Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan yang Bikin Ngiler

Dipos pada April 18, 2021

Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan

Hari ini saya akan berbagi resep Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan memakai 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini sudah dimasak keluarga saya selama bertahun-tahun. Resepnya berasal dari majalah Kartini tahun 80an. Kalau ditanya tetangga ini apa, ibu saya cuma bilang ini kolak tanpa santan. Rasanya manis ada gurihnya, tetapi lebih ringan dari kolak pada umumnya. Ini porsi untuk keluarga besar, 6-8 orang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan:

  1. 8 buah pisang kepok matang
  2. 800 g ubi merah (saya ubi kuning, yg tersedia di warung)
  3. 250 g kolang-kaling (saya tidak pakai)
  4. 150 g gula pasir
  5. 5 sdm krimer (larutkan dengan air panas secukupnya)
  6. 1,5 L air
  7. 2 lembar daun pandan
  8. 2 sdm mentega tawar (saya margarin)

Langkah-langkah untuk membuat Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan

1
Cuci ubi, kupas, rendam air agar tidak hitam. Potong ubi dan pisang dg ketebalan seruas jari. Didihkan air, masukkan semua bahan kecuali larutan krimer & mentega. Masak hingga ubi matang dg api sedang.
Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan - Step 1
2
Saat ubi matang masukkan larutan krimer dan mentega. Cicipi dan koreksi rasa. Matikan api.
Setup Pisang Spesial (Alternatif kolak saat tidak ada santan & gula merah) #BikinRamadanBerkesan - Step 2
3
Catatan: sebaiknya menggunakan ubi yg warnanya kontras dengan warna pisang, agar lebih cantik. Kolang-kaling menambah variasi tekstur, kali ini lupa pakai.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak ubi dwiwarna

Kolak ubi dwiwarna

Di rumah lagi ada stok ubi dikasih mertua (ungu) & hasil tanam isengnya suami... Kebetulan amy & ammar request minta dibuatin kolak, langsung deh eksekusi... Sebelumnya prnh bikin kolak ubi ungu tp gagal krn warna kuahnya mengerikan kayak tinta cumi2 πŸ˜‚ sedikit trauma, tp akhirnya saya beranikan diri utk eksekusi ulang...

Day11.Kolak Batiek (Labu)#kamisMANIS

Day11.Kolak Batiek (Labu)#kamisMANIS

Berhubung temanya takjil manis khas daerah masing2, so saya bikin kolak Batiek (labu) aja. Dulu di tempat saya banyak yang punya tanaman labu, karena labu tumbuhnya gampang. Sehingga pas ramadhan ini menjadi salah satu menu takjil yang murah meriah, dengan kelapa yang kadang juga ga usah beli kalau disana. Kolak batik ini mengingatkanku pada kampung, dan semoga bisa #bikinramadanberkesan

Kolak ubi ungu

Kolak ubi ungu

Wrrna ubi nya ungu.tpi stlh diliat.berubah ..tpi rsanya wenak.

Kolak ubi cendil

Kolak ubi cendil

Kolak ubi

Kolak labu

Kolak labu

Menu buka puasa simple ga pake ribed πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ #BikinRamadhanBerkesan

Kolak Tape Hijau

Kolak Tape Hijau

Behubung ak kurang suka pake vanili , jd ak g pake yaa .. Untuk yg biasa pake vanili , bisa bgt ditambahin

Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Bosan kolak pisang bikin kolak labu kuning ajah...

Kolak pisang kepok+kulang kaling #BikinRamadanBerkesan

Kolak pisang kepok+kulang kaling #BikinRamadanBerkesan

Dimakan selagi hangat enak, di tambah es makin seger ☺

Kolak Pisang Labu Susu #KamisManis

Kolak Pisang Labu Susu #KamisManis

#BikinRamadanBerkesan kali ini temanya Menu takjil hangat & manis - Kolak dong jawabannya.. Yang selalu dinanti di bulan puasa.. Padahal kalo ga puasa bisa juga sih bikin.. Tapi kok rasanya lebih nikmat pas bulan puasa ya. Hehe.. Kali ini saya pakai susu kental manis dan sedikit santan. Juga saya tambah beberapa butir cengkeh biar hangat di tenggorokan karna pak suami yang lagi kurang enak badan..

Kolak labu dan kolang kaling

Kolak labu dan kolang kaling

#bikinramadanberkesan

#day 1, Kolak pisang kolang kaling tanpa santan

#day 1, Kolak pisang kolang kaling tanpa santan

hihi.. bikinnya padahal g sepanjang judulnya. justru ini takjil tersimple kami di ramadhan pertama td. tp seger bgt... apalagi pake es.. #bikinramadanberkesan #2

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Buat buka puasa..... SegeeerrrπŸ˜‹ Alhamdulillah, selesai puasa syawalnya.... 😍😍😍😍. Semoga masih dipertemukan puasa syawal tahun depan... Amin.

Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Cek di kulkas ternyata ada 1/2 labu dibuat apa ya? Alhasil jadi deh kolak

Kolak Pisang Sederhana

Kolak Pisang Sederhana

Kolak pisang sederhana, yg jadi favorit keluarga.. Cocok untuk menu buka puasa. 😊

30 menit
Kolak Ubi Milo

Kolak Ubi Milo

Milo tidak pernah gagal dalam soal rasa