Langkah Mudah untuk Membuat Soto iga sapi dan tetelan, Sempurna

Teresa Wong   02/11/2020 16:04

Soto iga sapi dan tetelan
Soto iga sapi dan tetelan

Lagi mencari inspirasi resep soto iga sapi dan tetelan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto iga sapi dan tetelan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Tetelan SAPI dibikin gini ternyata enak banget. Resep Sop Iga Sapi Kuah Bening, Super Empuk, Enak dan Tidak Berbau Amis! Jika suka bisa ditambah jeroan sapi seperti paru, babat dan limpa.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto iga sapi dan tetelan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto iga sapi dan tetelan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah soto iga sapi dan tetelan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto iga sapi dan tetelan menggunakan 23 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto iga sapi dan tetelan:
  1. Sediakan 1,2 kg iga sapi +tetelan
  2. Gunakan 2 liter air
  3. Sediakan Secentong sayur minyak goreng (untuk menumis)
  4. Sediakan 1 bawang bombai iris melintang
  5. Gunakan 1 tomat besar potong kasar
  6. Siapkan 2 batang daun bawang potong kasar
  7. Sediakan 6 lembar daun jeruk
  8. Ambil 2 lembar daun salam
  9. Sediakan 2 batang sereh digeprek
  10. Sediakan 3 potong kayu manis uk 5 cm
  11. Siapkan 5 kapulaga
  12. Sediakan 5 bunga lawang
  13. Siapkan 5 cengkih
  14. Siapkan 1 sdm bumbu sup bubuk
  15. Sediakan 1 bungkus lada bubuk (ladaku)
  16. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk
  17. Gunakan Secukupnya garam halus
  18. Gunakan Bumbu yang dihaluskan
  19. Gunakan 150 gr bawang merah
  20. Sediakan 80 gr bawang putih
  21. Sediakan 2 kunyit uk telunjuk
  22. Siapkan Jahe uk jempol kaki
  23. Ambil 25 cabe rawit

Bagian ini sering dihindari untuk kamu yang sedang memilih gaya hidup sehat karena kandungan lemaknya cukup tinggi. Jakarta - Daging sapi dengan sedikit lemak juga enak dibuat soto. Rebus tetelan dan otot sapi hingga lunak, lalu potong-potong sesuai selera. Jika bumbu sudah harum, masukkan tetelan dan otot beserta air rebusan tadi.

Langkah-langkah menyiapkan Soto iga sapi dan tetelan:
  1. Cuci iga dan tetelan, lalu rebus dalam panci presto selama 15 menit. Matikan api dan biarkan hingga dingin dan panci bisa dibuka secara natural.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu tumis bumbu halus, sereh geprek, daun jeruk, daun salam, ketumbar bubuk, kayu manis, kapulaga, cengkih,dan bunga lawang hingga harum dan masak
  3. Masukkan bumbu yg telah ditumis ke dalam panci yg berisi rebusan iga. Tabahkan bawang bombai.Masak sambil diaduk hingga mendidih dan bumbu menyatu dengan air,lalu tambahkan lada,garam,bumbu sup bubuk, tomat dan daun bawang. Biarkan mendidih kembali lalu cek rasa…jika kurang garam silahkan ditambah sesuai selera

Sepintas, soto yang berbahan dasar daging sapi (biasanya bagian tetelan atau has dalam) ini hampir sama dengan jenis soto yang lain, tetapi yang membuatnya berbeda adalah adanya tambahan lobak, tomat, dan kedelai goreng di dalamnya. Soto tanpa santan ini biasa disantap dengan nasi dan. Salah satunya menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Seporsi tengkleng iga sapi di depan mata, mana bisa ditolak? Saat akan dihidangkan, tuangkan iga dan kuah dimangkuk, beri irisan tomat dan taburi dengan daun bawang segar dan bawang merah goreng.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Soto iga sapi dan tetelan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved