Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam penyet sambal kurma yang Bikin Ngiler

Dipos pada January 13, 2021

Ayam penyet sambal kurma

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Ayam penyet sambal kurma yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Ayam penyet sambal kurma yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ayam penyet sambal kurma, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam penyet sambal kurma sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam penyet sambal kurma sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam penyet sambal kurma memakai 25 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#AhlinyaAyam kali ini temanya hot chicken. Hotnya sambel ditambah hotnya nasi dimakan pakai ayam..sedaap tuh. Btw resep ini juga bikin saya menang lomba masak lho hihihi. Silahkan dicoba moms 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam penyet sambal kurma:

  1. 500 gr ayam potong
  2. 2 lbr daun salam
  3. 2 batang sereh, geprek
  4. 3 lbr daun jeruk
  5. 2 cm lengkuas, geprek
  6. 100 ml santan kental
  7. 350 ml air matang
  8. Minyak untuk menumis bumbu halus
  9. Bumbu halus ayam
  10. 4 siung bawang putih
  11. 8 siung bawang merah
  12. 1 ruas kunyit
  13. 1 sdt ketumbar
  14. Garam
  15. Gula
  16. Kaldu jamur
  17. Bahan sambal kurma
  18. 3 buah kurma, buang bijinya
  19. 8 buah cabai rawit merah
  20. 4 buah cabai merah keriting
  21. 1 siung bawang putih
  22. 3 siung bawang merah
  23. 1/2 sdt terasi bakar
  24. Garam
  25. 2 sdm Minyak

Langkah-langkah untuk membuat Ayam penyet sambal kurma

1
Ayam ungkep: haluskan bumbu ungkep ayam + sedikit minyak, tidak usah menambahkan air ya. Tumis bumbu halus + sereh, daun jeruk, dan daun salam hingga wangi dan berubah warna. Masukkan ayam, diikuti dengan santan dan air. Tes rasa, Aduk rata. Ungkep sampai ayam matang dan air menyusut.
2
Setelah kuah menyusut, matikan kompor, siapkan wajan berisi minyak. Goreng ayam hingga keemasan. Sisihkan
3
Sambal kurma : cuci bersih cabai dan bawang. Potong kecil agar mudah saat menumis. Panaskan minyak, tumis cabai, kurma dan bawang hingga wangi dan agak layu. Diamkan sebentar.
4
Uleg tumisan sambal + terasi serta garam sampai halus. Kemudian tumis lagi sebentar sambal tersebut. Beri potongan kecil kurma (optional ya)
5
Sajikan di piring ditambah dengan lalapan.. hati2 yaa ini sambal pedes banget lho meskipun udah pakai kurma juga πŸ˜‚
Ayam penyet sambal kurma - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Infused water kurma, tomat JSR

Infused water kurma, tomat JSR

Bagus untuk kulit, kesehatan mata, mencegah jerawat dll

Kurma Ganache

Kurma Ganache

Mencoba berkreasi sesuka hati😊

Jus Kurma

Jus Kurma

#SayangAnak #SiapRamadan Serba serbi kurma

Jus Kurma

Jus Kurma

Alhamdulillah.. Resep ke-6 hanya 2 bahan❀️

1 Gelas
Infused water lemon & kurma

Infused water lemon & kurma

Detox untuk tubuh biar segar

Setup Red dates and dried longan tea

Setup Red dates and dried longan tea

Resep ini dari Ibu, setelah jalan-jalan di Malaysia dan Singapore beberapa kali menemukan dessert segar ini. Cocok dikonsumsi untuk obat panas dalam dan takjil buka puasa. Red dates (angco) dan dried longan sudah lama dikenal dalam obat-obatan cina sebagai penawar panas dalam. Sedap kan? Happy recook!

5 porsi
Jus semangka + kurma

Jus semangka + kurma

Semangka dan kurma merupakan buah2an kesukaan Rasulullah , dan banyak sekali manfaat dari buah ini , Masyaa Allah 😍😍 #saturesepsatupohon #teamtrees.

Dates Almond Milk (Susu kurma almond)

Dates Almond Milk (Susu kurma almond)

Ceritanya pengen diet, tp pengen minum susu yg low fat & nyehatin badan.

sekitar 1ltr
15 menit
Kurma coklat

Kurma coklat

#SiapRamadan Assalamualaikum buntik....saat berbuka puasa,berbukalah dengan yang manis manis,nah....kali ini aku mau membuat cemilan untuk berbuka,yg gampang banget dan bahan nya sederhana,meskipun kacang ny diganti dengan kacang tanah,tapi rasa ny tetap enak kok bun,kue ini juga bisa untuk lebaran y bun....

Coklat Kurma isi Keju

Coklat Kurma isi Keju

#SiapRamadan #SayangAnak #MomenManiS Pertama kali bikin coklat kurma isi keju.. Anak q sukaa bgt... Coklat kurma ini juga bisa jadi suguhan buat sodara2 nanti pas lebaran... Selain bahannya yg mudah dicari.. Cara bikinnya juga gampaang bgt... Yuuuk dicoba... ;):-)

Kurma Keju Coklat

Kurma Keju Coklat

Perpaduan kurma diisi dengan keju lalu ditambahkan coklat meleleh dan taburan sprinkle, manis tambah manis

46 porsi
Banana Oat Cake with Kurma

Banana Oat Cake with Kurma

Dalam rangka mau mudik lebaran, jadi mama sebisa mungkin habisin stok bahan-bahan di dapur. Punya sedikit oat, lalu searching resep, sesuaikan dengan selera member rumah, dan sesuaikan resep dengan bahan yang ada. Alhamdulillah jadilah cake ini, cocok untuk teman minum teh disaat berbuka. #SiapRamadan

Nastar teflon isi kurma

Nastar teflon isi kurma

Buat jajan anak 🀣

Alpukat kurma madu

Alpukat kurma madu

Menu sarapan kaya nutrisi dan berkah πŸ’šπŸ’šπŸ’šπŸ’š *jangan lupa pakai sendok selain stainless steel kalau pakai madu yaaa. Infonya ada reaksi antara madu sama sendok SS* cmiiw

Sari Kurma Jeruk

Sari Kurma Jeruk

Kurma adalah salah satu buah buahan yang tergolong langka dan hanya musim setahun sekali yaitu bulan ramadan, buah ini sangat dimuliakan sekali oleh para sahabat nabi dan sebagian besar di tempat asalnya yaitu Arab / Mesir karena mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh dan segala usia dapat merasakannya. Misalnya sari kurma jeruk yang saya buat untuk anak saya, karena anak saya sedikit tidak enak makan dan selalu terlihat letih, dan alhamdulillah rutin 2 x sehari minum sari jeruk kurma ini dalam waktu 48 jam saja anak saya sudah bisa beraktivitas dengan aktif dan lincah lagi πŸ˜ŠπŸ˜‰ segala manfaat yang terkandung dalam buah jeruk dan kurma dapat membantu proses metabolisme dan peredaran darah menjadi lancar kembali. #SayangAnak #SiapRamadan #Berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpad #cookpad_indonesia #cookpadcommunity_probolinggo

1 cangkir
7 menit
Kolak Kurma

Kolak Kurma

Di bulan ramadan salah satu makanan yang selalu ada adalah kolak. Kolak salah satu makanan favorit saya. Kalau lama ngga makan kadang kangen pengen buat. Mumpung lagi bulan puasa... buat kolak yukkk... Sesekali pengen buat kolak yang agak beda... dengan menambah kurma... hmmm... enakkknya... Catatan : kurma mudah hancur bila kena air dalam waktu yang lama. Karena itu bila tidak langsung dimakan, kurma bisa ditambahkan saat akan dimakan #berburucelemekemas #resolusi2019 #JemputRejeki #anekakolak #SiapRamadan #WanilahMeolah #kaganangan

14 porsi
Puding kolak pisang dan kurma

Puding kolak pisang dan kurma

Konstipasi atau sembelit sering dirasakan oleh kita yang berpuasa. Hal ini disebabkan organ dalam saluran pencernaan memiliki waktu istirahat yang lama antara sahur dan berbuka. Sehingga daerah usus tidak berkontraksi dan menimbulkan sembelit. Menambahkan lebih banyak serat pada menu sahur ataupun berbuka akan sangat membantu untuk mencegah sembelit, salah satunya adalah puding. Nah, kali ini saya share puding kombinasi dari bahan makanan yang populer saat bulan Ramadhan tiba yaitu pisang dan kurma 😊 Sekitar 60% kandungan buah kurma adalah karbohidrat. Sisanya adalah perpaduan zat gizi magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2. Sehingga kurma sangat baik dikonsumsi untuk mengembalikan energi saat berbuka. Sedangkan pisang, mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Daging buah pisang yang bertekstur lembut mampu melapisi dan mempertebal dinding usus dan mukosa lambung, sehingga dengan begitu mampu meminimalisasi peradangan yang akan terjadi. Jika peradangan terjadi dan menghampiri maka efek yang akan dirasakan yaitu perut terasa melilit, terlebih lagi bagi mereka yang menderita penyakit maag. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki penyakit maag maka akan sangat baik jika anda mengkonsumsi pisang saat sahur.