Bagaimana Menyiapkan Lapis Surabaya (Spiku), Sempurna

Hallie Casey   29/11/2020 18:47

Lapis Surabaya (Spiku)
Lapis Surabaya (Spiku)

Sedang mencari ide resep lapis surabaya (spiku) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal lapis surabaya (spiku) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lapis surabaya (spiku), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan lapis surabaya (spiku) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan lapis surabaya (spiku) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Lapis Surabaya (Spiku) menggunakan 14 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Lapis Surabaya (Spiku):
  1. Siapkan 40 gr terigu protein rendah (kunci)
  2. Siapkan 10 gr maizena
  3. Gunakan 15 gr susu bubuk
  4. Gunakan 80 gr butter (wijsman)
  5. Sediakan 70 gr margarin (blueband)
  6. Sediakan 2 sdm susu kental manis
  7. Sediakan 110 gr gula (diblender)
  8. Ambil 15 butir kuning telur
  9. Siapkan 1 sdt rhum bakar (utk yg muslim bisa pakai zero bakar)
  10. Gunakan 1 sdt sp/ovalet
  11. Ambil 1 sdt coklat bubuk
  12. Gunakan 1 sdt pasta coklat
  13. Ambil Selai strawberry secukupnya untuk olesan
  14. Siapkan 2 bh loyang ukuran 23x11x4 cm
Cara membuat Lapis Surabaya (Spiku):
  1. Campurkan terigu, maizena, dan susu bubuk. Lalu diayak.
  2. Mixer kecepatan tinggi butter, margarin, dan susu kental manis hingga mengembang pucat dan lembut. Sisihkan.
  3. Di wadah lain mixer kecepatan sedang kuning telur dan gula hingga gula larut. Lalu tambahkan rhum bakar dan sp. mixer kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, pucat dan kental. (Tips: sebisa mungkin pemisahan kuning telur ga ada putih telurnya lagi ya supaya adonan tidak berpori besar).
  4. Masukkan campuran tepung pada no1 perlahan sambil aduk balik dengan spatula. (Harus aduk balik perlahan. Asal rata saja jangan terlalu lama supaya tidak bantat). Lalu masukkan adonan butter pada no.2. Aduk balik lagi dengan spatula hingga benar” rata dan jangan terlalu lama. Adukan mentega harus benar” rata ya. Kalau tidak nanti hasilnya bagian bawahnya keras setelah matang.
  5. Bagi adonan menjadi 2 sama rata. Lalu bagian yang 1 campurkan dengan coklat bubuk dan pasta coklat. (Coklat bubuk 1 sdt saja ya jangan ditambah karena nanti cakenya bisa keras kalau kebanyakan tepung 😊).
  6. Tuangkan masing-masing adonan ke dalam loyang ya g telah dilapisi kertas baking/dioles margarin (ukuran loyang 23x11x4 cm).
  7. Oven 180C selama 10 menit. Lalu naikkan 190C selama 10 menit/hingga matang. Jika tes tusuk sudah matang tapi bagian atasnya masih basah, lanjut api atas sekitar 1 menit. Keluarkan dari oven. Lalu keluarkan dari loyang dan dinginkan hingga suhu ruang.
  8. Balikkan cake coklat. Lalu beri selai strawberry, kemudian tumpuk dengan lapisan kuning. Tekan bagian atasnya supaya cake saling menempel. (Bagian yang dioles selai adalah bagian cake bawah ya, supaya nanti cakenya menempel sempurna. Begitu juga cake kuning, bagian bawahnya yang ditumpuk ke lapisan coklat). Lalu masukkan ke kulkas selama sekitar 5 menit saja supaya menempel sempurna.
  9. Potong-potong dan sajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Lapis Surabaya (Spiku) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved