Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren yang Menggugah Selera

Dipos pada March 30, 2021

Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren

Anda sedang mencari inspirasi resep Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini menjadi salah satu menu buka puasa kesukaan.. rasa manis yang pas untuk mengembalikan energi setelah beraktifitas seharian serta kaya dengan nutrisi untuk kebutuhan macro dan micro nutrient tubuh.. Selamat mencoba..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren:

  1. Bahan membuat pisang ungu:
  2. 1/4 kg ubi ungu
  3. 5 buah pisang raja (jenis pisang boleh menyesuaikan)
  4. 2 sdm tepung beras
  5. 1 sdm tepung terigu
  6. 1 sdm gula pasir
  7. air hangat
  8. Bahan membuat Kacang hijau:
  9. 1/4 kg kacang hijau
  10. 1 jari kayu manis
  11. 2 ruas jari jahe
  12. secukupnya air untuk merebus
  13. Bahan kolang kaling:
  14. 1/4 kg kolang kaling
  15. 5 sdm gula pasir
  16. Bahan kuah:
  17. secukupnya gula aren
  18. 1 jari kayu manis
  19. 4 butir cengkeh
  20. sedikit air untuk merebus
  21. 1 sachet kecil santan instan

Langkah-langkah untuk membuat Pisang ungu kacang hijau kolang kaling kolak siram gula aren

1
Membuat pisang ubi ungu: Kukus ubi ungu sampai matang/empuk. Haluskan ubi ungu selagi hangat.. campur dengan gula pasir, tepung beras, tepung terigu, tambahkan sedikit air dan uleni sampai kalis. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan, isi dengan pisang dan gulung kembali sampai pisang tertutup sempurna oleh adonan ubi. Lakukan sampai adona. ubi dan pisang habis. Kukus selama 15 menit. (saya menggunakan daun pisang untuk membungkus agar memudahkan saja untuk mengambilnya).
2
Membuat kacang hijau: Rebus kacang hijau dengan secukupnya air sampai matang (sampai biji kacang hijau pecah-pecah) lalu masukkan kayu manus dan jahe (NOTE: jangan memasukkan apapun dalam rebusan kacang selagi biji kacang hijau belum pecah, karena akan membuat biji kacang hijau jadi tidak mau matang).
3
Membuat kolang kaling: Masukkan kolang kaling dam gula dalam panci, masak menggunakan api kecil agar gula tidak gosong, tidak lama setelah itu akan keluar air dengan sendirinya jadi saat memasak tidak perlu menggunakan air yaa..
4
Membuat kuah: Siapkan dalam panci gula aren, kayu manis, cengkeh, dam secukupnya air, rebus sampai gula aren mencair dan keluar aroma harum dari kayu manis dan cengkeh.. baru masukkan santan instan biarkan sampai mendidih/matang.
5
Siapkan mangkok saji, tata sesuai selera pisang ungu, kacang hijau, dan kolang Kaling. siram dengan bahan kuah..
6
Hidangan siap dinikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Pisang Uli

Kolak Pisang Uli

#JemputRejeki #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019

Kolak ubi dan cincau hitam

Kolak ubi dan cincau hitam

Berhubung masaknya cuma buat misua..jd buatnya porsi kecil ya.....๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Kolakย  pacar cina home Made

Kolakย  pacar cina home Made

Sebenarnya saya juga baru belajar,tapi Alhamdulillah baik suami maupun anak-anak doyan semua. Jadi semangat deh bikinnya๐Ÿ˜ƒ

Untuk 5 porsi
Kolek biji salak, bubur sumsum

Kolek biji salak, bubur sumsum

Diluar mendung, rasanya ku pngn bgt makan yg manis dan anget anget, ps ide yg muncul dipkiran kolak biji salak, jd lngsung ja deh bli bahan"nya. Oh y bentar lg msuk ramadhan gaess ccok buat menu tajil manis bgt ky yg buat๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Kolak kacang hijau

Kolak kacang hijau

#SiapRamadan

5 orang
30 menit
Kolak hijau rumput laut

Kolak hijau rumput laut

pengen bikin kolak yg anti mainstream mumpung #dirumahaja kebetulan punya stok rumput laut kering di kulkas

Kolak pisang, ubi kuning

Kolak pisang, ubi kuning

#JemputRejeki #siapramadan #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_pematangsiantar Source : Nining sari_3R Salah satu menu wajib takjil dikala berbuka puasa ini merupakan makanan yang paling gampang dicari atawpun dibuat sendiri dirumah. Selain bahannya gampang dicari juga bisa dimodifikasi sama bahan2 yg tersedia ga melulu kolak pisang aja bisa dengan ubi jalar, ubi kayu (ketela) kolang kaling ataupun biji mutiara semua kembali keselara masing masing ya bun. Kolak ini juga bisa banget untuk dijadikan bakulan bun.

Kolek piskus (pisang kukus)

Kolek piskus (pisang kukus)

Resep kesebelas yang ana upload๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† yabinya dedek tuh kalo ngasih bahan cemilan pasti yang alami๐Ÿ˜๐Ÿ˜ jadi setelah nyobain pisang suju, keinget ramadan jadi ingin kolek. Tapi kebanyakan kolek kalo langsung dicemplung di air mah ga rame gitu ya, kaya yg bantet๐Ÿ˜•๐Ÿ˜• kebetulan ada pisang kukus sisa nyemil semalam๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Ya udah nih langsung tancap dijadiin kolek, biar wangi air rebusan garemnya di kasih si ijo pandan gitu. Nah, umi yang pengin ngemil tapi lg diet. Boleh coba nih resep. Gak nguras dompet juga karena bahan nya sederhana๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ umi milenial itu jagonya atur dompet ya ummmm Jadi selamat mencoba resepnya dan ditunggu ya recooknya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š #jemputrejeki #berburucelemekemas #resolusi2019 #siapramadan #reseppertamaku

3porsi
10menit
Kolak Rame "Maulid Nabi"

Kolak Rame "Maulid Nabi"

Kebiasaan aku kalo lagi pulang kampung mesti masak2 sama bikin apa aja yg bisa dicemil ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‹ bersamaan dengan peringatan bulan maulid aku bikin kolak buat adek2 yg lagi ngaji dan sholawatan di musholah depan rumah. Asikk banget ๐Ÿ™† yuk kepoin..

Kokola (Kolak kolang kaling)

Kokola (Kolak kolang kaling)

Kalau bulan puasa seperti sekarang , banyak di jual kolang kaling biasanya di olah untuk di jadikan ta'jil . Jadi pengen nich bikin KOKOLA ( Kolak Kolang Kaling ) . Biar bisa ikutan upload resep di Cookpad dengan tema Aneka Kolak . Semangat terus mommy ๐Ÿค— . . #JemputRejeki #SiapRamadan

35 menit
Kolak Pisang Kolang Kaling

Kolak Pisang Kolang Kaling

Ramadhan selalu ada kolak. tetapi cuma saya yang suka kolak. anak dan suamiku kurag suka ๐Ÿ˜…. hari ini bikin kolak pisamg dan kolang kaling, saya sengaja hanya pakai 1 buah pisang tanduk dan lebih banyak atau dominan kolang kalingnya karena saya suka kolang kaling ๐Ÿ˜Š. #JemputRejeki #SiapRamadan

Kolak Pisang dan Ubi

Kolak Pisang dan Ubi

Resep menjelang Ramadhan ๐Ÿ’•

Kolak Setup Pisang khas Semarang

Kolak Setup Pisang khas Semarang

Minuman khas Semarang ini begitu terkenal di kota Semarang. Namanya kolak setup. Kolak ini berbeda dari kolak dari pada umumnya karena tanpa menggunakan santan. Sehingga kuahnya lebih bening dan tanpa ada rasa serak di tenggorokan. Ditambah kayu manis, menambah citarasa pada minuman ini. Adanya tambahan es batu membuat minuman ini segar di tenggorokan. Atau bisa juga disajikan hangat. adanya kandungan kayu manis pada minuman ini, berkhasiat menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan kangker juga sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Apalagi cara buatnya juga mudah. #PekanInspirasi #Pekan_Semarang #SiapRamadan #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_balikpapan, kaltim #cookpadindonesia #cookpad_id #cookpadcommunity_id @cookpad_id @cookpadcommunity_id

Kolak Ubi ungu & Labu kuning

Kolak Ubi ungu & Labu kuning

Akhirnya kesampaian bikin kolak..

67. Kolak

67. Kolak

#Nggandhokku #TryCooking #MasakApaHariIni