Bagaimana Menyiapkan Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung), Bisa Manjain Lidah

Alice Walton   04/09/2020 06:08

Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung)
Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung)

Lagi mencari ide resep bakso lombok uleg (khas temanggung) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakso lombok uleg (khas temanggung) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso lombok uleg (khas temanggung), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bakso lombok uleg (khas temanggung) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Ketika berada di Warung Bakso Lombok Uleg Pak Di, pembeli akan merasa bingung saat mencari saus dan sambal. Salah satu fakta terkait Warung Bakso Lombok Uleg Pak Di ialah banyaknya variasi campuran bakso yang dijual. Di Temanggung, bakso lombok uleg dijual di dua tempat, yaitu di depan BRI Temanggung dan di sebelah barat gedung DPRD alun-alun Temanggung.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bakso lombok uleg (khas temanggung) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung) menggunakan 24 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung):
  1. Ambil Bahan Tahu dan Kriuk Kriuk
  2. Ambil 8 sdm Tepung beras
  3. Ambil 5 sdm Tepung Terigu
  4. Siapkan 4 helai seledri, di cincang halus
  5. Gunakan Lada bubuk
  6. Sediakan Kaldu sapi
  7. Siapkan Garam
  8. Siapkan Kaldu jamur
  9. Siapkan 90-100 ml air mateng suhu ruang
  10. Sediakan Tahu pong / tahu putih goreng ambil dalemnya
  11. Gunakan Minyak untuk menggoreng
  12. Gunakan Bahan Kuah bakso
  13. Siapkan 5 siung bawang putih goreng utuh, haluskan
  14. Siapkan 1 sdm lada halus
  15. Ambil Garam
  16. Siapkan Kaldu sapi
  17. Ambil 1000 ml air
  18. Gunakan Bahan pelengkap
  19. Siapkan 20 butir Bakso halus
  20. Siapkan 4 buah kupat, aku beli di pasar
  21. Siapkan Seledri cincang
  22. Gunakan Bawang goreng
  23. Ambil Cabe rawit sesuaikan dgn selera pedas
  24. Siapkan Kecap (optional)

Ali Prawiro adalah anak dari seorang petani yang Pada perkembangannya sekarang Bakso Lombok Uleg Pak Di oleh sebagian masyarakat Temanggung, "diakui" sebagai makanan khas kota. Lihat juga resep Bakso Lombok Uleg Simple Khas Temanggung enak lainnya! Saking lamanya, banyak yang mengeklaim makanan ini makanan KHAS kota Temanggung dimana BLU berasal. Bakso Lombok uleg MBAK SUSI merupakan bakso khas dari kabupaten temanggung. lokasi nya terletak di jalan kosasih, coyudan, parakan, temanggung.

Langkah-langkah menyiapkan Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung):
  1. Bahan tahu dan kriuk kriuk : campur semua bahan, koreksi rasa, isi tahu dengan adonan goreng sampai kering, sisa adonan di bentuk kecil kecil (jgn terlalu besar nanti ga kriuk) gorenv sampai coklat kering
  2. Bahan kuah : siapkan air masukkan bumbu halus, garam, lada dan kaldu jamur, koreksi rasa, masukkan bakso dalam kuah dan tunggu sampai mendidih, saya pake bakso fozeb beli dishopee ya lumayan enak
  3. Siapkan mangkok, beri cabe rawit sesuai selera, dan uleg cabai rawit langsung di mangkoknya, susun dengan isian lainnya, kerupat, tahu isi, seledri dan bawang goreng, beri bakso dan kuahnya taburi dengan kriuk kriuk, bisa di tambah kecap kalo suka, sajikan saat masih panas, selamat mencoba
Bakso Lombok Uleg (Khas Temanggung)

Makanan khasnya antara lain bakso lombok uleg khas Temanggung dan kupat tahu. so khas Temanggung ini tidak menggunakan mie seperti bakso pada umumnya. Bakso ini dinamakan bakso uleg karena sambal yang biasanya disediakan dalam wadah tersendiri, tetapi dalam penyajian bakso. Bakso uleg khas temanggung sangat cocok jadi teman sobat untuk menghangatkan badan disela-sela musim hujuan, walaupun bukan musim hujan karena di Temanggung terbilang hawanya dingin ya cocok saja kapanpun :)Bakso uleg tidak sama peracikannya dengan bakso biasa pada umumnya. "Bakso khas Temanggung tidak memakai mi, sebagai gantinya pakai ketupat. Warung bakso yang diprakarsai oleh Bapak Samudi. Bakso Lombok Uleg PakDi merupakan salah satu sajian bakso lombok uleg khas Temanggung.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bakso lombok uleg (khas temanggung) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved