Resep Ayam Goreng Kelapa / Serundeng yang Sempurna

Harry Hanson   25/06/2020 09:55

Ayam Goreng Kelapa / Serundeng
Ayam Goreng Kelapa / Serundeng

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam goreng kelapa / serundeng yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng kelapa / serundeng yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Makan Ayam yang hanya di goreng saja, sudah biasa. Coba bikin Ayam Goreng Serundeng satu ini, serundengnya dijamin bikin nagih! Masukan kelapa parut aduk dan tambahkan santan serta berikan bumbu perasa.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng kelapa / serundeng, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam goreng kelapa / serundeng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam goreng kelapa / serundeng sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ayam Goreng Kelapa / Serundeng memakai 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ayam Goreng Kelapa / Serundeng:
  1. Siapkan 5 Potong bagian Ayam (*me paha 4 dada 1)
  2. Gunakan 1/2 kelapa parut dari 1 butir kelapa setengah tua
  3. Gunakan 5 daun jeruk
  4. Gunakan 3 daun salam
  5. Sediakan 2 batang sereh, geprek
  6. Siapkan 2 sdt garam atau secukupnya
  7. Ambil secukupnya Air
  8. Ambil Bumbu halus:
  9. Siapkan 8 siung bawang putih
  10. Ambil 2 cm kunyit
  11. Siapkan 1 cm jahe
  12. Gunakan sejempol lengkuas
  13. Siapkan 1 sdm ketumbar butir

Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering. Citarasa serundeng kelapa yang manis gurih memang memberikan sensasi yang luar biasa di setiap gigitan ayam. - Setelah matang, pisahkan ayam dan kelapa parut. - Goreng kelapa parut terlebih dahulu, sambil terus diaduk. Setelah setengah kering, angkat dan tiriskan. - Goreng ayam hingga kuning keemasan, tiriskan lalu lumuri kelapa parut selagi ayam panas supaya menempel. Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai.

Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Kelapa / Serundeng:
  1. Ungkep ayam bersama bumbu halus, sereh, daun jeruk, salam dan garam. Ungkep sampai ayam setengah empuk.
  2. Setelah bumbu meresap dan air sedikit menyusut. Tambahkan lagi sedikit air lalu masukkan kelapa parut. Tutup, ungkep sampai air menyusut kering. Koreksi rasa.
  3. Ambil ayam pisahkan dengan kelapanya. Taruh dalam wadah terpisah. Jika masih ada sisa air bisa susutkan lagi dengan kelapa sampai air kering.
  4. Panaskan minyak, goreng ayam sampai matang kecoklatan. Lalu goreng kelapa sampai kering dengan api sedang. Sajikan ayam beserta serundeng kelapa.

Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Biasanya disajikan bersama daging, ikan, hingga ayam. Ambil bumbu sisa ungkepan ayam, kemudian goreng bersama kelapa parut. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat. Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng kelapa / serundeng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved