Bagaimana Membuat Kue Katirisala yang Enak

Sylvia Wright   13/07/2020 05:10

Kue Katirisala
Kue Katirisala

Anda sedang mencari inspirasi resep kue katirisala yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue katirisala yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Kue Katirisala Super Legit Dan enak dapat anda lihat pada video slide berikut. Kue Katirisala merupakan salah satu makanan tradisional khas maskasar. Video ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan (Multimedia) Mohon maaf jika ada kekurangan dalam video kami, karena kami hanyalah manusia biasa.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue katirisala, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kue katirisala enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kue katirisala sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kue Katirisala memakai 12 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Katirisala:
  1. Gunakan 250 g beras ketan putih
  2. Ambil 175 ml santan
  3. Gunakan 1 sdt garam
  4. Ambil 1 lembar daun pandan, simpulkan (tambahan saya)
  5. Sediakan Lapisan gula merah :
  6. Sediakan 120 g gula merah (sisir halus), saya pakai gula aren
  7. Siapkan 2 butir telur (mix telur : ayam dan bebek) (aslinya 4 butir)
  8. Gunakan 3 sdm gula pasir
  9. Gunakan 65 ml santan kental
  10. Ambil Tambahan saya : (jaga-jaga takut bau amis 😁)
  11. Ambil 1 sdm air jeruk nipis
  12. Gunakan 1 sdt vanila cair

Beberapa kue tradisional khas Bugis adalah katirisala, jungkir balik, jatuh bangun, kaddo boddong, palopo, tumbuk, tarajju atau taraju, dan lain-lain. Resep Cella Ulu Katirisala Khas Bugis Makassar. Resep Kue Puding Agar Agar Terapung Coklat Yummy. Kue Ultah Sederhana Modal Minim Hasil Maksimal.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Katirisala:
  1. Rendam beras ketan dengan air secukupnya sekitar 2 jam kemudian cuci bersih, tiriskan dan masukkan + daun pandan dalam kukusan yang telah mendidih airnya.
  2. Kukus ketan hingga setengah matang sekitar 7-10 menit (saya 15 menit). Sementara itu dalam satu wadah, campur santan dengan garam, aduk rata. Masukkan ketan yang telah dikukus tadi.
  3. Aduk rata dan biarkan hingga santan meresap. Siapkan loyang puding tahan panas (atau loyang apapun sesuai selera), olesi dengan minyak hingga rata lalu masukkan adonan ketan. Ratakan. Kemudian masukkan kedalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan.
  4. Sementara itu, dalam satu wadah campur telur, 1 sdm air jeruk nipis, gula aren dan gula pasir, kocok dengan menggunakan mixer atau whisk hingga berbusa / mengembang, tambahkan santan. Aduk rata, saring.
  5. Tuang adonan gula merah diatas ketan dalam loyang tadi kemudian kukus hingga matang sekitar 30 menit dengan api sedang. Setelah matang, keluarkan dari kukusan.
  6. Biarkan dingin lalu keluarkan dari cetakan, potong-potong dan siap sajikan 🤗😍

Resep dan Cara Membuat Katirisala Kue khas Bugis-Makassar. Assalamu Alaikum wr wb Hi everyone Video kali ini saya share salah satu makanan tradisional dari Sulawesi Selatan yaitu kue Katirisala. Resep cella ulu/katirisala khas bugis Makassar. Sikaporo' khas bugis, salah satu kue mewah dari Sulawesi Selatan. Masyarakat Bugis-Makassar bangga dengan kue bernama katirisala ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Katirisala yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved