Resep Semprit Gula Palem Spekuk yang Menggugah Selera

Juan Boone   13/11/2020 22:46

Semprit Gula Palem Spekuk
Semprit Gula Palem Spekuk

Anda sedang mencari inspirasi resep semprit gula palem spekuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal semprit gula palem spekuk yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semprit gula palem spekuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan semprit gula palem spekuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan semprit gula palem spekuk sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Semprit Gula Palem Spekuk menggunakan 9 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Semprit Gula Palem Spekuk:
  1. Ambil 300 gr margarin (aku pakai anchor baker's mix)
  2. Gunakan 100 gr gula tepung
  3. Gunakan 100 gr gula palem, blender halus
  4. Siapkan 4 kuning telur
  5. Gunakan 350 gr tepung terigu protein rendah
  6. Sediakan 50 gr tepung maizena
  7. Siapkan 40 gr susu bubuk
  8. Ambil 2 sdt bumbu spekuk
  9. Siapkan 1/2 sdt baking powder
Cara membuat Semprit Gula Palem Spekuk:
  1. Siapkan loyang. Oles tipis loyang dengan margarin. Sisihkan
  2. Kocok margarin, gula tepung, dan gula palem selama 4 menit dengan mikser kecepatan rendah-sedang. Lalu masukkan kuning telur. Kocok rata.
  3. Masukkan tepung terigu, maizena, bumbu spekuk dan baking powder ke dalam adonan sambil diayak dan diaduk rata menggunakan spatula. Lalu masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga, gunting ujungnya. Ambil satu kantung plastik segitiga lalu beri spuit. Masukkan plastik yang telah berisi adonan kedalam plastik yang berisi spuit.
  4. Panaskan oven di suhu 140 derajat celcius.
  5. Semprotkan adonan di atas loyang. Harap diingat bahwa nanti bentuk kue akan melebar pada saat dipanggang. Jadi beri jarak antara adonan satu dan yang lain.
  6. Panggang adonan selama kurang lebih 25-30 menit sampai matang. Silahkan cek kue kering di menit 25, dikarenakan tiap oven berbeda-beda. Keluarkan dari oven. Diamkan beberapa menit di loyang. Lalu dinginkan kue diatas cooling rack.
  7. Note: Berbeda bentuk kue semprit (besar atau kecil) serta berbeda ukuran loyang dapat mempengaruhi seberapa lama kue kering akan matang. Adonan kue apabila disentuh ditengah memang agak lembek dan seperti kurang matang. Namun nantinya kue akan matang dengan sendirinya dikarenakan panas yang masih terdapat di kue keringnya.
  8. Setelah kue semprit dingin. Masukkan ke dalam toples kedap udara. Silahkan nikmati kue bersama segelas teh hangat. Yuum! :D

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan semprit gula palem spekuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved