Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Candil Ubi Ungu yang Enak Banget

Dipos pada October 14, 2018

Bubur Candil Ubi Ungu

Bagaimana membuat Bubur Candil Ubi Ungu yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur Candil Ubi Ungu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Candil Ubi Ungu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Candil Ubi Ungu sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Candil Ubi Ungu yaitu 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Bubur Candil Ubi Ungu diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil Ubi Ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil Ubi Ungu memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih ada stok ubi ungu di dapur.. Nyari nyari resep kepngen nyobain bubur candil ala mbk Ery S Yuniar cuma ada yg saya modifikasi sedikit trutama untuk bahan kuah gula pasirnya saya padukan antara gula jawa dan gula pasir dan juga takarannya.. Rasanya kenyal-kenyal.. Sekali makan.. Untuk saya, suami dan si sulung.. Langsung habis.. Heee

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil Ubi Ungu:

  1. Adonan bola
  2. 200 gr ubi ungu kukus (kupas dan haluskan)
  3. 100 gr tepung sagu
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. 70 cc air matang (kurang lebih) untuk menguleni adonan
  7. Adonan kuah
  8. 700 cc air (kurang lebih)
  9. 110 gr gula jawa
  10. 2 sdm gula pasir
  11. 5 sdm tepung sagu + 5 sdm air (untuk larutan)
  12. Saus santan
  13. 300 cc santan agak kental
  14. 1 ikat daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil Ubi Ungu

1
Adonan bola Campur ubi kukus yang sudah di haluskan dengan tepung sagu, gula, garam dan air (sedikit dulu) sampai bisa di pulung bulat-bulat
Bubur Candil Ubi Ungu - Step 1
2
Bahan kuah Didihkan air, gula jawa dan gula pasir sampai larut. Tes rasa ya manis kurangnya disesuaikan dengan selera masing-masing. Kemudian saring. Setelah itu didihkan kembali dan masukan pulungan adonan tunggu sampai bola-bola mengapung.
3
Setelah dirasa sudah matang semua maka bisa dimasukan larutan sagu untuk pengental. Aduk-aduk sampai menjadi kental dan matikan kompor.
4
Bahan saus santan Didihkan santan dan daun pandan dan tambahkan garam. Tes rasa. Jika sudah mendidih angkat.
Bubur Candil Ubi Ungu - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jenang Candil

Jenang Candil

Kangen dengan jenang yg sangat populer jaman masih kecil dulu.. Akhirnya coba buat sendiri

6. Bubur Candil Deva

6. Bubur Candil Deva

Dulu sering bgt dbikin'n Ibu Bubur Candil, skrng da ikut Pak Su apapun hrs bikin sendiri.. Jadi kangen semua masakan Ibu Q trCinta #Tantanganakhirtahun #Masakditahunbaru #Cookpadcommunity_Ngawi #Cookpadcommunity_Surabaya #Cookpadcommunity #Cookpad_paders #Komunitaspaders #ByNozanovDeva #MommyDevaBaking #Olahantepungketan #BuburHomemade #Buburseries #BuburCandilDeva

3 porsi
Biji Salak (Bubur Candil Ubi Orens)

Biji Salak (Bubur Candil Ubi Orens)

Bubur candil biji salak manis untuk kamu yang manis ^^

Bubur sumsum cendil ubi lembu

Bubur sumsum cendil ubi lembu

Iseng, nyobain bikin dan lumayan enak juga haha ..

Bubur candil

Bubur candil

Gara-gara tugas kelompok temen buat bubur ini. Eh, jadinya pengin buat dan ngerasaain. Kalau kelompokku sih kedapetan bubur ketan hitam. Mon maap soalnya saya masih pemula dalam menulis resep. hehe. Semoga setiap instruksi dapat dimengerti.

Bubur Candil Ubi Cilembu

Bubur Candil Ubi Cilembu

Ubi Cilembu emang paling enak dijadikan cemilan. Termasuk dipanggang doang, madunya keluar dan aromanya khas. Nah, karena udah sering bikin yang panggang, aku bikin jadi bubur Candil/biji salak. Tekstur nya kenyal, empuk dan manis ubinya berasa. Source : Fitri Sasmaya #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Tangerang #Zahara

Cendil ubi kuning

Cendil ubi kuning

Masakan praktis

Kolak Candil Mutiara

Kolak Candil Mutiara

Sepertinya menggiurkan sekilas saat dilihat sambil membayangkan sensasi kenyal-kenyal dari candilnya. Selain menggiurkan saya juga penasaran dengan cara memasak sagu mutiara yang tidak seperti biasanya. Setelah dicoba ternyata sukses, cara memasak sagu mutiara dengan metode ini. 😁😁 Ini metode masak sagu mutiara yang hemat bahan bakar. Bunda Ela makasih ya resepnya 😊 #WanilahMeolahBeasa #cookpadcommunity_kualakapuas

4 porsi
30 menit
Bubur candil (cane)

Bubur candil (cane)

Berhubung masih dalam bulan Ramadhan jadi ciri khas yang ga boleh ketinggalan buat berbuka puasa yaitu bubur dari tepung ketan ini. Kalo sebutan nya di daerah sumbar / padang bubur candil sama dengan bubur cane. πŸ˜€ Selamat mencoba buibu πŸ˜„

8 porsi
45 menit
Kolak Candil

Kolak Candil

Cocok buat buka puasa

6 porsi
45 menit
Candil Ubi / Biji Salak

Candil Ubi / Biji Salak

Percobaan pertama buat candil, next time mau coba ubi dikurangin krn rasanya ubi banget dan teksturnya lembut ubi, tidak kenyal. belum sesuai keinginan..

2-3 porsi
Jenang Grendul Tepung Ketan&Tepung Beras

Jenang Grendul Tepung Ketan&Tepung Beras

Kemarin Nyobain Bikin Biji Salak Dari Ubi Jalar Tekstur nya pulen, skrng Nyobain yg kenyil2 empuk gitu...

Bubur Sumsum Candil Ubi Ungu

Bubur Sumsum Candil Ubi Ungu

Siapa yang suka bubur Sumsum Candil? Saya dan keluarga suka banget sama bubur sumsum candil, nah pas lagi buka instagram liat postingan di salah satu akun memasak, bubur sumsum candil ungu ini, kebetulan punya stock ubi ungu jadi langsung coba esekusi resepnya, selain warnanya yang cantik rasanya juga enaaak banget, cocok banget buat takjil buka puasa, yang mau cobian monggo.