Bagaimana Menyiapkan Mie Goreng Jawa yang Menggugah Selera

Dipos pada December 27, 2020

Mie Goreng Jawa

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Mie Goreng Jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Mie Goreng Jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Mie Goreng Jawa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Mie Goreng Jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Mie Goreng Jawa oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Mie Goreng Jawa memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Mengapa saya namakan demikian karena ini niate saya mo buat mie godog Jawa dah nanya ma suami klo di Bantul itu isinya apa saja, kata si ayah disana paling pake mie kuning, telur, swiran ayam, bakso ma kol. Tapi apa daya dah nanya ma suami, bahan dah disiapin, sayuran + bumbu dah dicuci bersih. Eh perut saya ga enak, bis selesai shalat maghrib ngedrop jadi ga jadi deh masak mie godog jawanya masuk kulkas lah semua bahan kecuali mie telor. Akhirnya pagi ni saya olah jadi mie goreng aja lah dengan cara saya dan pakem isi dari suami, alhamdulilah suami + anak suka malah yang bontot minta dimasakin lagi. 😍😍. Ya wis itu curhat saya yang panjang kali lebar bu ibu maaf ken ya, πŸ™πŸ™πŸ˜Š ini resep ala saya semoga bermanfaat.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mie Goreng Jawa:

  1. 100 gr mie telor (Arni, cap 3 a*y*m)
  2. 2 butir telur
  3. 1 ikat sawi ijo, potong sesuai selera
  4. 2 buah kol, potong sesuai selera
  5. 1 batang daun bawang, potong serong
  6. 3 buah bakso sapi, potong sesuai selera
  7. Bumbu halus :
  8. 4 buah bawang merah
  9. 3 siung bawang putih
  10. 2 buah rawit setan
  11. 3 buah cabe rawit ijo
  12. 1/2 sdt lada butiran
  13. 1 sdt ebi kering, rendam air panas 10 menit lalu dibilas sampai
  14. bersih, tiriskan
  15. 1 buah kemiri
  16. Sesuai selera garam, gula dan merica bubuk
  17. Sesuai selera kecap manis
  18. 1 sdm minyak goreng untuk mencampur mie
  19. 200 ml Air kurang lebih

Langkah-langkah untuk membuat Mie Goreng Jawa

1
Cuci bersih semua bahan, sisihkan. Untuk mie telur direbus 1/2 matang, angkat, tiriskan. Setelah agak dingin pindah ke baskom lalu beri minyak goreng dan kecap manis sesuai selera, aduk rata. Sisihkan.
Mie Goreng Jawa - Step 1
2
Kocok telur diwadah beri sedikit garam kocok lepas, lau buat orak arik diwajan, angkat. Sisihkan.
3
Tumis bumbu halus hingga harum, masukan bakso, aduk sebentar beri air biarkan mendidih. Setelah mendidih bumbui garam, gula dan lada bubuk, penyedap rasa, tes rasa.
Mie Goreng Jawa - Step 3
4
Jika sudah pas baru masukan potongan sawi ijo dan kol, aduk rata hingga sawi dan kol matang. Baru masukan mie dan potongan daun bawang, aduk rata kembali.
5
Setelah rata masukan telur orak arik, aduk rata kembali. Angkat, pindahkan kemangkuk saji. Taburi bawang goreng, siap disantap.
Mie Goreng Jawa - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie goreng kaum rebahan πŸ’™

Mie goreng kaum rebahan πŸ’™

Malam-malam laper tapi mager akhirnya bikin mie goreng sambil rebahan, eh🀭

Mie goreng telur

Mie goreng telur

Sebelumnya pernah buat tapi banyak kecap. Yang ini banyak telur. Semakin mantap.πŸ˜‹

3 orang
30 menit
Mie Goreng

Mie Goreng

2 porsi
Bakmi Goreng Kemiri

Bakmi Goreng Kemiri

Halo Sobat Cookpad :) Bakmi goreng itu memang selalu menggoda. Bahan-bahannya gampang didapat, hanya bawang putih dan kemiri, tapi rasanya duh enak :D. Disini aku masak 2x dr resep aslinya karena kebetulan ada keluarga datang berkunjung, namun aku tetap mencantumkan sesuai takaran resep aslinya ya. Disini Aku menambahkan cabai rawit disini, tapi sepertinya kurang banyak. Kurang pedes xD. Yuklah dibuat bakminya. Selamat mencoba dan happy cooking! :) Source: Nay's Kitchen (sedikit modif) #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity #banggakirimrecook

3-4 porsi
35 menit
Mie Goreng Lemonilo

Mie Goreng Lemonilo

Bikin sarapan simpel, enak dan lucu 😁🀭 Hhiihihihi 😁😜 #Requestsuami #CookpadCommunity_Kalbar #GA_TheNextLevel

Mie goreng mendung πŸ˜‚

Mie goreng mendung πŸ˜‚

soreΒ² hujan enaknya bikin mie goreng pedas ya mams

2 orang
Mie Goreng Burung Dara Pipih

Mie Goreng Burung Dara Pipih

Ga ada cerita cuma lagi pengen aja bikin mi goreng. Tipsnya Kalo masak ini pake merica bulet2 jangan banyak2 yaaa moms... rasanya jd sengak dan terlalu panas di tenggorokan. Yuk cobain.. Endeees ini rasa mie nya...

4 porsi
20 menit
Mie goreng

Mie goreng

Ceritanya lihat acara makan2 mie d tv, nah paginya kepikiran buat mie goreng ala2 gt

Mie Goreng Kangkung Belacan

Mie Goreng Kangkung Belacan

Menu mie ini sangat enak dan mempunyai cita rasa yang khas, karena di masak dengan bahan belacan atau terasi. Source : πŸ“š Cooking at home by Liana_Ma @Maybelin_ma πŸ‘©πŸ»β€πŸ³πŸ‘¨πŸ»β€πŸ³ Tips : πŸ‘¨β€πŸ³ Masukkan kangkung dan tauge terakhir (saat mie sudah matang) dan ditumis sebentar saja supaya tekstur kangkung dan tauge masih renyah dan tidak lembek πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ Jika lebih suka agak basah mie gorengnya, boleh tambahkan air lebih banyak #PejuangGoldrenApron3 #ResepKhasSumateraUtara #Cookpad Community_SumU t

Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa

Ada ebi di kulkas uda lama beli tp blm kemasak,kepikiran bikin mie goreng jawa yg pakai ebi resep diadaptasi dari xanderskitchen cm saya modif sedikit..

2 porsi
Mie goreng instan sehat

Mie goreng instan sehat

Malam ini males masak ribet, akhirnya mutusin masak 1 menu tp lengkapπŸ˜‚ Yak dn ketemulah indomie, akhirnya mutusin masak indomie goreng versi sehat dg lauk2 nya dn buat menumis sy ganti olive oil. Resepnya gampang banget kok ibu2, yuk mari memasak!

2 porsi
20 menit
Bakmi Goreng Dadakan

Bakmi Goreng Dadakan

#PGA3Mingguke28 #PejuangGoldenApron3 #Cookpadcommunity_Yogyakarta mie goreng dadakan, always malam malam bikinnya, menu makan malam sih..

3-4 orang
30 menit
Mie goreng kari ayam

Mie goreng kari ayam

Source: Hadleny Kitchen Ini enak banget, serasa mie Aceh. Mengobati kangen kuliner malam. #BandungArisanRecook4_HadlenyKitchen #CookpadCommunity_Bandung #GAtheNextLevel

1 porsi
30 menit
Mie goreng

Mie goreng

mie yg kayak gini saya suka buat temen lauk nasi