Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN yang Enak

Dipos pada May 22, 2019

24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN

Anda sedang mencari inspirasi resep 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN yaitu 10 porsi (hasil : Β± 400 gram). Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN memakai 10 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah.. Awalnya saya mengira bumbu dasar itu hanya sedikit saja jenisnya. Tapi dari Cookpad, saya dapat ilmu baru tentang beberapa jenis bumbu dasar yang digolongkan jadi beberapa bagian di antaranya : - Bumbu Khas Daerah Tertentu : Base Genep (Bali), Bumbu Tom Yam (Thailand), Sambel Pecel Homemade (Jawa), Garam Masala (India), Bumbu Urap (Jawa) - Bumbu untuk Tujuan Khusus : Bumbu Nasi Goreng, Bumbu Marinasi, Bumbu Oles Bakaran, Kaldu Bubuk - Bumbu Dasar Putih - Bumbu Dasar Balado - Bumbu Dasar Kuning - Bumbu Kacang Serbaguna - Baceman Bawang putih Dari sinilah akhirnya saya tau bahwa sambal pecel termasuk salah satu bumbu dasar. Resep Sambal Pecel Khas Madiun ini merupakan resep asli turun-temurun dari mba @betaasmoengin2153551 . Rasa sambal pecelnya sangat-saaangatttt enakk πŸ˜‹πŸ˜‹ persiiiiss banget seperti sambal pecel khas Madiun yang memang sering saya makan dulu di Samarinda. Masya Allaaahhh.. resep sambal pecel paling juara ini menurut saya πŸ†πŸ₯‡πŸ€©πŸ˜β€οΈ. Cobain kalau tidak percaya πŸ˜‰. Oya, yang saya tulis di sini 2 kali resep asli ya, karena saya bikinnya sekalian buat stok. Resep aslinya di sini : https://cookpad.com/id/resep/212091-sambel-nasi-pecel-madiun-ekspress-pedes-foto-step-by-step #GoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron #Minggu8 #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp #RamadanCamp_Misi3 #BumbuDasar #BamasakBaimbai #SambalKacangSerbaguna #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_KALSEL #CookpadCommunity_Banjarbaru #Ganangrassa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN:

  1. 250 gram Kacang tanah
  2. 12 gram Bawang putih
  3. 12 gram Kencur
  4. 18 buah Cabai rawit
  5. 4 buah Cabai merah keriting
  6. 8 lembar Daun jeruk purut
  7. 10 gram Asam jawa
  8. 100 gram Gula merah
  9. 25 gram Gula pasir
  10. 12 gram Garam

Langkah-langkah untuk membuat 24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN

1
Siapkan kacang tanah.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 1
2
Masukkan kacang tanah ke dalam wajan, lalu sangrai (digoreng tanpa minyak) dengan api kecil hingga matang. Tips : Kalau menyangrai kacang tanah, pisahkan dulu kacang-kacang yang terbelah. Masukkan belakangan Β± 5-10 menit sebelum matang supaya tidak gosong. Misal ada satu dua kacang yang hasil sangrainya gosong, maka harus dibuang supaya tidak merusak rasa sambalnya nanti.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 2
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 2
3
Sering-sering diaduk pada saat menyangrai supaya kacang tanah matang merata. Tandanya sudah matang, warna kulitnya berubah lebih kecokelatan dan mulai ada yang terkelupas dari kulit arinya sendiri. Setelah matang, matikan api, lalu dinginkan.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 3
4
Setelah dingin, remas-remas agar kulit arinya terkelupas. Lakukan sampai habis, lalu ditampi seperti menampi beras agar kacang tanah terpisah dan bersih dari kulit arinya.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 4
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 4
5
Setelah bersih, haluskan kacang tanah dengan cara diulek atau diblender. Pindahkan ke dalam wadah lain. Sisihkan.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 5
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 5
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 5
6
Siapkan bumbu-bumbunya.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 6
7
Bawang putih dan kencur diiris tipis. Cabai rawit dan cabai merah keriting dipotong serong. Jemur bersama daun jeruk purut hingga layu, lalu disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai kering. Saya tidak dijemur, tapi langsung disangrai. Tujuannya supaya sambal pecel lebih awet. Jangan ditumis dengan minyak karena akan mempengaruhi rasa dan kalau untuk disimpan lama, sebisa mungkin jangan ada minyak karena akan tengik. Tapi kalau untuk sekali makan, bisa langsung diulek dalam keadaan mentah.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 7
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 7
8
Lalu ulek hingga halus baru tambahkan asam jawa, gula merah, gula pasir, dan garam. Ulek lagi hingga lembut.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 8
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 8
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 8
9
Masukkan bumbu yang sudah lembut ke dalam kacang tanah.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 9
10
Campur hingga rata menggunakan spatula.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 10
11
Ambil sambal pecel seperlunya dan cairkan dengan air hangat secukupnya. Aduk hingga semua sambal larut dengan air. Siap disajikan sesuai dengan selera.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 11
12
Jika tidak langsung dikonsumsi, kemas sambal pecel dengan ukuran sesuai selera. Sambal pecel siap digunakan sewaktu-waktu.
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 12
24. SAMBAL PECEL HOMEMADE KHAS MADIUN RESEP TURUN-TEMURUN - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel sayur

