Cara Gampang Menyiapkan Ayam Goreng Serundeng Kelapa #12 yang Enak

Lura Morton   09/10/2020 21:35

Ayam Goreng Serundeng Kelapa #12
Ayam Goreng Serundeng Kelapa #12

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam goreng serundeng kelapa #12 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng serundeng kelapa #12 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ayam serundeng atau Ayam Goreng Kelapa, tastenya hampir sama dengan Ayam Goreng Lengkuas. Ayam goreng serundeng, serundengnya tidak digoreng. Ayam Goreng Serundeng Bumbu Racik Indofood.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa #12, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa #12 enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ayam goreng serundeng kelapa #12 yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa #12 menggunakan 13 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Goreng Serundeng Kelapa #12:
  1. Ambil 500 gr ayam, potong sesuai selera
  2. Sediakan 100 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
  3. Ambil 3 lebar daun salam
  4. Ambil 1 batang sere, geprek
  5. Ambil 1 ruas jari lengkuas geprek
  6. Ambil 🍃 Bumbu Halus :
  7. Siapkan 3 siung bawang putih
  8. Sediakan 4 buah bawang merah
  9. Gunakan 1 sdt munjung ketumbar bubuk
  10. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk
  11. Sediakan 1/2 sdt peres kunyit bubuk
  12. Sediakan 2 butir kemiri sangrai
  13. Gunakan Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk

Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Goreng Serundeng Kelapa #12:
  1. Cuci bersih ayam sampai kesat (bila perlu pakai air jeruk nipis) lalu tiriskan sampai tidak ada air yang menetes.
  2. Siapkan tempat lalu masukkan ayam, kelapa parut, daun salam yang disobek, lengkuas dan serai. Tambahkan bumbu halus aduk rata, aduk hingga tercampur rata, diamkan kurleb 15 menit, sebisa mungkin bumbunya harus agak asin.
  3. Panaskan kukusan, bila air sudah mendidih, masukkan ayam yang sudah dibumbuin. Masak dengan api sedang selama 30 - 40 menit.
  4. Setelah matang, matikan api buka kukusan dan diinginkan ayam. Pisahkan ayam dari kelapa parut.
  5. Goreng ayam dengan api besar dan minyak yang banyak dan panas hingga matang. Lalu goreng bumbu serundengnya secara terpisah. Jangan tunggu serundeng terlalu coklat banget, biar tidak gosong.
  6. Sajikan bersama nasi hangat dan sambal 😋😋

Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul. Masukkan bumbu ayam, kelapa, gula merah. Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Bahan Ayam Goreng.ayam goreng kelapa atau yang biasa disebut ayam goreng serundeng yang enak dan lezat membuat dirumah silahkan tonton video resep dan cara membuat ayam goreng serundeng disini Terima kasih dan selamat menyaksikan. Resep Serundeng Ayam Suwir Asam Manis bisa dilihat disini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa #12 yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved