Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Terong Baso Bumbu Kacang yang Lezat Sekali

Dipos pada August 30, 2019

Terong Baso Bumbu Kacang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Terong Baso Bumbu Kacang yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Terong Baso Bumbu Kacang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Terong Baso Bumbu Kacang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Terong Baso Bumbu Kacang ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Terong Baso Bumbu Kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Terong Baso Bumbu Kacang memakai 15 jenis bahan dan 19 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan lagi kangen sama Pasar (bukan Pacar yaa wkwkw) jadi deh skalian mampir bikin baso, rencana mau nyetok baso dan bikin somay sedikit. Mumpung semalem udah beli terong, udah aja mereka saya satukan dalam sebuah masakan..ceilee hehe.. Lumayan untuk berbuka puasa nanti.. . . #siapramadan #murahmeriah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Terong Baso Bumbu Kacang:

  1. Bahan Utama :
  2. 2 bh Terong uk besar, potong serong
  3. Bahan Baso :
  4. bikin di pasar, saya pake baso ayam + saledri
  5. Bahan Bumbu Kacang :
  6. 1/4 kg kacang tanah
  7. Secukupnya gula merah
  8. 8 siung bawang putih
  9. 10 bh cabe merah bulat
  10. Garam
  11. Kaldu bubuk sapi
  12. Air
  13. 250 ml Minyak goreng
  14. Bawang goreng
  15. Kecap manis

Langkah-langkah untuk membuat Terong Baso Bumbu Kacang

1
Goreng terong hingga matang, sisihkan.
2
Untuk baso, kalo Teman2 sudah biasa bikin baso sendiri, silahkan. Tapi kalo males kaya saya, bikin aja di pasar. Boleh pake ayam atau daging, tambahin saledri di adonan nya biar tambah enak.
3
Masukkan adonan ke pipping bag. Fungsi nya untuk memudahkan saja waktu meletakkan adonan baso ke terong. Mau pake sendok atau garpu juga gpp. Diatur aja yaa hehe
4
Semprotkan adonan baso diatas terong yang sudah digoreng tadi,, secukupnya saja. Lakukan hingga semua terong terisi adonan. Sisihkan.
5
Panaskan panci kukusan. Lalu kukus terong hingga adonan baso matang dan angkat.
6
Bumbu kacang : goreng kacang tanah hingga matang. Lalu goreng bawang putih dan cabe bulat bersamaan. Toreh sedikit badan cabe agar waktu di goreng tidak meletup letup. Goreng sebentar saja sampai cabe berubah warna.
7
Hilangkan uap panas dari kacang tanah, cabe dan bawang putih tadi lalu blender bersamaan. Lakukan hingga habis.
8
Panaskan air secukupnya, kira2 bumbu kacang terendam. Masukkan bumbu kacang. Aduk2 pelan pake api sedang.
9
Proses ini lumayan lama yaa. Hampir sama dg memasak rendang. Kita harus sabar. Karena bumbu kacang dan air harus smpai menyatu.
10
Biarkan skitar 20 menit sambil sesekali d aduk agar tdk gosong bagian bawahnya. Kalo bumbu dan air sudah menyatu, tandanya bumbu sudah mulai berat pas diaduk.
11
Lalu masukkan gula merah, aduk2 hingga rata. Masukkan garam dan royco sapi. Test rasa. Pake api kecil.
12
Lalu masukkan minyak goreng. Sedikit2 dlu ya. Bagi 3 aja, setiap 5menit masukkan minyak.
13
Kalo rasanya belum dapet, boleh di tambah lagi gula merah dan royco. Aduk perlahan. Jika dirasa terlalu berat, tambahkan air. Adonan bumbu ini harus encer sebelum mateng sempurna.
14
Jika minyak goreng sudah selesai dalam 3 tahap, masih pake api kecil. Aduk2 perlahan dan tunggu hingga minyak keluar. Proses ini kira2 30mnt. Nanti bumbu kacang akan berminyak dan berlemak seperti di foto ku yaa..
15
Jika sebelum keluar minyak, adonan nya masih berat, tambah lagi air, aduk merata dan diamkan hingga minyak keluar. Test rasa lagi.
16
Kalo sudah matang, sudah bisa disajikan untuk menemani si terong tadii.. Jangan lupa taburi bawang goreng dan pake sedikit kecap manis.
17
Btw, kalo temen2 merasa repot atau bingung dengan cara membuat bumbu kacang, baiknya beli jadi aja di kang somay hehe. Karena bikin nya memang lama dan butuh waktu serta kesabaran yang ekstra.
18
Nanti lain waktu saya akan coba share cara mengolah bumbu kacang step by step lengkap dg foto biar ga bingung yaa hehe..
19
L

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Goreng Bumbu Kacang

Tahu Goreng Bumbu Kacang

20-03-2018..menu makan siang hari ini..makyuss dah ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿฒ๐Ÿฒ๐Ÿฒ

Bumbu kacang untuk ketupat

Bumbu kacang untuk ketupat

Sebenernya bumbu kacang ini kesukaan suami saya, karna dia setiap makan ketupat maunya pakai bumbu kacang. Buatnya mudah, bisa buat dimakan berkali-kali #siapramadan #sayanganak #berburucelemekemas

Bakwan dan Gimbal Cabe Ijo Bumbu Kacang (#pr_DibumbuKacangin)

Bakwan dan Gimbal Cabe Ijo Bumbu Kacang (#pr_DibumbuKacangin)

Setelah berkali-kali melewatkan #postingramerame, akhirnya kali ini bisa juga ikutan. Minggu ini temanya adalah #pr_dibumbukacangin. Begitu tahu temanya, pikiran saya langsung flashback ke jaman SMA. Waktu itu saya dan teman-teman sering banget beli bakwan bumbu kacang. Sebenarnya itu sih cuma bakwan yang dipotong-potong terus diguyur bumbu pecel. Kalau beli ini biasanya pas males makan pecel komplit (ada nasinya). Dulu beli bakwan 3 buah, dikasih sayuran pecel (kacang panjang, bayam, taoge), diguyur sambal pecelnya, harganya cuma seribu rupiah ๐Ÿ˜ฑ Dan buat anak sekolah itu sudah jadi kenikmatan haqiqi ๐Ÿ˜‹ Lalu, untuk gimbal cabe ijonya, inspirasinya saya dapat dari kantin juga, tepatnya kantin kantor tempat sepupu saya bekerja. Saya pernah ke kantornya dan diajak mampir ke kantinnya. Nah, di sana ada gimbal cabe ijo. Unik gitu, biasanya kalau di Kudus, gimbal itu bahannya udang. Gimbal itu bisa dibilang peyek tapi teksturnya gak kering banget. Untuk bumbu kacangnya saya pakai bumbu pecel siap pakai. Bumbu pecelnya ini bikinan ibu saya sendiri, kapan-kapan saya share resepnya ๐Ÿ˜‰

2 pincuk
Sate Jamur bumbu Kacang

Sate Jamur bumbu Kacang

Daripada beli mending buat sendiri aja,enduls loh malahan.

Sate Bumbu Kacang

Sate Bumbu Kacang

#5resepterbaruku suami suka makan sate tp sate langganan tutup jd bikin sendiri untung masih ada disa daging dikulkas

6 tusuk sate
#23. Dadar Tahu Bumbu Kacang

#23. Dadar Tahu Bumbu Kacang

Source: Mamaku Dulu saat sy blum bs masak, mama prnah bikin dadar tahu ini..skrg gantian sy yg bikin๐Ÿค—

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Cemilan kenyal saat musim hujan

Kacang bumbu pedas๐Ÿ˜‰

Kacang bumbu pedas๐Ÿ˜‰

Cocok buat cemilan. Tetapi saya jual di sekolah๐Ÿ˜€ buat nambahin uang saku๐Ÿ˜Š

Tahu telur bumbu kacang

Tahu telur bumbu kacang

Ini jurus bikin tahu telur buat keluarga suami sy yang bukan orang jawa, (tdk doyan petis dan tdk terlalu suka manis) alhamdulillah suka dan suruh sering2 bkin lagi ๐Ÿ˜, sengaja kacangnya dibanyakin biar puas, enak bngt pake nasi ama kerupuk

2-3 porsi
Tumis Tempe Kacang Panjang Bumbu Kecap #PR_RECOOKMASAKANAWALANT

Tumis Tempe Kacang Panjang Bumbu Kecap #PR_RECOOKMASAKANAWALANT

source : Swasti Mukti dan sudah di modifikasi sma diriku.. ini judul panjang banget yak, kayak kerete ber rel panjang hahha.. biarin deh, yg penting mau ikutan posting rame rame di penghujung tahun 2017 ini, kebetulan punya tempe sma kacang panjang ๐Ÿ˜ jadi tinggal eksekusi aja deh ๐Ÿ˜Š

Cilok isi keju bumbu kacang

Cilok isi keju bumbu kacang

Mantul bunda kuy di coba

Bumbu Kacang Siomay

Bumbu Kacang Siomay

Bumbu ini saya dpt kan tekniknya dari ig ichairawan. Karna dr dl kalau saya bikin bumbu kacang tidak pernah keluar minyaknya. Ternyata bikinnya harus dengan api kecil. Hahaha dan bener saja, minyak nya keluar... hahaha

Bumbu Kacang serbaguna

Bumbu Kacang serbaguna

Ini bumbu kacang yg irit bahan tp rasanya mantul lho. Aq bikin ini buat kuah cilok tp bs jg dipakai buat pecel, gado2, tahu telor, dll๐Ÿ˜Š Anak2 doyan walo pedes๐Ÿ˜ #SiapRamadan

Tahu telur bayam bumbu kacang

Tahu telur bayam bumbu kacang

Dr kmrn2 pgn masak tahu telur, dan alhasil hr ni br terealisasi ๐Ÿ˜‚

Rujak Bumbu Kacang

Rujak Bumbu Kacang

Pengen makan Rujak tp males keluar untuk beli, jadilah kita bikin sendiri dengan bumbu dan buah seadanya dirumah. Selamat memcobaaaa