Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Kacang Hijau yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 15, 2018

Bubur Kacang Hijau

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Kacang Hijau yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bubur Kacang Hijau yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Kacang Hijau, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Hijau memakai 8 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau:

  1. 250 gram Kacang Hijau
  2. 3 bulatan Gula Merah
  3. 1 ibu jari Jahe
  4. 1 bungkus kecil Santan Kara
  5. 4 sdm Maizena
  6. Secukupnya Gula
  7. Secukupnya Garam
  8. Secukupnya Kental Manis Putih

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Hijau

1
Siapkan bahan-bahan diatas.
2
Rendam terlebih dahulu kacang hijau. Kalau saya bisa rendam semalaman biar hasilnya lebih empuk. Tapi kalau menggunakan presto cukup 1 jam saja direndamnya.
3
Setelah direndam, masukkan kacang hijau ke dalam presto atau wajan biasa. Tambahkan satu ruas jari telunjuk air (seperti masak nasi).
4
Kalau menggunakan presto, panaskan kurang lebih 15 menit. Kalau menggunakan wajan biasa panaskan hingga kacang hijaunya pecah-pecah dan empuk.
Bubur Kacang Hijau - Step 4
5
Setelah empuk, tambahkan gula merah dan jahe. Aduk hingga rata.
Bubur Kacang Hijau - Step 5
6
Tambahkan garam dan gula. Kalau saya 1 sdm garam dan 1 sdm gula.
7
Tambahkan air lagi hingga kacang hijau terendam.
Bubur Kacang Hijau - Step 7
8
Masukkan santan kara dan aduk hingga rata.
Bubur Kacang Hijau - Step 8
9
Tambahkan kental manis sesuai selera. Koreksi rasa.
Bubur Kacang Hijau - Step 9
10
Setelah mulai mendidih, tambahkan maizena yang dilarutkan dalam sedikit air (kalau mau kental tp bisa diskip jg).
Bubur Kacang Hijau - Step 10
Bubur Kacang Hijau - Step 10
11
Biarkan hingga meletup-letup lalu matikan kompor.
Bubur Kacang Hijau - Step 11
12
Bubur kacang hijau siap disantap.
Bubur Kacang Hijau - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo 7-7-30-7

Bubur Kacang Ijo 7-7-30-7

7 jam direndam 7 mnit direbus 30 mnit didiamkan tertutup 7 mnit dmasak lagi. 😁 Mudah, empuk, & hemat gas.. 🤣🤣

Bubur kacang hijau kental simpel

Bubur kacang hijau kental simpel

Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan yang bernutrisi bagi tubuh. selain itu... bubur kacang hijau merupakan sumber protein yang sangat baik, dimana bubur kacang hijau bersifat rendah lemak dan mengandung banyak serat dengan segudang manfaat. Simpel, bergizi, hemat dan no ribet

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Bubur kacang hijau 5.45.5

Bubur kacang hijau 5.45.5

Camilan keluarga yang menyehatkan

Es Bubur kacang ijo

Es Bubur kacang ijo

Makanan untuk keluarga yang sehat..

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Ini kacang hijaunya empuk banget dan kuahnya kental ya , kalau lebih suka yang encer boleh di skip tepung tapiokanya/ tepung maizena juga boleh .tapi kalau suka yang lebih kental boleh ditambah lagi (sesuai selera). #SayangAnak #SiapRamadan

10 porsi
45 menit
Bubur Kacang Ijo #PekanInspirasi

Bubur Kacang Ijo #PekanInspirasi

(29) #BikinRamadanBerkesan Bubur kacang ijo kesukaan suami ku. Doi sampai ketagihan...hihihiii Katanya ini enak banget, manisnya pas, aroma kayu manis dan daun pandannya khas banget. Selain itu bergizi. Wajib dicoba deh...

Bubur kacang ijo & ketan item

Bubur kacang ijo & ketan item

Ini pertama bikin bubur ketan item, biasanya cuma kacang ijo ajah.. hehee tak pikir ribet, ehh ternyata masaknya mudah. Salam masak-masak :-)

Bubur kacang hijau kupas (mpasi 6mo)

Bubur kacang hijau kupas (mpasi 6mo)

Hari ini mkn bubur kacang hijau kupas ya dek..sklian nnti sisa nya di bikin jus kacanghijau utk kakak kakak nya pas pulang sekolah..kudu pinter siasati anak anak yg kurang suka makan makanan berserat ya buntik momtik..biar anak anak tetap sehat dimusim pancariba begini

3porsi
Bubur Kacang Hijau tanpa Santan

Bubur Kacang Hijau tanpa Santan

Bubur kacang hijau makanan murah meriah tapi kaya akan zat gizi baik. Burcang merupakan salah satu panganan wajib di rumah kami dulu. Bahkan Mama pernah berjualan bubur kacang hijau juga saat aku masih SD kelas 1-3. Mama memiliki anak yang termasuk banyak dengan hanya bekerja sebagai PNS lulusan SMA begitu juga dengan Papa. Kami anak-anaknya sedang membutuhkan biaya banyak, terutama untuk pendidikan. Maka dari itu Mama dan Papa berikhtiar berjualan lontong, pecel dan jenis makanan untuk sarapan lainnya seperti bubur sumsum+kacang hijau+ketan hitam+kampiyun di depan rumah saat di kampung dulu. MasyaAllah tabarakallah, selalu laris manis. Saat bulan ramadhan keluarga kami juga berjualan lauk pauk. Dan alhamdulillah selalu habis. Kalau diingat-ingat jadi kangen suasana seperti itu 🤗 Terakhir Mama buatkan aku bubur kacang hijau seperti ini ketika 40 hari awal melahirkan Ara. Memang burcang dipercaya juga menjadi booster ASI. Alhamdulillah sampai sekarang masih rutin makan ini hehe. Bergizi, praktis dan ekonomis 😅. Terimakasih resepnya Ma 😍. Barakallahu fiik 😍 Minggu 2: Biar nyablak, tapi jago masak (13 - 18 Desember) #SemuaTentangIbu #OlahanPalawijaAlaIbu #4thRecipe #SatuResepSatuPohon #PejuangGoldenApron2

Mpasi baby 9+ (bubur daging sapi + jamur)

Mpasi baby 9+ (bubur daging sapi + jamur)

Si bayik endut,doyan mamam.tiap hari harys ganti menu biar gak bosan.😘

2 porsi
Bubur Manado

Bubur Manado

Lagi punya banyak stock ikan kering. Ada dari mertua di Bone (yang dikasih dari Kendari), ada dari tante di Soppeng dan dari kakak di Mamuju. Meskipun kurang suka ikan asin, tapi kalau sama Bubur Manado bisa tambah berkali-kali. Apalagi ada rasa manis dari labu dan krenyes-krenyes dari jagung manis 😁 #WeekendChallenge #berLABUpadamu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Makassar #CookpadCommunity_Wajo #masakanrumahan

Bubur kacang ijo irit gas

Bubur kacang ijo irit gas

Resep : Astri Anjar Cocok nih buat sarapan... bisa di nikmati hangat ataupun pakai es batu nyess

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

20191008_Salah satu kesukaan my boo. Bagi seorang istri adalah suatu kebanggaan bisa memasak makanan kesukaan suami apalagi pas di lidahnya.

Bubur Labu Kuning with Kacang Kapri mpasi 6+ 4 bintang

Bubur Labu Kuning with Kacang Kapri mpasi 6+ 4 bintang

Lgi coba kasih kaldu bwt baby Ashoka... Niatnya mau kasih kaldu jamur,, tp kemarin g dapet pas lg belanja... Y udh ambil yg kaldu sapi. & g prcuma baby Ashoka lahap mamnya.

2 porsi
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Pake bahan seadanya.. minus bubur mutiara

3-4 porsi