Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) yang Menggugah Selera

Dipos pada December 15, 2020

Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) sekitar 2-3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) memakai 10 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hah? Es Campur?? Bukan.. hihi.. ini bukan es campur atau sup buah.. Ini SUP lho.. sup unyu warna pink yang menggoda banget. Di tantangan #HariGiziNasional2019, diminta satu resep yang pakai susu, tapi no kue no minuman. Nah, saya langsung inget sama si cantik ini. Namanya Latvian Cold Beet Soup atau bahasa aslinya Chlodnik (Rusia), artinya Sup Dingin Buah Bit. Sup kok dingin? Hehe.. singkat cerita saya pertama kenalan sm sup ini wkt seminggu pertama saya tinggal di Latvia, negara kecil di Eropa Timur, dekat Rusia. Masakan ini tipikal masakan Eropa Timur yg doyan pakai Buah Bit. Bahan utama lainnya sebetulnya adalah Kefir atau Susu Kambing. Tetapi, tdk seperti sup di Indonesia, sup ini disajikan dingin. Serius lho ini.. karena biasanya Sup ini dimakan pada Musim Panas, jadinya rasanya menyegarkan. Jujur pertama kali juga saya bingung mau makan, sup dingin, warna pink? Gmn rasanyaa? Eh trnyata wkt saya coba, langsung ga lama semangkuk tandas tak bersisa.. πŸ˜‚πŸ˜‚ jadi rasanya bener2 gurih segar gitu.. Gizi dalam sup ini nggak tanggung2. Ada Buah Bit yang terkenal ber zat besi tinggi, ada sayuran, telur dan susu. Penasaran? Yuk dicoba.. Note: resep yg saya tulis adalah resep modifikasi yg sudah saya sesuaikan dg bahan yg mudah dan Murah dicari di sini. Keterangan lbh lanjut ada di cara pembuatan. #latviancoldbeetsoup #olahanbuahbit #sup #latvianfood #russianfood #europeancuisine #coldsoup #healthyfood #cookpadcommunity_surabaya #BerburuCelemekEmas #resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia):

  1. 2 Buah Bit ukuran sedang
  2. 4 Butir Telur Ayam, direbus
  3. 1 Batang Kucai, rajang halus
  4. 1 Buah Timun, potong dadu
  5. 1/2 Biji Jeruk Lemon
  6. 1 Botol Yoghurt (saya pakai Bulgarian Yoghurt)
  7. 1/2 Kotak kecil Susu UHT (saya pakai full cream)
  8. 1 Sachet Mayonnaise (saya pakai Maestro)
  9. secukupnya Garam
  10. secukupnya Merica

Langkah-langkah untuk membuat Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia)

1
Siapkan Bahan bahan.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 1
2
Cuci bersih Buah Bit, kemudian rebus beserta kulitnya selama Β±30 menit. Setelah matang, tiriskan dan biarkan dingin.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 2
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 2
3
Sementara itu, rebus telur. Setelah matang, siram dengan air dingin dan kupas.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 3
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 3
4
Rajang 1 butir telur yang sudah direbus. Sisihkan
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 4
5
Kupas sebagian kulit timun, kemudian rajang Timun dan kucai. Sisihkan.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 5
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 5
6
Setelah Buah Bit dingin, rajang sesuai selera.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 6
7
Mulai siapkan supnya. Pertama siapkan buah bit yang sudah dirajang dalam satu wadah, tuang susu dan yoghurt. Catatan: Resep asli dari Khlodnik menggunakan bahan Kefir atau Susu Kambing yang teksturnya mirip Yoghurt. Di Indonesia bisa didapatkan di supermarket khusus bahan import. Tetapi di sini saya modifikasi dengan bahan yang bisa didapatkan di sekitar kita. Jadi saya menggunakan perpaduan antara Yoghurt dan Susu UHT plain untuk mendapatkan tekstur yang pas.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 7
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 7
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 7
8
Tambahkan mayonnaise. Catatan: Resep asli sup ini menggunakan Sour Cream atau Krim Asam dan 1 sdm Mustard. Lagi2, kedua bahan itu bisa didapatkan di toko bahan import, tapi sekali lagi tidak bs didapatkan dg mudah dan harganya pun lumayan mahal. Di sini saya siasati dengan menggunakan mayonnaise. Bahan dasar Mayonnaise adalah mustard itu sendiri, dan tekstur mayonnaise sangat mirip dengan krim asam. Sehingga mayonnaise sudah cukup untuk menggantikan kedua bahan tersebut.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 8
9
Masukkan rajangan telur, timun dan kucai. Aduk rata.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 9
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 9
10
Tambahkan garam dan merica, koreksi rasa. Kemudian peras jeruk lemon ke dalam sup. Catatan: Karena Susu UHT plain dan Yoghurt yang banyak dijual di sekitar kita rata2 memiliki rasa manis, maka saya sarankan penggunaan air jeruk lemon dan garam yang agak banyak. Saya pakai 1/2 buah jeruk lemon dan 2sdt garam. Ini diperlukan untuk mengimbangi rasanya sehingga akan muncul rasa gurih dan segar.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 10
11
Masukkan sup dalam kulkas selama minimal 1-2 jam agar rasa menyatu. Kemudian sajikan dingin dengan Telur Rebus dan Seledri/ Peterseli. Catatan: Langkah ini sangat penting. Karena semua bahan adalah bahan mentah yang segar dan tidak dimasak bersama (hanya buah bit dan telur yang direbus) maka akan perlu sedikit waktu untuk menyatukan rasanya. Penyimpanan di dalam kulkas akan membantu rasanya menyatu dan penyajian yang tetap dingin sehingga rasanya segar.
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 11
12
Di resep aslinya garnish yang dipakai adalah Daun Dill, tetapi karena di sini tidak banyak ditemui, penggunaan seledri juga bisa dijadikan alternatif. Selamat menikmati.. 😊
Latvian Cold Beet Soup/ Chlodnik (Sup Buah Bit Dingin Latvia) - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sop Buah Segar :)

Sop Buah Segar :)

memakan berbagai jenis buah dalam satu waktu, rada susah memang tapi bisa di atasi dengan resep ini, berawal dari coba-coba maka lahirlah resep ini :)

Soup Buah Ceria

Soup Buah Ceria

Salah satu menΓΊ andalan Ο‘Δ­ waktu kumpul2 keLuarga... :-D

15 orang
30 menit
Sup Buah

Sup Buah

Liburan panjang... Gak sempet masak... πŸ˜† Di email tim cookpad karna lama gak sharing masakan 😊 Baiklah... Saya share today... Menutup tahun yaahh.... Semoga bisa jadi refrensi... 😘

Sop buah Huru hara #alarosa

Sop buah Huru hara #alarosa

Acara makan malam besar nih.... Cuci mulut nya ini

Sup Buah

Sup Buah

Biasakan makan buahΒ²an biar sehat, kali ini dibikin sup buah biar ga bosen😊 Ak gapake gula yaa,mnaisnya cuma dari si krimer ajaπŸ˜πŸ€— buahnya juga bisa disesuaikan sm selera masingΒ² #KapsulAjaib

Sop buah nanas selasih

Sop buah nanas selasih

ramadhan ke 14 menu buka puasa

Sop Buah

Sop Buah

Insyaa Allah selalu buat sendiri di bulan puasa, lebih sehat dan terjamin kebersihannya πŸ˜„ #BikinRamadanBerkesan

+- 10 Gelas
Sup Buah Natadecoco

Sup Buah Natadecoco

Buka puasa pengen minum yg seger2😊. Tp pada kenyataanya Mommy dan Ayahny disisain 1/4 aja, selebihnya Anak Lanang yg menguasai🀣

Sop buah

Sop buah

ceritanya buka puasa ingin makan yang segar tapi sehat dan gampang di buat dengan bahan seadanya di kulkas.. lalu suami buat ini sendiri 😊

Sop buah siang hari

Sop buah siang hari

Pengin yang dingin di siang yang hot ini,d kulkas cma ad jelly sisa kmren nh kbtulan tukang rujak lewat.sekalian dh beli rujak m buahny,,buahny d bkin sop buah ajip kn.

Sup Buah Pelangi

Sup Buah Pelangi

Paling afdol banget masukin menu ini untuk buka puasa πŸ˜‹πŸ˜ Selamat mencoba ya Momm πŸ€—πŸ˜‰β€οΈ #RamadhanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadhanCookpad #NgeksisdiCookpad

Sup Buah Segar ❣️

Sup Buah Segar ❣️

Ceritanya puasa Sunnah berdua bersama suami❣️... Karena dpt kelapa muda dari mama mertua... Dan stok buah jga lagi banyak d kulkas... Akhirnya bikin es buah deh buat d minum saat berbuka puasa πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°

Sop buah naga kelapa muda

Sop buah naga kelapa muda

Ini takjil kemarin, seger buat buka puasa. Rasanya ga manis, tp seger masih terasa air kelapa mudanya, cocok buat anak2. Kl mau lbh manis blh ditambah gula cair atau skmnya ya mom, tergantung selera.

Sop Buah Kuah Santan

Sop Buah Kuah Santan

8 Mei 2019 Alhamdulillah segeeer Sore ini kerepotan masak krn mati lampu jadi ga ada foto step by step Kenapa pakai kuah santan, karena sy ga suka kental manis vanila. Buat yang suka, boleh ditambahkan ya

10 Porsi
Soup Buah Banana Susu Kismis

Soup Buah Banana Susu Kismis

By : Bang_@nto Date : 010518 My ig : @jks.anto Soup Buah Banana Susu Kismis ini mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi, untuk gula bisa skip kalau kalian tidak suka terlalu manis guys. Selamat mencoba, jangan lupa berdoa dan lakukan dengan hati yang ikhlas πŸ˜πŸ‘Œ Salam Baking dan Happy Cooking πŸ˜πŸ™

Sop buah yakult

Sop buah yakult

Sop buah yakult

Sop buah

Sop buah

Sop buah sederhana sehat simple dan ekonomis πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Es sop buah

Es sop buah

Ada penjual gilo gilo terus lihat macemΒ² buah sekalian beli pas dirumah juga masih ada sisa cincau hitam jadinya dibuat sop buah deh

Sop buah sederhana

Sop buah sederhana

Setiap Ramadan tiba pasti menu ini ga bakal ketinggalan. Suami paling suka sama sup buah ini,bahan nya simple,cara bikin nya juga gampang banget.

2 porsi
15 menit