Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Kolak Pisang Ubi yang Enak Banget

Dipos pada April 24, 2021

Kolak Pisang Ubi

Anda sedang mencari inspirasi resep Kolak Pisang Ubi yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Kolak Pisang Ubi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Kolak Pisang Ubi, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak Pisang Ubi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Pisang Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Pisang Ubi memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Untuk takjil buka puasa saya bikin kolak pisang ubi. Ini enak... πŸ˜πŸ˜‹ Daripada beli mending bikin sendiri kolak pisangnya, hasilnya banyak jadi puas makan kolak pisangnya πŸ˜πŸ˜€ Semoga bisa menjadi inspirasi bunda bikin takjil buat buka puasa #bikinramadanberkesan #cookpadcommunity_bandung #resepkimdonghwa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Pisang Ubi:

  1. 1 kg pisang nangka, potong sesuai selera
  2. 500 gr ubi, potong kotak kecil (saya pakai ubi warna orange)
  3. 500 gr kolang kaling, potong iris memanjang
  4. 3 lbr daun pandan
  5. 400 gr gula merah kawung
  6. Sejumput garam
  7. 1500 ml air
  8. 🌸untuk santannya:
  9. 200 ml santan (dari 250 gr kelapa parut)
  10. 1 lbr daun pandan, ikat simpul
  11. 1 sdm maizena, Larutkan dengan sedikit air
  12. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Pisang Ubi

1
Didihkan air, masukan gula merah kawung, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih gula merahnya larut. Matikan kompor dan saring (biasanya suka ada kotornya dari gula merah)
2
Didihkan kembali air gula merah beserta daun pandannya. Masukan ubi dan pisang, setelah mendidih kembali masukan kolang kalingnya. Masak hinggga ubi dan pisang empuk.
3
Untuk santannya: masak santan, garam dan daun pandan dengan api kecil sambil di aduk-aduk terus (supaya tidak pecah santannya), masak hingga mendidih. Setelah mendidih masukan larutan maizena dan masak sambil terus di aduk-aduk hingga mendidih lagi santan agak kental.
4
Tuang kolak pisang dalam mangkok lalu siram dengan santan. Siap untuk takjil buka puasa πŸ˜‹
Kolak Pisang Ubi - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ice kolak manis dengan vla santan

Ice kolak manis dengan vla santan

Ide masakan dari kolak palu butung masakan khas bugis.. sy coba kreasikan ternyata enak.. agak mirip2 pisang ijo gtu tpi pisangnya gk dibalut.. ayo dicoba. Simple banget kok buat hidangan berbuka puasa atau teman ngobrol di hari libur..

3 porsi
Kolak waluh/ labu kuning

Kolak waluh/ labu kuning

Siang2 pengen ngemil kolak bund.... mumpung si kecil masih bobog

30 menit
Kolak pacarcina super praktis

Kolak pacarcina super praktis

Kolak pada bulan puasa kayanya menu wajib minimal kita buat sekali dalam sebulan, naahh tapi kadang kita lagi ngerasa malesss Banget kan bikinnya apalagi buat ibu2 muda kaya aku hehe nahh ini dia kolak yang super cepat dan praktis buat kalian yang mau bikin kolak tapi ga mau repot, cuusss disimak buibuu..#bikinramadanberkesan

Kolak Ubi Ungu

Kolak Ubi Ungu

Lagi pengin yang seger2 dan manis, dan kepikir masih punya ubi ungu sisa minggu kemarin yang setengah digoreng. akhirnya buat cemilan kolak ubi ungu sekalian buat baby boy ku... ade fendi. segeeeer bangeeeet...dengan kuah kolak yang berwarna ungu agak ping setelah dicampur santan. Yummmy biiingiiit dech.

Kolak ungu

Kolak ungu

Ceritanya dlm rangka menyelamatkan pisang yg udh mateng bgt n ubi ungu bawaan suami 😘...bahan2 jg seadanya πŸ˜€

3-4 porsi
10 menit
Kolak ubi

Kolak ubi

Hujan.. dingin.. pengen cemilan yang gampil tapi langsung kenyang gitu ya, edisi males masak hehe cemilan berat yg satu ini favoritenya little boss bgt, pokoknya hepi dia kalo dikasih kolak ubi.

Kolak kacang hijau#takjil buka puasa#

Kolak kacang hijau#takjil buka puasa#

Takjil buka puasa kesukaan suami...kolak kacang hijau yg byk kuahnya.....

5-6 porsi
30 menit
Kolak Pisang

Kolak Pisang

Resep mama

Kolak labu parang dan pisang

Kolak labu parang dan pisang

Sebentar lagi bulan Ramadhan. Kok sudah kepingin kolak ya? Berhubung belum ada yang menjual, dan kemarin belanja ada labu parang setengah dengan ukuran kecil harganya hanya 4 ribu rupiah. Dari rumah dibawakan pisang kepok oleh Ama. Dibrankas bumbu ada santan instan. Lihat depan kamar kost ada tanaman pandan. Jadilah, bak pucuk dicinta ulampun tiba.

4 orang
Kolak pisang mahal πŸ˜‚

Kolak pisang mahal πŸ˜‚

Kenapa saya bilang mahal? Karna saya mesen dari temen yang khusus jualan bahan bahan dari indonesia kebelanda dan sesisir harganya €25 sekitar sama dengan Rp.400.000 an kalo dirupiahin πŸ˜‚ harganya gila ya? Emang gila! Tapi karna saya pingiiinn bangett jadi gak apa apa deh sekali kali aja karna udah hampir 4thn gak makan pisang kepok. Alhamdulillah nikmatnya luar biasa 😍😍😍

Kolak ubi dan pisang

Kolak ubi dan pisang

Kangen sama suasana Ramadhan,kebetulan suami lagi berpuasa,jadi siapkan kolak simple saja buat berbuka

5 porsi
40 menit
Kolak mangga praktis

Kolak mangga praktis

Lagi bnyak mangga gadung, dr teman. Bosen dg diolah gitu2 aja. Mulai berexperimen.

Kolak buton

Kolak buton

Kolak ini rasa,y mirip sm es pisang ijo,dulu waktu tinggal di kaltim sering beli trus jd suka,ternyata buat,y jg gampangπŸ‘

Kolak pisang & labu parang

Kolak pisang & labu parang

Puasa hari ke2...

Kolak pisang

Kolak pisang

Source. Almer_dzaky28

Kolak Ubi Jalar

Kolak Ubi Jalar

Suami request kolak ubi. Lagi hujan. Enaknya stok makanan yg banyak .