Resep Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa), Bisa Manjain Lidah

Robert Walsh   19/07/2020 12:36

Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa)
Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa)

Anda sedang mencari ide resep ayam goreng ungkep (dengan kelapa) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng ungkep (dengan kelapa) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng ungkep (dengan kelapa), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng ungkep (dengan kelapa) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng ungkep (dengan kelapa) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa) memakai 16 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa):
  1. Gunakan ayam segar, cuci bersih
  2. Ambil ati ampela/tempe
  3. Gunakan 1/2 butir kelapa parut
  4. Sediakan Bumbu halus :
  5. Siapkan 6 siung bawang merah
  6. Sediakan 4 siung bawang putih
  7. Ambil 1 ruas lengkuas
  8. Sediakan 1 ruas jahe
  9. Sediakan 2-3 ruas kunyit
  10. Sediakan 1 sdm ketumbar
  11. Sediakan Bumbu lain :
  12. Siapkan sereh
  13. Siapkan daun salam
  14. Ambil daun jeruk
  15. Gunakan secukupnya garam dan lada
  16. Ambil minyak untuk menggoreng
Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa):
  1. Siapkan blender. Masukkan semua bumbu yang harus dihaluskan, beri sedikit air. Blender hingga halus. Sisihkan.
  2. Siapkan wajan. Masukkan ayam, ati ampela/tempe, dan kelapa parut. Tuang bumbu halus. Tambahkan air hingga menutupi seluruh permukaan ayamnya.
  3. Masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, garam, dan lada. Aduk rata. Masak dengan api sedang hingga matang dan airnya menyusut. (Jangan lupa dibolak-balik tiap beberapa menit supaya bumbu meresap rata). Sisihkan.
  4. Siapkan wajan. Masukkan kelapa yang sudah diungkep terlebih dahulu. Tidak perlu pakai minyak karena nanti mengeluarkan minyak dengan sendirinya. Sangrai hingga kecokelatan.
  5. Kalau udah kecokelatan. Matikan api. Pinggirkan kelapa ke salah satu sisi wajan. Biarkan minyaknya keluar (Nanti minyaknya bisa diambil dengan sendok). Sisihkan.
  6. Gunakan wajan yang tadi. Masukkan minyak dari sangrai kelapa sebelumnya dan tambahkan minyak goreng lagi. Panaskan. Goreng ayam dan ati ampela/tempe hingga matang dan berwarna kecokelatan. Sisihkan.
  7. Ayam goreng siap disajikan. Sisa ayam yang belum digoreng, bisa ditaruh wadah tertutup dan simpan di kulkas ^_^

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Ayam Goreng Ungkep (dengan kelapa) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved