tomat, sambal dan bawang putih goreng. Ditambah semangkuk kuah soto lengkap dengan irisan daun bawang dan nasi putih akan. Soto daging memang tak sepopuler soto ayam.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto iga sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved