Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa, Menggugah Selera

George Buchanan   13/11/2020 23:34

Ayam Goreng Serundeng Kelapa
Ayam Goreng Serundeng Kelapa

Lagi mencari inspirasi resep ayam goreng serundeng kelapa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng serundeng kelapa yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam serundeng atau Ayam Goreng Kelapa, tastenya hampir sama dengan Ayam Goreng Lengkuas. Ayam goreng serundeng, serundengnya tidak digoreng. Ayam Goreng Serundeng Bumbu Racik Indofood.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng serundeng kelapa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Serundeng Kelapa memakai 21 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Goreng Serundeng Kelapa:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam, potong sesuai selera
  2. Siapkan 1/2 buah jeruk nipis
  3. Gunakan 100 gr kelapa parut
  4. Ambil 350 ml air
  5. Ambil Secukupnya minyak goreng
  6. Gunakan Bumbu-bumbu:
  7. Siapkan 5 siung bawang merah
  8. Sediakan 2 siung bawang putih
  9. Gunakan 1/2 sdt lada butir
  10. Siapkan 1 sdt ketumbar
  11. Sediakan 2 butir kemiri
  12. Sediakan 1 ruas kunyit
  13. Siapkan 2 ruas jahe
  14. Sediakan 2 ruas lengkuas
  15. Ambil 1 batang serai, memarkan
  16. Gunakan 2 lembar daun salam
  17. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  18. Sediakan 2 sdt garam
  19. Ambil Secukupnya kaldu bubuk
  20. Siapkan 1 sdm gula merah
  21. Siapkan 2 sdm air asam jawa

Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat.

Cara membuat Ayam Goreng Serundeng Kelapa:
  1. Siapkan bahan-bahan. Cuci bersih ayam. Beri air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas kembali
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, kemiri, kunyit, jahe dan lengkuas
  3. Panaskan secukupnya minyak goreng, tumis bumbu halus beserta serai, daun salam dan daun jeruk sampai harum dan matang
  4. Setelah itu masukkan daging ayam, aduk rata. Tambahkan air. Aduk rata kembali
  5. Kemudian masukkan kelapa parut. Aduk rata. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula merah dan air asam jawa. Aduk rata kembali. Tes rasa. Masak/ungkep ayam sampai bumbu meresap atau air menyusut. Setelah itu tiriskan ayam dan kelapa parut. Pisahkan ayam dari kelapa parutnya.
  6. Panaskan secukupnya minyak goreng. Goreng ayam sampai berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan.
  7. Lalu goreng kelapa parut/serundengnya sampai kuning kecoklatan sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong. Setelah itu angkat dan tiriskan
  8. Sajikan ayam goreng dengan taburan serundeng kelapa

Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul. Masukkan bumbu ayam, kelapa, gula merah. Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Bahan Ayam Goreng.ayam goreng kelapa atau yang biasa disebut ayam goreng serundeng yang enak dan lezat membuat dirumah silahkan tonton video resep dan cara membuat ayam goreng serundeng disini Terima kasih dan selamat menyaksikan. Resep Serundeng Ayam Suwir Asam Manis bisa dilihat disini.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved