Bagaimana Menyiapkan Ayam Goreng Serundeng Kelapa & Lengkuas, Enak

Bradley Tate   16/07/2020 09:04

Ayam Goreng Serundeng Kelapa & Lengkuas
Ayam Goreng Serundeng Kelapa & Lengkuas

Lagi mencari inspirasi resep ayam goreng serundeng kelapa & lengkuas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng serundeng kelapa & lengkuas yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa & lengkuas, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa & lengkuas yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Ayam serundeng atau Ayam Goreng Kelapa, tastenya hampir sama dengan Ayam Goreng Lengkuas. Ayam goreng serundeng, serundengnya tidak digoreng. Ayam Goreng Serundeng Bumbu Racik Indofood.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam goreng serundeng kelapa & lengkuas yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa & Lengkuas menggunakan 17 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Goreng Serundeng Kelapa & Lengkuas:
  1. Ambil 2 ekor ayam, potong2 & cuci
  2. Gunakan 300 ml air kelapa
  3. Sediakan 1/2 butir kelapa
  4. Sediakan 1 jari / bonggol lengkuas muda
  5. Sediakan 2 lbr daun salam
  6. Gunakan 1 lbr daun jeruk
  7. Siapkan secukupnya Minyak
  8. Siapkan 1 sdt gula pasir
  9. Siapkan secukupnya Garam
  10. Ambil 🌲Bumbu Halus :
  11. Siapkan 10 siung bawang putih
  12. Ambil 8 siung bawang merah
  13. Gunakan 8 btr kemiri
  14. Ambil 1 ruas jahe
  15. Siapkan 1 ruas lengkuas
  16. Ambil 1 jari kunyit
  17. Ambil 1/2 sdt ketumbar

Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat.

Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa & Lengkuas:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan air kelapa & masak sampai mendidih
  2. Masukkan ayam, daun salam & daun jeruk. Aduk rata. Masak dengan api sedang sampai ayam matang.
  3. Sambil menunggu ayam di ungkep, parut lengkuas& kelapa
  4. Setelah ayam matang, angkat ayam & tiriskan (pisahkan dari bumbunya). Ke dalam bumbu masukkan kelapa&lengkuas parut, tambahkan sedikit air, masak hingga matang & air menyusut (saya pisahkan proses memasak antara ayam & bumbu supaya saat menggoreng serundengnya tidak mudah gosong)
  5. Goreng ayam ke dalam minyak panas, goreng sampai ayam matang kuning kecoklatan. Angkat & tiriskan (untuk ayam yang belum mau di goreng simpan dalam wadah yang terpisah dari serundengnya supaya memudahkan ketika mau menggoreng) ga sempat ke foto😉
  6. Goreng serundeng dengan api kecil sampai wangi & kecoklatan (hati2 gosong). Angkat & tiriskan dengan saringan
  7. Sajikan ayam goreng & taburi dengan serundeng. Yang abis duluan itu ya bumbunya di campur dengan nasi hangat🤣 ayamnya di makan terakhiran😉

Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul. Masukkan bumbu ayam, kelapa, gula merah. Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Bahan Ayam Goreng.ayam goreng kelapa atau yang biasa disebut ayam goreng serundeng yang enak dan lezat membuat dirumah silahkan tonton video resep dan cara membuat ayam goreng serundeng disini Terima kasih dan selamat menyaksikan. Resep Serundeng Ayam Suwir Asam Manis bisa dilihat disini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam goreng serundeng kelapa & lengkuas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved