Resep Soto Betawi (Iga Sapi) Anti Gagal

Tyler Welch   27/11/2020 05:53

Soto Betawi (Iga Sapi)
Soto Betawi (Iga Sapi)

Anda sedang mencari inspirasi resep soto betawi (iga sapi) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi (iga sapi) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi (iga sapi), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto betawi (iga sapi) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto betawi (iga sapi) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Betawi (Iga Sapi) menggunakan 22 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto Betawi (Iga Sapi):
  1. Gunakan 200 gr daging iga sapi
  2. Gunakan 200 ml air rebusan daging sapi
  3. Siapkan 200 ml susu uht
  4. Sediakan 100 ml santan kelapa segar/creamer/santan instan
  5. Ambil 1 sachet susu dancow bubuk putih/bisa skip
  6. Sediakan Secukupnya gula, garam, kaldu jamur
  7. Ambil Bumbu halus:
  8. Gunakan 5 buah bawang merah
  9. Ambil 3 siung bawang putih
  10. Siapkan 1 1/2 kemiri sangrai
  11. Ambil 1 ruas kunyit yg sdh dibakar/kunyit bubuk
  12. Ambil 1/2 sdt ketumbar sangrai
  13. Ambil 1/2 sdt merica butir
  14. Ambil Bumbu cemplung:
  15. Sediakan 2 buah kapulaga
  16. Sediakan 2 kuntum cengkeh
  17. Siapkan 1 cm kayu manis
  18. Ambil 1 buah bunga lawang
  19. Gunakan 2 batang serai
  20. Gunakan 2 bh daun salam
  21. Ambil Bahan tambahan:
  22. Ambil Kerupuk, tempe, tahu, bakwan, sambel, acar (sesuaikan selera)

Soto betawi merupakan soto santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ hewan lainnya. Soto Tangkar adalah soto berkuah santan yang berisi tangkar (potongan daging tulang iga), sedangkan Sop Buntut adalah masakan sop dari tulang buntut sapi dan Sop Kaki Sapi juga masakan. Soto Betawi merupakan salah satu jenis soto khas Nusantara yang paling digemari. Berkuah putih dan cukup kental, soto Betawi ada yang terbuat dari santan kelapa atau susu.

Cara menyiapkan Soto Betawi (Iga Sapi):
  1. Siapkan semua bahan. Rebus iga sapi sampai empuk, pisahkan kaldunya, potong iga yg sdh empuk, sisihkan. Haluskan/blender bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang, masukkan serai, daun salam, kapulaga, cengkih, kayu manis, bunga lawang aduk sampai wangi.
  3. Masukkan kaldu sapi susu dan santan, aduk jangan sampai santan pecah.
  4. Masukkan iga sapi, bumbu gula garam dan kaldu. Koreksi rasa, hidangkan dengan pelengkapnya.

Berisikan daging sapi dan organ dalam (jeroan), soto Betawi bisa jadi masakan terjamin kenikmatannya. Bu sayfaya yönlendiren anahtar kelimeler. sop iga sapi tangerang city banten, sop iga tangerang, sop iga daerah tangerang, sop iga, sop iga di tangerang, It is an icon with title Back. Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto soto lain Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi. Kuah soto Betawi merupakan campuran Pada dasarnya bagian daging sapi ini memang lebih keras dibandingkan dengan has dan daging iga.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto betawi (iga sapi) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved