Cara Gampang Membuat Sambal Bongkot yang Enak Banget

Howard Smith   03/10/2020 23:29

Sambal Bongkot
Sambal Bongkot

Lagi mencari inspirasi resep sambal bongkot yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal bongkot yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sambal Bongkot (Torch Ginger Sambal) is a unique sambal and originated from Bali. Lihat juga resep Sambel bongkot (kecombrang) enak lainnya. Sambal is a hot sauce or condiment from Indonesia that has a many variations.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal bongkot, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal bongkot yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal bongkot sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sambal Bongkot memakai 7 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambal Bongkot:
  1. Sediakan 3 batang bongkot/batang bunga kecombrang/honje/lucu/rias
  2. Sediakan 10 butir bawang merah
  3. Siapkan 15 buah cabe rawit merah
  4. Ambil 1/2 sdt terasi sangrai
  5. Ambil 2 sdm minyak sayur
  6. Ambil 1/2 sdt Garam dan penyedap secukupnya
  7. Siapkan 1/2 buah jeruk limau/asam jungga

Resep dengan petunjuk video: Sambal Bongkot adalah salah satu Sambal Khas Bali. Bongkot atau biasa kita kenal dengan kecombrang, di iris lalu dicampur dengan irisan cabai dan bahan lainnya. Bongkot is Balinese for torch ginger or what we know as bunga kantan locally. Sambal Bongkot is a special sambal from Bali that uses the shoot of the torch ginger, yes the shoot.

Cara membuat Sambal Bongkot:
  1. Ambil bagian putihnya saja dari bongkot kecombrang, iris tipis. Uleni sampai sedikit layu, tambahkan sedikit garam. Kemudian cuci bersih agar rasa asin garam hilang. Tiriskan kemudian Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kupas bawang merah, iris tipis. Uleni sampai sedikit layu, tambahkan garam uleni lagi kemudian cuci bersih. Bawang merah diuleni agar bau dan rasanya tidak menyengat, serta tidak menghitam jika sambal tidak sekali habis. Tiriskan kemudian Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Cabe rawit diiris, kemudian panaskan minyak dan goreng sebentar agar aroma pedasnya tidak terlalu menusuk.
  4. Masukkan bongkot, bawang merah, cabai beserta minyaknya ke dalam wadah. Taburi terasi dan garam. Aduk pakai tangan sambil sedikit diremas. Tambahkan perasan jeruk limau, disini saya pakai jeruk asam jungga untuk mendapatkan air perasan yang lebih banyak. Koreksi rasa asinnya. Jika suka boleh ditambah penyedap rasa atau vetsin. Saya tidak pakai.
  5. Sambal bongkot khas Bali siap menemani makanan anda. Selamat mencoba. Semoga suka…

Selain sambal bongkot dan sambal matah, Bali juga memiliki sambal embe. Sambal embe ini memiliki cita rasa tersendiri dan sangat cocok untuk menemani ketika makan. Membuat sambal bongkot ini mudah sekali, kan? Dijamin akan menambah selera makan saat disajikan sebagai pendamping ragam lauk dan hidangan. Sambal bongkot merupakan sambal yang terbiuat dari kecombrang dan berasal dari Bali.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Bongkot yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved