Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 30, 2018

Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan sekitar 25 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan:

  1. Bubur kacang hijau :
  2. 1 kg kacang hijau, cuci bersih & rendam min. 2 jam
  3. 400 gr gula pasir
  4. 250 gr gula merah,larutkan dengan sedikit air, saring
  5. 1 siung besar jahe, kupas & memarkan
  6. 2 batang serai, memarkan
  7. 1 ikat daun pandan
  8. 2 sdm garam
  9. Bubur Ketan Hitam :
  10. 500 gr beras ketan hitam, cuci bersih,rendam min. 6 jam
  11. 1 ikat daun pandan
  12. 200 gr gula pasir
  13. 100 gr gula jawa,larutkan dengan sedikit air, saring
  14. 1 sdt garam
  15. Kuah Santan :
  16. 1 liter santan agak kental
  17. 5 sdm tepung maizena,larutkan dengan sedikit air
  18. 2 sdt garam
  19. 1 ikat daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan

1
Rebus kacang hijau & rempah-rempah dalam 2 liter air hingga empuk.
2
Setelah empuk, tambahkan gula & garam. Masak hingga tercampur rata. Sisihkan.
3
Rebus beras ketan hitam beserta air rendamannya. Tambahkan daun pandan. Aduk sesekali. Masak hingga beras ketan mengembang & empuk.
Bubur kacang hijau dan ketan hitam siram santan - Step 3
4
Setelah beras ketan empuk, tambahkan gula & garam. Aduk hingga tercampur rata.
5
Campur jadi satu santan, pandan & garam. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Kecilkan api, kentalkan santan dengan larutan maizena.
6
Bubur siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo 3bahan

Bubur Kacang Ijo 3bahan

Bubur ne sederhana banget. Cukup 3 bahan aja sudah bisa dapat bubur kacang ijo yg nikmat. Lebih nikmat lagi kalo masukin di kulkas πŸ˜‰ #ruiπŸ’•

2jam
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Belajar memberikan kebahagiaan yang sederhana untuk suami tercinta yang sangat menyukai bubur kacang ijo Hahhaaaa

Bubur kacang Hijau sederhana

Bubur kacang Hijau sederhana

Hujan hujan enak makan bubur bun☺☺

4-5 porsi
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Pertama rebus buburnya di mejikom gk pake di rendem hasilnya jadi sedikit karna gk megar πŸ˜πŸ€”seharusnya di rendem semalaman 😁 ini efek udah kepengen bangetss

Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam

Resepnya dari Alm.Mamah,dulu suka banget klo sy di bikinin bubur ini..sekarang sy bikin sendiri buat anak-anak #AnekaBubur

Bubur MPASI 4*

Bubur MPASI 4*

Gara-gara GTM jadi mencoba ganti prohe, biasanya ayam, mencoba pakai ati, alhamdulillah anaknya doyan. 😍😍 #mpasi

Bubur Kacang Hijau Galway

Bubur Kacang Hijau Galway

Bubur Kacang hijau ini saya namakan "Bubur kacang hijau Galway" karena Saya membuatnya di Galway,, hehe..Galway adalah salah satu kota disebuah negara di irlandia ,, ehhh kota atau kampung yaaa..hihihi... sebuah daerah lah yaa di negara irlandia barat... Jadi ceritanya seperti ini, kacang hijau sebenarnya sudah saya diamkan selama 17 jam kurang lebih, nah setelah 17 jam itu saya melihat kacang hijaunya sudah mengembang sekali dan waktunya untuk dimasak menjadi buburr kacang hijau.. Akhirnya saya menyempatkan diri untuk membuat bubur kacang hijau ini. dan kebetulan ada orang indonesia yang tinggal di waterford datang ke rumah Bu Yeni yang merupakan orang indonesia juga di galway ini, namun rumahnya berdekatan dengan flat saya ini. Nah tadinya bingung antara mau buat pastel atau kacang hijau , akhirnya saya membuat kacang hjau dan membuat isi pastel juga..heheh.. jadi nyambi gitu,,hihihi... karena membuat pastel agak lama, jadi saya mengutamakan memasak kacang hijau ini..hehhe... Sekalian juga sih sebenernya pengen memberikan sesuatu ke bu yeni dan mampir ke rumahnya...karena baru ketemu lagi di rumahnya itu setelah beliau dan keluarga pergi ke Turki..hihihi... Alhamdulillah jadi juga deh nih bubur kacang hijau..hehhe... Belum saya coba sudah langsung saja saya pindahkan ke dalam suatu mangkuk dan saya bawa ke rumah bu yeni,,kebetulan mba intan nya ada di rumah bu yeni..hehhe.. Katanya sih enak, tapi saya belum coba karena dirumah masih banyak..hihihi... Setelah sampai rumah saya mencoba ,, dan ternyata enak sekali ini bubur kacang hijau.. Ini ketiga kali nya saya membuat bubur kacang hijau tapi yang sebelumnya saya tidak menggunakan santan ,,hehehe.... dan yang pertama kali saya buat tidak jadi bubur masih agak keras..hahha... Setelah saya tahu dari teman katanya kacang hijau itu harus didiamkan semalaman agar lebih mudah kacang nya itu pecah saat di rebus..hehhe... Akhirnya yang sekarang inilah saya coba prosesnya ..hihihi... Alhamdulillah berhasil jadi bubur kacang hijau...:-) yuk kita lanjut saja , bagaimana sih cara membuat bubur kacang hijau ini , mungkin untuk para pemula juga yang baru belajar masak ,, hehehe... karena saya juga pemula loh ...hehhe...

Bubur nasi santan

Bubur nasi santan

Makan bubur dengan rasa sayur lodeh...?? Enak looh πŸ˜‹πŸ˜Š Ingat masa kecil, kalo lagi sakit, emak bikinin bubur beginian, kalo versi emak sih polosan, gak pake sayur, lauknya juga cuma telur rebus, karna ini buat sarapan, jadi saya tambahin aneka sayur, biar seratnya dapat.

2-3 porsi
Β± 30 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Maaf ya tampilannya kurang menarik... gk sengaja fhotonya... soalnya si baby udh buru2 mnta dsuapin.. hihihi

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Udah lama ga makan bubur kacang ijo, jd malam2 buat deh bubur kacang ijonya karna pengen bangeet, biasanya sih pke gula merah tp x ini sy pke campuran susu bubuk dancaw πŸ˜„πŸ˜…

Bubur kacang ijo tanpa santan

Bubur kacang ijo tanpa santan

Pembuatannya paling simple dan ga bikin eneg. Hanya dari bahan kacang ijo dan gula jawa serta daun pandan.

Bubur kacang hijau santan kental

Bubur kacang hijau santan kental

Hujan" begini enaknya makan yg anget", kebetulan masih ad stok kacang hijau nih..

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Badan lagi gak karuan, hidung meler, batuknya gak tertahankan sampai nangis-nangis πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯ Yudhlah di kulkas ada stock kacang ijo, langsung tadi malam rendem spy pagi langsung direbus.

5 porsi
45 menit
Bubur Kacang Ijo Rasa Duren

Bubur Kacang Ijo Rasa Duren

Oh iya tips memasak kacang ijo sebaiknya direndam dulu 1 jam, lalu dimasak agar tidak terlalu lama mengembangnya... 😊

4 porsi
30 menit
Bubur manado dari nasi sisa

Bubur manado dari nasi sisa

Sisa nasi,sayang kalo dibuang,diolah nasgor udah bosenπŸ˜… jadi diblender aja jadi bubur πŸ˜