Cara Gampang Menyiapkan Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam yang Lezat

Dipos pada August 3, 2021

Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam diperkirakan sekitar 1 jam.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Pertama kali makan Mi Xao Ga di restoran lokal "Vietnamese Street Food" dekat apartemen. Anak-anak langsung kepincut sama rasa gurih mie goreng ini. Apalagi kalau dipadu sama acar bawang putih khas Vietnam (Dam Toi). Sayangnya, sejak krisis COVID-19, kita ga bisa lagi ngeresto. Dan di sini, semuanya harus kreatif karena delivery macam go food atau grab food ga ada. Mengandalkan rasa yang masih melekat di lidah, akhirnya aku beranikan diri bikin sendiri Mi Xao Ga di rumah. Ternyata komentar anak2 dan suami sama: "Sekarang kita ga perlu ke resto lagi buat nyari mie goreng vietnam ini. Bikinan Mutti ga kalah sama yang di resto, dan kita bisa makan sambil nonton tivi."🤣 Yuk #kedapuraja dan masak #DiRumahAja pasti bisa dan ga pake takut gagal😉🤗. Iseng-iseng ikut #BancakanOnlineBarengCookpad supaya dapat #eBook nya yang super TOP😄.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam:

  1. 250 g mie telor kering (lembaran kecil2)
  2. 300 g ayam filet
  3. 200 g sayuran campur (brokoli, kembang kol, Cai Sim, wortel)
  4. 100 g jamur kancing segar
  5. 2 sdm bawang putih tumbuk
  6. 2 sdm saus tiram
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 2 sdt garam
  9. 1/4 sdt kecap asin
  10. 2 sdt kecap kikkoman
  11. 6 sdm minyak goreng sayur
  12. Bahan Acar:
  13. 2 siung bawang putih iris
  14. 3 buah cabai merah iris
  15. 50 ml cuka beras (saya pakai air jeruk nipis)

Langkah-langkah untuk membuat Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam

1
Cuci ayam filet lalu potong tipis-tipis (sktr. 1,5 × 3 x 0,3 cm). Bumbui potongan ayam filet dengan 2 sdm saus tiram, 1 sdt gula pasir, 1 sdm bawang putih tumbuk.
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 1
2
Sementara itu siapkan acar bawang putih Dam Toi: Campur semua bahan acar di wadah kecil. Kemudian masukkan kulkas sementara kita mulai mengolah mie dan sayuran.
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 2
3
Cuci dan potong-potong/siapkan sayuran dengan ukuran yang pas untuk ditumis. Kemudian rebus brokoli, kembang kol dan wortel dengan air mendidih yg dibubuhi 1 sdt garam selama 1 menit. Tiriskan air rebusan dan masukkan sayuran ke air es selama 1 menit supaya proses pemasakan sayur terhenti dan sayuran tetap garing. Tiriskan air.
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 3
4
Didihkan air di panci. Jika air telah mendidih, masukan mie kering. Masak selama 15 detik saja (Tips: seluruh permukaan mie harus terendam air mendidih) supaya ga kelembekan. Kemudian, tiriskan air, tambahkan 1 sdm minyak goreng sayur, aduk-aduk supaya mie tidak nempel satu sama lain. Biarkan mie di panci panas dan tutup panci supaya mie dapat efek "kukus".
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 4
5
Sementara itu, panaskan 1 sdm minyak goreng di wajan anti lengket dan tumis ayam filet berbumbu sambil terus diaduk supaya ga nempel di wajan dan gosong. Kalau ayam sudah 70% matang tambahkan semua sayuran. Tambahkan 1 sdt garam. Aduk rata hingga daging matang. Tandanya: daging dan sayuran akan mengeluarkan kuah. (Tips: jangan terlalu lama menumis supaya sayuran ga lembek)
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 5
6
Tumis 1 sdm bawang putih tumbuk hingga harum dengan temperatur tinggi. Masukkan mie dan aduk rata. Tambahkan 1/4 sdm kecap ikan dan 2 sdt kecap kikkoman. Aduk lagi hingga tercampur rata. Bumbui dengan sktr. 2 sdm kuah tumisan sayur dan ayam. Aduk lagi hingga rata. Matikan kompor.
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 6
7
Tata mie dan tumisan sayur+ayam di piring. Sajikan dengan Dam Toi yang segar dan sehat. Tips: Jangan makan bawang putih Dam Toi kalau ga mau mulut bau bawang putih (walaupun bwang putih itu menyehatkan). Cukup ambil potongan cabainya saja dan taburkan di atas sayur.
Mi Xao Ga - Mie Goreng Ayam Khas Vietnam - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa

Menu makan siang kemarin.... Sebenarnya udah beberapa kali bikin, tp baru sempat sekarang reshare resepnya mba Ge Adhian. Makasih resepnya mbaaa😊 Source: Ge Adhian #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok

2-3 porsi
30 mnt
Mie goreng spesial

Mie goreng spesial

Hari ini masak mi, beberapa hari yang lalu pengen masak mi tapi gak sempat 😄 Ok, let's cook.. 😘

2 porsi
40 menit
Mie goreng Special

Mie goreng Special

Untuk mengisi hari-hari kita di rumah mari kita coba menu mie goreng special, selamat mencoba.

Mie Goreng Tek Tek Nyemek

Mie Goreng Tek Tek Nyemek

sebulan kemarin divonis cov, gabisa makan enak karena selalu mual-mual. minggu ini alhamdulillah udah negatif, masalah penciuman dan mual juga udah nggak muncul lagi. jadi memberanikan diri buat masak mie instan yang simpel ajaa (karena udah kangen banget juga sama indomie hehehehe) dengan bumbu yang minim. ternyata enakk. sebenernya ini enak pakai sawi tapi karena di rumah gaada sayuran apapun yaudah begini aja juga enak. untuk yang suka air banyak mungkin tambahin lagi aja airnya. resep recook dari Dapoer Ibu Cilla. #PejuangGoldenApron3

1 orang
10 menit
Mie_Reng Teri_Jang (Mie Goreng Teri Kacang Panjang)

Mie_Reng Teri_Jang (Mie Goreng Teri Kacang Panjang)

Selamat siang teman2 . Minggu ini yang dapat arisan recook cookpad Kalbar yaitu Koko #SutominNg .Banyak resep yang beliau share dan pastinya enak2. Sambil rebahan (saya termasuk kaum rebahan nih 😋😀) lihat2 resep si Koko ada Mie Goreng yang di dalamnya ada ikan teri dan kacang panjang. Cocok nih, karena saya ada sedikit stok teri balado yang kalau di angetin males banged hihi..mendingan di masukkan dalam mie goreng aja. Kalau resep asli si Koko pakai ikan teri yang di goreng. Baiklah, gak usah rebahan lagi langsung ke dapur aja yuk...cusss masak manfaatin bahan yang ada di rumah.😀 Source : #SutominNg https://cookpad.com/id/resep/13340027-mie-goreng-pedas-teri-josss%F0%9F%98%98%F0%9F%98%98%F0%9F%91%8D%F0%9F%91%8D%F0%9F%91%8D?invite_token=n2CiMnbtqkkx7VLqj94ESNhm&shared_at=1609138163 #RecookMenyadik_SutominNg #AksiDutaRecook #OlahanMie_MamahAura #MieGorengTeriKacangPanjang #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo

2orang
Mi Goreng Seleraku

Mi Goreng Seleraku

Olahan indomie goreng biar nggak gitu-gitu aja. #mie

1 porsi
30 menit
Mie Goreng

Mie Goreng

Menu simple buat sarapan. Tapi yang di gambar itu over kecap ya ibu-ibu karena sedikit tumpah tadi, jangan ditiru. Nanti saya tulis takaran real-nya seberapa.

1 porsi
20 menit
Mie Goreng Tek Tek

Mie Goreng Tek Tek

#KapsulAjaib karena anak anak dirumah suka banget mie..daripada beli lebih baik bikin lebih higenis kan

Mie goreng bon cabe

Mie goreng bon cabe

Saya kira mie bon cabe pedas banget tp ternyata setelah di masak tdk terlalu pedas

1 porsi
10 menit
Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa

Menu makan malam Hari ini... Mie andalan yang pake sayuran... Alhamdulillah..

Mie Goreng

Mie Goreng

2 porsi
15 menit
Mie Goreng Gurih (no salt) #53²

Mie Goreng Gurih (no salt) #53²

Bismillah, Bikin sarapan yang simpel praktis karena keburu kakak mau sekolah onlen. Iyaa, jakarta masih sekolah dari rumah.. Masak dengan resep yang gampil, gurih tapi enaakkk.. Dimakan mie saja enak, apalagi ditambahkan pelengkap.. MasyaAllah..💕 . Cobain yukk.. berikut resepnya..🍒 . #bukansekedarmasak #masakpenuhcinta #Simplerecipesummuarwa #praktisekonomissederhana #masakanrumahan #PejuangGoldenApron3 #Mingguke2 #Cookpad_id #CookpadCommunity_jakarta #CookpadIndonesia #antigagal #masakankilat Variasi kreasi mie lainnya 👉 #mie_ummuarwa

3 porsi
Mie goreng duo bawang

Mie goreng duo bawang

Recook resep nya Mba Aini dari Depok, mie goreng nya enak dan buanya juga mudah. Saya buat untuk sarapan pagi keluarga. #RecookDepok_Aini #PejuangGoldenApron3 CookpadCommunity_Depok

[48] Mie Goreng Wortel Parut

[48] Mie Goreng Wortel Parut

di masa pandemi Covid gini sebisa mungkin hindari makanan instan, junkfood, fastfood, gorengan kaki lima.. sayangi lambung mu masak sendiri #dirumahaja, pke bahan yang ada di kulkas. #PejuangGoldenApron3

Omlet Mie Goreng

Omlet Mie Goreng

Ini menu andalan buat sarapan pas pagi buru-buru berangkat kerja dan ga sempet masak. Bahannya sama aja kaya bikin mie instan goreng. Tapi ga tau kenapa kalo dibikin omlet gini berasa kenyang lebih lama awet sampai jam makan siang tiba hehe.. #PejuangGoldenApron3 #TheArdianas

Mie goreng

Mie goreng

Minggu tuh males banget masak yaa.. pengennya jalan jalan aja trus ditraktir makan diluar 😁😁 tapi tetep aja sebelom pergi jalan-jalan wajib isi perut dulu biar ngga masuk angin. Mie goreng dan teh hangat cukup laahh buat ngisi perut sebelum jajan jajan. #cookpadcommunity_Bandung #PejuangGoldenApron3 #BandungArisanRecook4_ikasulistianingsih #BanggaKirimRecook

Mie goreng Tek-Tek

Mie goreng Tek-Tek

Resep minggu kedua #PejuangGoldenApron3

5-10 porsi
20-30 menit
Omelet mie goreng telur endezz

Omelet mie goreng telur endezz

Males masak ribet2... Bkin gini aj pas ujan2 uda hepi bngt misua