Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Masak Sambal Ijo, Bisa Manjain Lidah

Adrian Rowe   22/11/2020 19:09

Ayam Masak Sambal Ijo
Ayam Masak Sambal Ijo

Anda sedang mencari ide resep ayam masak sambal ijo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam masak sambal ijo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep cara membuat sambal ijo padang ala Resep Masakan Nusantara. Ayam Goreng Lengkuas rumah makan Padang Daging Empuk Bumbu Meresap ! Bumbu dan Bahan memasak Ayam Sambal Ijo Bahan Untuk Membuat Sambal Ijo - Cabe ijo - Cabe Rawit - Terasi - Bawang Merah - Bawang Putih - Garam - Gula - Air.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam masak sambal ijo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam masak sambal ijo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam masak sambal ijo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Ayam Masak Sambal Ijo menggunakan 15 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Masak Sambal Ijo:
  1. Ambil 1 ekor ayam utuh, potong kecil2 atau sesuai selera
  2. Gunakan 7 buah cabe ijo besar
  3. Siapkan 250 gr cabe ijo keriting
  4. Siapkan 250 gr cabe rawit ijo
  5. Gunakan 3 buah kemiri
  6. Siapkan 7 butir bawang merah
  7. Sediakan 5 butir bawang putih
  8. Siapkan 4 buah tomat ijo kecil2
  9. Sediakan 2 batang serai, putihnya saja, geprek
  10. Sediakan sejempol jahe
  11. Gunakan secukupnya kunyit
  12. Gunakan 2 lembar daun salam
  13. Sediakan secukupnya garam dan kaldu ayam
  14. Siapkan secukupnya minyak goreng
  15. Ambil air matang

Kemudian angkat dan ketepikan ayam tersebut. Ambil kuali lain dan panaskan minyak. Tumis bahan kisar dan serai yang dititik sehingga. Sari Bundo sendiri menyediakan sambal ijo yang khas karena dicampur goreng hati ayam, membuat renyah dan kriuk-kriuk Tapi untuk resep rahasia sambal ijo RM Sari Bundo, ga akan dibahas disini 🙂 kan namanya rahasia, jadi ga boleh tau ya, kalau mau tau silahkan jajal sendiri ke Jl.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Masak Sambal Ijo:
  1. Haluskan cabe ijo besar, cabe ijo keriting, cabe rawit, kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, tapi jangan terlalu halus, biar ada tekstur cabe ijo nya sedikit. pake chopper aja lebih oke.
  2. Panaskan minyak, masukkan bahan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sampai wangi, kemudian beri air matang, rebus sampai mendidih.
  3. Masukkan ayam yang sudah dipotong sesuai selera ke dalam tumisan bumbu halus. aduk, dan tes rasa.
  4. Tambahkan garam, gula, merica, dan kaldu sesuai selera. bila sudah oke, masukkan tomat hijau. tunggu sampai air mengering.
  5. Selesai.

Assalamualaikum, kembali lagi di channel Dapur Bu Titin. Resep Rahasia Masak Ayam Sambal Ijo Untuk sambal ayam geprek sebenarnya tidak harus menggunakan olahan sambal yang saya sebutkan tadi. Karena sambal bisa ditambahkan terasi, air perasaaan jeruk nipis, dan juga rempah seperti kencur dan jahe sesuai selera. Baca Juga : Resep Ayam Geprek Wong Klaten (Ayam Goreng Tepung.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Masak Sambal Ijo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved