Resep Terong teri sambel bawang merah yang Bisa Manjain Lidah

Ola Silva   19/10/2020 14:50

Terong teri sambel bawang merah
Terong teri sambel bawang merah

Lagi mencari ide resep terong teri sambel bawang merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal terong teri sambel bawang merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

SAMBEL TERONG Cabe merah, cabe rawit merah n hijau Bawang merah Tomat Terasi Garam Gula merah/gula pasir Goreng cabe, bawang, tomat, terasi hingga layu. ID - Salah satu olahan terong yang populer adalah terong sambal. Nah, terong sambal bisa semakin nikmat jika ditambah dengan ikan teri asin.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari terong teri sambel bawang merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan terong teri sambel bawang merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat terong teri sambel bawang merah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Terong teri sambel bawang merah menggunakan 7 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Terong teri sambel bawang merah:
  1. Sediakan 1 kg terong ungu, potong2,cuci bersih lalu goreng ½ matang
  2. Sediakan Teri asin, cuci lalu goreng
  3. Ambil secukupnya Cabe merah keriting
  4. Sediakan secukupnya Cabe rawit merah
  5. Sediakan 3 bawang merah
  6. Ambil secukupnya Kaldu jamur
  7. Siapkan Sedikit gula pasir

Buang duri dan kotorannya lalu cuci bersih. Kalau tidak suka terlalu asin, teri bisa di rendam sebentar dengan air panas agar kandungan garam pada teri sedikit menghilang. Sambal terasi makin nendang rasa dan teksturnya dengan terong goreng di dalamnya. Yuk, coba bikin sambal terong ini untuk melengkapi sajian menu di rumah.

Cara membuat Terong teri sambel bawang merah:
  1. Uleg/blender cabe dan bawang merah sampai ½ halus.
  2. Tumis bumbu uleg sampai harum.
  3. Masukkan garam, gula, teri, dan terong. Aduk sampai bumbu rata. Matikan api.
  4. Siap disajikan

Dengan minyak sisa menggoreng terong, goreng cabai rawit merah, cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih hingga. Ulek cabai merah, bawang merah, dan bawang putih yang sudah digoreng. Jangan lupa tambahkan garam dan gula secukupnya. Siapkan talenan saji dan susun terong yang sudah dibakar. Sambal teri bisa jadi pilihan untuk pendamping lauk dan nasi hangat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat terong teri sambel bawang merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved