Resep Ikan asin Sunu goreng saos Pedas Anti Gagal

Rosa Perez   01/12/2020 06:16

Ikan asin Sunu goreng saos Pedas
Ikan asin Sunu goreng saos Pedas

Sedang mencari ide resep ikan asin sunu goreng saos pedas yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan asin sunu goreng saos pedas yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asin sunu goreng saos pedas, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ikan asin sunu goreng saos pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Kali ini aku memasak ikan sunu asin dari Makassar langsung loh! Lihat juga resep Balado ikan asin pedas manis enak lainnya. Namun ada berbagai jenis ikan asin, seperti : Ikan asin gabus, Ikan asin peda, Ikan asin teri jengki, Ikan asin cucut, Ikan asin jambrong, Ikan Boleh juga sekali waktu ikan asin ini dibuat masakan pedas.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ikan asin sunu goreng saos pedas yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ikan asin Sunu goreng saos Pedas menggunakan 10 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ikan asin Sunu goreng saos Pedas:
  1. Ambil 3 ekor ikan asin sunu (potong 4)
  2. Gunakan Jeruk nipis
  3. Siapkan Baham saos
  4. Siapkan 4 siung Bawang merah
  5. Ambil 2 siung bawang putih (iris halus)
  6. Sediakan 7 biji tomat (iris)
  7. Sediakan 20 bj lombok (opsional tergantung selera yach guys)
  8. Siapkan 5 bj cabe merah kriting
  9. Ambil Minyak goreng
  10. Ambil Gula pasir, garam

Resep ikan asin balado pedas manis. Ikan asin bisa diolah ke berbagai menu masakan yang lezat. Goreng ikan pakang sampai menguning dengan api sedang, sisihkan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan asam jawa, gula pasir dan garam.

Cara membuat Ikan asin Sunu goreng saos Pedas:
  1. Cuci bersih ikan asin yg sudah di potong kemudian baluri dengan air jeruk nipos diamkan 5 menit kemudian bilas dengan air bersih, Setelah itu goreng ikan sampai kecoklatan angkta dan tiriskan
  2. Untuk bahan saos; haluskan lombok, cabe merah kriting dan bawang merah. Setelah halus tumis bawang putih dan turunkan bahan yg telah di haluskan setelah itu masukkan irisan tomat. Tumis sampai harum.
  3. Setelah aromanya mulai tercium turunkan ikan asin yg sdh di goreng, masak sampai bumbu meresap. Ikan asin suni saos pedas siap disantap dengan nasi panas. Selamat mencoba

Kebetulan di Kalimantan Selatan ini hampir banyak penyuka ikan asin, termasuk ikan kering telang (tenggiri) bisa dibikin bervariasi masakan. Cara membuat - Potong potong ikan telang seukuran kecil sedang, bersihkan dan rendam untuk mengurangi rasa asinnya - Goreng ikan telang - Haluskan. Goreng ikan asin sampai menguning dengan api sedang, lalu sisihkan sebentar. b. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan asam jawa, gula pasir dan garam secukupnya. c. Kalau sudah, kecilkan api, masukkan ikan asin pakang yang sudah digoreng tadi ke bumbu.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ikan asin sunu goreng saos pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved