Resep Sambal Cumi Kering Anti Gagal

Jim Turner   20/11/2020 18:03

Sambal Cumi Kering
Sambal Cumi Kering

Sedang mencari inspirasi resep sambal cumi kering yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal cumi kering yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sambal merupakan hal yg tidak asing sebagai pelengkap makan bagi orang Indonesia. Salah satunya Sambal Goreng Cumi Kering. Membuatnya simpel banget, enak sebagai teman nasi hangat 😇.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal cumi kering, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sambal cumi kering yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal cumi kering yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Cumi Kering memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sambal Cumi Kering:
  1. Sediakan 300 gr cumi kering, cuci, rendam air panas, iris,goreng smpai cokl
  2. Ambil sedikit garam,micin dan gula (bumbu penyedap)
  3. Siapkan 15 buah cabe, ditumbuk
  4. Sediakan sckpnya minyak goreng
  5. Ambil sedikit air
  6. Sediakan bahan yg dihaluskan :
  7. Sediakan 20 buah cabe, goreng sampai agak layu, iris, sisihkan
  8. Siapkan 8 buah bawang merah, iris tipis,goreng sampai layu, sisihkan
  9. Gunakan 3 siung bawang putih, goreng sampai coklat, sisihkan

Beberapa hari sekali memang aku menyetok Sambal awet seperti ini di rumah, karena kadang-kadang jika lagi masak menu favorit Yodha dan suami yang aku sendiri kurang suka, kan sudah ada. Bumbu: Haluskan bumbu dengan blender lalu campur dengan cumi-cumi. Tambahkan merica, garam dan kaldu jamur. Berbalik kepada sambal tumis sotong kering ini, ianya dibuat atas permintaan Nana yang katanya diminta oleh Hani.

Cara menyiapkan Sambal Cumi Kering:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yg ditumbuk sampai wangi
  2. Masukan cumi kering, cabe iris, dan bawang²an, oseng rata
  3. Tambahkan sedikit air agar tdak mudah lengket diwajan
  4. Tambahkan bumbu penyedap, oseng rata, koreksi rasa, siap disajikan 🙏

Menyantap sambal cumi bakal bikin selera makan akan bertambah dan buat kamu bakal ketagihan. Selain pedas dan menggiurkan, cumi juga menjadi sumber nutrisi protein bagi tubuh. Saking banyaknya yang menggemari, kini jenis sambal cumi bahkan menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak dijual. Pertama kali dengar n makan sotong ni.tadi makan bihun goreng di luar, kawan cakap.ni sotong cumi.mlm ni terus google.sedap juga rasa nya.sng la nak masak,sbb sudah dikeringkan.inovasi juga😊. Cumi goreng tepung sambal matah. foto: Instagram/@itsnaannisa.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambal Cumi Kering yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved