Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Ketan Hitam yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 22, 2018

Bubur Ketan Hitam

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Ketan Hitam yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Bubur Ketan Hitam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Ketan Hitam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Ketan Hitam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Ketan Hitam kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Bubur Ketan Hitam diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ketan Hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ketan Hitam memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sudah lama tidak pernah lagi makan bubur ketan hitam, jadi suatu pagi terpikirlah untuk membuatnya. Jadi tanpa pakai rendam2 ketan nya semalaman dulu, langsung saja memasak😉 Kalau para bunda ingin memasak lebih banyak porsinya memang ada baiknya ketannya direndam dulu semalam.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ketan Hitam:

  1. 2 genggam ketan hitam
  2. 2 genggam kacang hijau (optional)
  3. secukupnya Gula
  4. Air secukupnya untuk merebus
  5. Bahan saus:
  6. Santan kental
  7. Garam
  8. Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ketan Hitam

1
Cuci ketan dan kacang hijau. Lalu rebus air dan masukan ketan dan kacang hijau. Masak sampai lunak dan meletup2. Sesekali diaduk aduk.Bila saat memasak air sudah berkurang tapi ketan belum lunak, tambahkan lagi air matang. Demikian seterusnya sampai ketan dan kacang hijau menjadi lunak.
2
Jangan lupa tambahkan gula kedalam rebusan ketan saat mengaduk aduk. Cek rasa.
3
Sementara merebus ketan, panaskan santan kental dipanci terpisah. Tambahkan garam dan daun pandan. Aduk terus agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api dan sisihkan.
4
Hidangkan bubur ketan hitam bersama saus santan.
Bubur Ketan Hitam - Step 4
5
Selamat menikmati.
Bubur Ketan Hitam - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang hijau

Bubur Kacang hijau

Waktu nya semarak bersama clover, setelah beberapa minggu bolos akhirnya bisa ikutan lagi kali ini dengan tema olahan kacang hijau... #cangjo #semarak_cangjo #cookpadcommunity_palembang #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Setiap panen kacang ijo mamak pasti bikin bubur. Tpi klo mamak bikin bubur selalu ditambahin ketan putih biar rasanya lebih pekat dan gurih. Nah berhubung aq nggc ada ketan putih, jdi aku cuma pake kacang ijo. Tpi rasanya tetep enak kx dan nggc ngurangin rasa kangen sama mamak di kampung😘😇 #SemuaTentangIbu #KesukaanIbu #OlahanPalawijaAlaIbu #OneRecipeOneTree #PejuangGoldenApron2

Bubur kacang hijau (metode 5.30.7)

Bubur kacang hijau (metode 5.30.7)

Pertama kali coba metode 5.30.7, ternyata beneran empuk dan irit gas. Foto diambil di hari kedua, airnya sudah susut (kurang banyak 😁)

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Musim hujan paling enak makan ini bisa juga dijadikan es

3 porsi
60 menit
Bubur kebuli (menu MPASI)

Bubur kebuli (menu MPASI)

banyak yg bertanya apakah daging kambing boleh dijadikan MPASI? Jawabannya sangat boleh. Resep ini untuk MPASI 6-7 bulan

1 orang
35 menit
Bubur Kacang Hijau Dengan Fiber Creme

Bubur Kacang Hijau Dengan Fiber Creme

Source: mb Sandra Risma Kalau mommy ada alergi dengan santan, sekarang gak usah kuatir lagi. Ada substitute nya yaitu fiber creme. Jadi masih bisa loh mom nyicipi masakan yg seharusnya bersantan, tapi bukan santan🤣 Untuk memasaknya, aku masih menggunakan metode 5:30:7 ya mom seperti resepku sebelumnya Irit gas soale mom😅 #cangjo #semarak_cangjo #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #semarakclover #cookpad_community #cookpadcommunity_tangerang #cookpad_aop

Barobbo Jagung Siap Saji (Bubur Jagung)

Barobbo Jagung Siap Saji (Bubur Jagung)

Suami lagi ngambek, udah dibujuk2 masiiih aja ngambek... ya udah coba dibujuk perutnya aja, sapatau baikan... 😄😄😄😄

3 porsi
Bubur kacang hijau pisang

Bubur kacang hijau pisang

Cemilan buat kakak naura

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Hari ini suamiku cuti.. dan pas banget kepingin bikin bubur kacang ijo. Pagi pagi Alhamdulillah sudah matang 😍😋

Bubur Candil

Bubur Candil

28 mei 2017. Buat buka puasa kali ini bikin bubur candil. Kesukaannya ponakan😄

Bubur Manado Havermout

Bubur Manado Havermout

Lihat iklan. Pengen makan sehat n homemade. Tadi kepasar beli 1 kantong kecil bahan sayur bening, Jadilah begini.

1 porsi
20 menit
Mpasi 7m+ Bubur Nasi Kacang Hijau Ikan Tuna

Mpasi 7m+ Bubur Nasi Kacang Hijau Ikan Tuna

Masih dalam dilema GTM, kali ini penyajiannya dikurangi porsinya. Kuatir nggak habis, sayang kalau terlalu banyak buang. Dalam hati antara optimis dan pesimis, nih anak habis nggak ya makannya. Dan.. Ternyata lahap banget😢 mamak jadi terharu, makannya ludes sampai tetes terakhir 😅 Puji Tuhan.. Mudah- mudahan besok dan seterusnya makannya lahap lagi ya nak😘

3 Porsi
45 Menit
Bubur kacang hijau durian

Bubur kacang hijau durian

Mumpung musim durian semua dimix Ama duren😂😂

MPASI 9-10 Bulan : Bubur Kacang Merah, Oyong, Brokoli, Telur

MPASI 9-10 Bulan : Bubur Kacang Merah, Oyong, Brokoli, Telur

Ini saya pakai nasi yang dihaluskan Mom, pakai blender 😁 Sayurnya bisa 1 aja, ini saya sekalian bikin sayur bening katuk makanya saya tambahin juga.

1 porsi
Bubur kacang hijau gula aren

Bubur kacang hijau gula aren

Ini salah satu bubur kesukaan suamiku,jdi semangat bikin nya,kalau liat suami lahap....