Cara Gampang Menyiapkan Ayam Goreng serundeng Kelapa, Menggugah Selera

Vernon Walsh   15/07/2020 03:33

Ayam Goreng serundeng Kelapa
Ayam Goreng serundeng Kelapa

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam goreng serundeng kelapa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng serundeng kelapa yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng serundeng kelapa, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Ayam serundeng atau Ayam Goreng Kelapa, tastenya hampir sama dengan Ayam Goreng Lengkuas. Ayam goreng serundeng, serundengnya tidak digoreng. Ayam Goreng Serundeng Bumbu Racik Indofood.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng serundeng kelapa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Goreng serundeng Kelapa memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Goreng serundeng Kelapa:
  1. Gunakan 1/2 ekor ayam
  2. Siapkan Minyak Goreng
  3. Ambil 200 g kelapa parut
  4. Gunakan 500 air
  5. Sediakan Bumbu ungkep
  6. Siapkan 5 siung bawang merah
  7. Gunakan 3 siung bawang putih
  8. Siapkan Sejempol jahe
  9. Siapkan 3 butir kemiri
  10. Siapkan 1/2 sdt kunyit halus
  11. Gunakan 1 sdt ketumbar halus
  12. Sediakan 2 barang serai geprek
  13. Ambil 3 lembar daun Salam
  14. Sediakan 50 ml air asam

Tumis bumbu halus, daun salam dan daun serai. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Cuci bersih ayam, buang lendir-lendir dikulitnya sampe kesat.

Cara menyiapkan Ayam Goreng serundeng Kelapa:
  1. Haluskan bawang merah bawang putih, kemiri Dan jahe kemudian tumis sampai wangi masukkan semua sisa bumbu aduk merata lalu masukkan ayam air asam Dan air aduk asal rata masak sampai ayam matang, angkat ayam lalu tiriskan Dan air tersisa sedikit (jangan dibuang) kemudian Goreng ayam sampai kecoklatan
  2. Pas tadi sambil menunggu ayam di ungkep, sangrai kelapa sampai kering Dan berwarna sedikit kecoklatan, lalu masukkan ke dalam air sisa ungkepan ayam, aduk rata sampai kering Dan kelapa tercampur rata dengan air ungkepan * jika air ungkepan terlalu sedikit tersisa bisa di tambahkan air tp pastikan air mendidih dulu baru masukkan kelapa
  3. Jika kelapa sudah kering angkat kemudian Goreng di minyak panas jika sudah mulai kecoklatan angkat lalu tiriskan. ✍️ note 1 = Jika di Goreng sampai coklat jadinya serundengnya akan gosong karena pas penirisan masih terjadi proses pematangan ✍️ note ke 2 = kelapa serundeng pas di angkat baiknya langsung di tumpah di saringan jangan angkat sedikit Demi sedikit karena proses pematangan terus terjadi kalo gak auto gosong
  4. Setelah serundeng matang tabur di atas ayam Goreng, sisanya bisa simpan buat ayam Goreng selanjutnya atau di makan sama nasi juga enak… happy cooking 😊😉

Rebus ayam sampai mendidih, buang busa yang muncul. Masukkan bumbu ayam, kelapa, gula merah. Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Bahan Ayam Goreng.ayam goreng kelapa atau yang biasa disebut ayam goreng serundeng yang enak dan lezat membuat dirumah silahkan tonton video resep dan cara membuat ayam goreng serundeng disini Terima kasih dan selamat menyaksikan. Resep Serundeng Ayam Suwir Asam Manis bisa dilihat disini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng serundeng kelapa yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved