Bagaimana Menyiapkan Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) yang Enak

Dipos pada February 21, 2022

Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) kira-kira 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, waktu yang diperlukan dalam memasak Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) memakai 18 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Sebelum saya bercerita, semoga bunda berkenan like, cookmark dan merecook karena hal itu merupakan reward/hadiah terbaik dari hasil karya ini. Lama sudah saya bereksperimen menemukan resep migor kaki lima yang enak. Salah satu favorit saya adalah mie jogja ala pak Karso di Samarinda Kalimantan Timur, yang berjualan di depan sungai Mahakam mungkin bunda pernah mencobanya. Kalau di Bontang di kota saya tinggal, selama saya hunting migor sepertinya saya belum menemukan rasa yg mirip dengan migor tersebut. Seporsi mi goreng nya dihargai 35.000 memang lebih mahal dibanding dengan mi goreng pada umunya, tapi buat saya pribadi rasa mie gorengnya benar-benar enak, worth it dengan harganya. Penasaran saya lalu mencari tau cara membuat migor yang rasanya enak, bukan sekedar migor dengan bawang, lada, diberi saos raja rasa dll nya. Resep ini bisa dikatakan benang merah dari kebanyakan resep migor kaki lima yang pernah saya baca dan hasil eksperimen membuat mie goreng selama berkali-kali. Alhamdulillah hasilnya kini sudah sangat mendekati mie jogja pak Karso. Sudah lama saya ingin membagi resepnya namun belum ada kesempatan, dan qadarullah barusan saya membuat migor ini untuk dijual jadi sekalian saja saya share step by step nya disini. Memang membuatnya agak sedikit ribet, yah tapi begitulah setimpal dengan rasa yang didapat. Semoga resep ini bermanfaat untuk usaha atau menjadi salah satu menu acara bunda. Pahami langkahnya dengan seksama dan siap ekskusi ..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia):

  1. 1/2 bungkus mie telor (basah)
  2. 3 batang sosis
  3. 4 pasang hati ayam
  4. 2 potong dada ayam
  5. 5 lembar daun kol
  6. 6 sdm kecap manis
  7. 1 gelas kaldu
  8. 1/2 sachet kaldu sapi
  9. 1/2 sdt garam
  10. Bumbu halus :
  11. 10 buah Bawang merah
  12. 5 buah Lombok rawit
  13. 7 butir kemiri
  14. 1/2 genggam udang
  15. Bumbu geprek :
  16. 7 butir Bawang putih
  17. Minyak untuk menumis :
  18. Baceman bawang

Langkah-langkah untuk membuat Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia)

1
Rebus hati ayam sampai matang angkat jangan buang kaldunya.
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 1
2
Sementara menunggu hati matang, siapkan bumbu halus. Lalu yang harus digoreng terlebih dahulu, pertama bagian bawang merah, kemiri dan lombok angkat. Lalu si udang tadi goreng sebentar saja setengah matang. kemudian blender menggunakan minyak.
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 2
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 2
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 2
3
Geprek dan cincang bawang putih.
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 3
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 3
4
Angkat hati ayam dan biarkan dingin, sembari menunggu dingin tumis bawang putih, lada dan bumbu halus. Kemudian beri air kaldu bila warna sudah terlihat agak gelap. Matikan kompor.
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 4
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 4
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 4
5
Potong-potong hati, sosis dan suwir ayam.
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 5
6
Rebus mie dan tiriskan langsung masukkan ke wajan yang berisi bumbu agar mie tidak sempat lengket. (Intinya jarak dari mie setelah diangkat dan menumis nya jangan terlalu lama mendadak saja)
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 6
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 6
7
Masukkan pelengkap seperti sosis dkk juga kol, aduk. Beri kaldu kecap dan garam. Koreksi rasa aduk kembali sampai tanak, dann serve it!
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 7
Mie Goreng Kaki Lima (mengungkap rahasia) - Step 7
8
Tips 1 : Tidak disarankan menggoreng anggota bumbu halus sampai berwarna hitam, bawang harus agak matang namun warnanya cantik. Jika sedikit saja gosong bumbu akan pait.
9
Tips 2 : jika ingin mie goreng yang agak basah bunda bisa membuat agak banyak air kaldunya.
10
Tips 3: tumis bawang putih setengah matang terlebih dahulu agar baunya khas baru masukkan bumbu halus.
11
Tips 4 : Akan lebih enak jika menggunakan ayam mentah yang dipotong dadu lalu dimasukkan saat tumisan bumbu telah matang.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

130. Mie Goreng Special pakai Telor

130. Mie Goreng Special pakai Telor

Resep by google dengan sedikit modifikasi sesuai bahan di rumah ya...😄 makasih buat kakak yang udah goreng telurnya 😘 #PedesEndeus #Cookpadcommunity_Surabaya

2 porsi
20 menit
Mie goreng jawa

Mie goreng jawa

Sarapan kali ini lagi ingin makan mie goreng buatan sendiri. Lebih enak n nikmat karena sesuai selera daripada beli n tentunya lebih sehat.

3 porsi
Mie Goreng Teri Deva

Mie Goreng Teri Deva

Pak Su demen bgt makan mie jd sering bikin variasi menu olahan Mie.. let's check it out.. 😊

2 Porsi
30 menit
Mie Goreng Sederhana

Mie Goreng Sederhana

gak pake campuran sosis / pun suwiran ayam 😂 apalagi telur, karena males amisnya 🙄

Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa

Ada ebi di kulkas uda lama beli tp blm kemasak,kepikiran bikin mie goreng jawa yg pakai ebi resep diadaptasi dari xanderskitchen cm saya modif sedikit..

2 porsi
Mie goreng kuah pedas

Mie goreng kuah pedas

Mie goreng terus ada kuah, pasti bingung? Soalnya buatnya emang di goreng dlu dgn kuah terpisah. Jadi kalau ada yg mau mie gorengnya aja? boleh, pake kuah? boleh jugaa😁

5-8 porsi
35 menit
Mie Goreng Ala-Ala

Mie Goreng Ala-Ala

#5resepterbaruku

Mi Goreng Baso Sayuran

Mi Goreng Baso Sayuran

stok mie + sayur di kulkas masih banyak, and bingung mau masak apa 🙄 so jdinya gini 😂

Mie Goreng Shirataki DEBM

Mie Goreng Shirataki DEBM

Kunci dari masak mie shirataki adalah bumbunya harus kuat. Tujuannya buat ngimbangin rasa mie yang hambar dan cukup kenyal hehehe...kalau saya pribadi lebih suka shirataki yang kering kalau yang basah terlalu keras bahkan direbus lama pun ga pengaruh.

2 porsi
Mie Goreng Sehat

Mie Goreng Sehat

2 porsi
±25 menit
Mie Goreng

Mie Goreng

Pengen bawa bekel ke kantor, dirumah ada mie instan tapi bosen. Kita coba eksekusi lagi hehehe...

1 porsi
10 menit
Mie Goreng

Mie Goreng

Memanfaatkan seluruh bahan sisa yg ada dikulkas voilaaa jadilah Mie Goreng ala Cindy 😉

10 menit
Mie Goreng Hot

Mie Goreng Hot

#resolusi2019 #berburucelemekemas #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru #cookpadcommunity #cookpad #week1

Mie Goreng Sederhana🍝

Mie Goreng Sederhana🍝

Masakin suami mie goreng sederhana, gpp ya sederhana yg penting selalu bahagia. Aamiin🌹💙

Bakmi Goreng Kilat

Bakmi Goreng Kilat

Biasanya kalo suami berangkat pagi-pagi banget, suka bingung mau masak apa. Jadinya saya selalu nyetok mie kering macam mie cap burung dara atau mie cap tiga ayam. Soalnya suami saya tipe orang yg mau makan apa aja yg penting sarapan. Jadilah aku langganan masak mie goreng kilat ini kalo lagi pas bangun kesiangan.

2 porsi
10-15 menit