Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Ayam Nyemplung yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 2, 2019

Bubur Ayam Nyemplung

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur Ayam Nyemplung yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur Ayam Nyemplung yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Ayam Nyemplung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Ayam Nyemplung sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Nyemplung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Nyemplung memakai 28 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ada yg pernah makan bubur ayam kampung nyemplung? Seharusnya sih menggunakan ayam kampung, tapi sy gunakan ayam broiler. Ayam suwir sudah di masukkan ke dalam buburnya, jadi tidak perlu taburan suwiran ayam lagi. Diberi taburan cakwe, kremesan, kerupuk, bawang goreng, kacang kedelai, irisan daun bawang. Enak dan gurih.. 09.09.18

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Nyemplung:

  1. 1/4 ekor ayam bagian dada, bersihkan dgn jeruk nipis dan garam,
  2. 1 ltr air tambahkan bila kurang pada saat memasak bubur
  3. 35 ml santan kara, sekitar 4 sdm
  4. 1 cup beras yg remuk atau bs menggunakan nasi yg dihancurkan
  5. 1 ruas jahe iris
  6. 1 batang sereh
  7. 2 lbr salam
  8. 1/2 sdt merica bubuk
  9. Secukupnya garam
  10. Bumbu ayam, haluskan :
  11. Secukupnya garam
  12. 1 sdt merica
  13. 3 siung bawang putih
  14. Pelengkap :
  15. Secukupnya irisan cakwe
  16. Secukupnya bawang goreng
  17. Secukupnya irisan daun bawang
  18. Secukupnya kerupuk dan emping
  19. Bahan sambal :
  20. 15 cabe merah
  21. 5 cabe rawit
  22. 6 siung bawang putih
  23. Secukupnya garam
  24. Bahan kremesan :
  25. 2 sdm terigu
  26. 1 sdt tepung beras
  27. Secukupnya air
  28. Secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Nyemplung

1
Rebus ayam dgn air, salam, sereh dan jahe hingga mendidih, bila telah mendidih kecilkan api. Masak hingga keluar kaldunya, buang busa2nya.
2
Angkat ayam, biarkan kaldunya untuk masak bubur. Suwir suwir ayam, tambahkan garam, bawang putih bubuk dan merica. Campur rata. Sangrai ayam sebentar, cukup ayam tdk basah saja. Sisihkan.
3
Masukkan beras/nasi kedalam air kaldu ayam tadi, masak hingga padat kental menjadi bubur. Tambahkan air bila belum menjadi bubur.
4
Masukkan santan, ayam suwir, merica bubuk dan garam. Masak kembali dgn api kecil hingga mengental pekat, hati berkerak, hrs sering di aduk. Koreksi rasa. Siap disajikan panas dengan pelengkapnya, irisan cakwe, sambal, kremesan, bawang goreng, irisan daun bawang, kerupuk dan emping.
5
Sambal : haluskan cabe dan bawang putih. Kemudian goreng, masukkan garam dan gula. Tambahkan air biar agak sedikit encer.
6
Kremesan : Campur tepung, garam dan air, adonannya encer ya. Goreng. Bentuknya berbutir butir kecil seperti beras, bila belum berbutir tambahkan air lagi.
7
Note : Bila bubur menggunakan beras, rendam beras semalaman. Atau bila ingin lebih cepat bisa juga menggunakan nasi yg dihaluskan.
8
Note : Bubur tawan : Tumis jahe, lengkuas, salam, daun bawang dan batang seledri. Bila wangi masukkan tulang ayam. Kemudian tambahkan air. Masak 30 menit sd 1jam agar menjadi kaldu, buang busa yg mengapung, ambil/saring semua bumbu yg di dlm kaldu. Masukkan nasi. Bila menjadi bubur agak encer, masukkan potongan ayam dan udang. Masak hingga ayam dan udang matang dan bubur kental. Tambahkan garam dan merica
9
Perbandingan beras dan nasi 1 : 10. Kalau dr nasi 1: 5.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur manado wangi

Bubur manado wangi

lagi buatin bumil yg lagi ngidam..

Bubur oatmeal sederhana

Bubur oatmeal sederhana

Lagi mencoba berhenti makan nasi putih. Kenapa baru sekarang nyoba bikin ini padahal enak😭

πŸ’ Bubur sederhana

πŸ’ Bubur sederhana

Asalamualaikum

πŸ’ 5 porsi
πŸ’ 30 mnt
Bubur Krikil Ubi Ungu

Bubur Krikil Ubi Ungu

#PejuangGoldenApron2,Semangaaat...Semangaaat...Semangaaat,, #Ubikankreasimu #semarak_ubikankreasimu #cookpadcommunity_bekasi #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove

6-8 Orang
60 menit
Bubur madura

Bubur madura

#cookpadcommunity_surabaya #3weekschallenge sebenernya gk da niatan buat ikut challenge di cookpad...krn yg lain pada keren2...sy mah niat nya nyimpen resep buat diri sendiri...soanya suka lupa...sekalian aja di hastag buat ikut ngramein cookpad...berikut kisah resep ini. Ketika masih kecil suka banget kl beli bubur yg jual nenek2 di angkat pke kepala berkeliling (orang madura)....buburnya enak satu paket isinya mcm2...manisnya itu jg beda...kl sekarang harus beli nyari2 susah...ada yg jual mangkal dipinggir jalan...gk enak rasae...apalagi yg skrg di kemas pke gelas plastik...aduuuh jauh banget gk enak nya...sambil berangan2 dan sering bikin (krn sy bukan orang madura tp hobi mask, itu yg bikin memacu otak buat pasang logika)...msk itu butuh kesenangan...dan pengalaman...bisa sj pnglmn sekali gagal kl sdh menyerah bisa selamnya gk bisa...asal senang...coba lagi dan lagi...khirnyapun berhasil.

Bubur santan

Bubur santan

Waktu di foto πŸ‘†, posisi bubur masih di atas kompor (masih dalam proses memasak) eh, pas buburnya sudah masak dan baru saya taruh di atas meja makan (ditinggal sebentar untuk ambil hp buat foto) pas balik lagi untuk foto ternyata buburnya sudah habis di makan suami dan anak-anak sampai saya sendiri tidak kebagian...πŸ€—β˜Ί

Bubur Ayam Lembut (MP-ASI 7month)

Bubur Ayam Lembut (MP-ASI 7month)

Tiap anak memang berbeda selera,,Mirza_ku suka bgt makanan buatan mamanya ini drpda beli bubur instan yg rasanya cenderung manis.

1 porsi
Bubur ayam kuah teriyaki yummy πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ #KamisManis

Bubur ayam kuah teriyaki yummy πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ #KamisManis

Cerita bosen makan nasi, yasudah lah kepikiran bikin buryam dari nasi tadi pagi😚😚😚 Pgn kuah beda, karena suka saos teriyaki digabungin lah ternyata yummyπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ Skrg jadi ngantuk dehπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Bubur tumis ayam + wortel

Bubur tumis ayam + wortel

3 porsi
30 menit
Tinutuan/Bubur Manado

Tinutuan/Bubur Manado

Ini buburnya teman2 bisa simpan di kulkas ya,nanti kalau mau makan lagi bisa ambil lagi dan buat seperti yg ada di resep 😁 (buburnya bisa tahan 3 hari dlm kulkas)

Sate dan sambel utk bubur ayam ala nita nitz

Sate dan sambel utk bubur ayam ala nita nitz

Sate na tanpa ditusuk y.. alna g punya tusukan na jg..😁 Cerita na lihat cabe byk bgt (sering dikasih mertua) dan kangen sm sate jeroan buat bubur ayam.. kebanyakan sate buat bubur ayam mah kan g pedes y.. diungkep bumbu kuning trus digoreng.. kalo bubur ayam dagangan aq dulu sate na pedes.. malah sate na yg sering abis duluan diserbu ibu2.. kata na buat lauk.. ada jg yg beli sm sambel na jg.. siap2 ngabisin nasi y.. alna sate sm sambel na cucok bgtπŸ˜† Tp sayang na ini aq masak dikit y.. karna d tukang sayur cm ada ampela ati 3 pasang doang.. 😭 usus jg g ada padahal usus dimasak ky gini endeuus bgt.. tp direbus dulu y.. utk resep bubur ayam kapan2 y nyusul kalo lg pengen bikin😁😁

Bubur nasi ayam anak 2 tahun solusi makanan anak saat diare

Bubur nasi ayam anak 2 tahun solusi makanan anak saat diare

Saat anak diare, bunda jdi gelisah mau memberi makanan apa pada anak , berikut tips untuk memberi makanan anak saat diare : Wortel Kentang Hati ayam Yogurt Bubur nasi/bubur Makanan diatas bisa membantu mempermudah dan mempercepat penyembuhan saat anak diare ya bun, karena saat anak diare berikanlah makanan yang mudah di cerna dan tidak membebani saluran pencernaan.

2 porsi
Mpasi bubur tim bayi beras merah,ayam kampung dan sayuran bikin bayi doyan makan

Mpasi bubur tim bayi beras merah,ayam kampung dan sayuran bikin bayi doyan makan

Dulu waktu anak pertama sering beli makanan bayi yg dijual di ig babybar rasanya enak,gurih,dan wangi banget.tapi utk anak kedua ini rasanya harganya kok lumayan mahong yak.akhirnya bikin sendiri aja sekarang dan berusaha utk menyamai yg dijual babybar tp akhirnya rasanya,bentuknya,wanginya dan gurihnya mirip2lah.hehee...

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Bubur ayamnya pakai bawang goreng agak banyakan, ngikutin bubur ayam langganan...enak deh...wangi dan kriuk...

Bubur Singkawang ala Aku

Bubur Singkawang ala Aku

Kalo pagi2 makan hangat2 apalagi cuaca dingin kan cocoknya yang hangat2. Apalagi Kalo bukan bubur ya moms.. Anak aku juga suka banget ni Bubur ala2 daerah Kalimantan ini. Biar gizi dan sayuran masih terpenuhi, saya lengkapi isi buburnya.

3 porsi
Bubur Masin khas Gresik

Bubur Masin khas Gresik

Request pak suami yg kangen masakan gresik