Pecel sayur

Mkn sehat dg sayuran

Sambel Pecel sayur rumahan blender (mudah&murah)

Sambel Pecel sayur rumahan blender (mudah&murah)

Bismillah Pecel sayur menu ekonomis Ini salah satu menu hemat ala saya moms Oiya untuk pecel sayur ini Sayurannya optional ya moms boleh apa aja Kali ini saya pakek stok sayuran yang ada di kulkas aja moms ada kangkung,kenikir dan labu siam.

5 porsi
20 menit
Tumis Daging Sapi Spesial

Tumis Daging Sapi Spesial

Ini tumis daging, tapi mirip semur juga sih πŸ˜„

Sego Pecel (jawa timur)

Sego Pecel (jawa timur)

Baru ngeh ini belum diupload, dan foto"nya pun sudah gak berwujud lagi dihp. Ya sudah apa adanya sajaπŸ˜‚ Dan saya bikin gak pakai dadar jagung, disini pun ikan asin saya ganti dg ikan lele goreng πŸ™πŸ» bumbu pecelnya wenaaak πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ» Source : Fitri Sasmaya #cookpadcommunity_Kalsel #cookpadcommunity_Borneo #RecookOfTheWeek #GenkPejuangDapur #AksiDutaRecook #DutaRecookBanjarmasin

Pecel Sayur 6K

Pecel Sayur 6K

Ga pernah bosan maem pecel... Apalagi maemnya pake krupuk... 🀀 Kok diberi judul pecel 6K... Itu bahan2nya pake awalan K semua... 😁 #BarapiManjuhu #DiaLalauMenyak #Cookpadcommunity_Borneo  #CookpadCommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Sampit 442 16.9.2021

4 orang
177. Pecel Sayur bumbu Praktis

177. Pecel Sayur bumbu Praktis

#CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenApron3

Cilok Sambel Pecel Rumahan

Cilok Sambel Pecel Rumahan

Karena karantina yang di berlakukan oleh pemerintah membuat keinginan jajan di luar terlalu sulit di lakukan. Disitulah ide kreatif membuat jajanan sendiri muncul. Karena saya suka sekali jajan cilok saus kacang, maka jadilah resep seperti ini. Untuk saus saya rubah menjadi sambal pecel instan karena ternyata rasanya jauh lebih enak. Mari masak! #dirumahaja #covid19 #staysafe #stayhealthy

3-5 porsi
60 menit
pecel sayur

pecel sayur

karna suka dg pecel makanya aku bikin buat kluarga tercinta.. selain enak juga sehat makan jadi lahap..

3 porsi
15 menit
Pecel Sayur Perdana

Pecel Sayur Perdana

Makanan sehat selanjutnya adalah Pecel Sayur..... Inspirasi masak dari mamah Demak :) #BancakanOnlineBarengCookpad #OnlineClass

6 orang
1 jam
Pecel Sayur / Gado-gado

Pecel Sayur / Gado-gado

Makanan yg enak dan mengenyangkn walaupun tanpa nasi πŸ˜€ Bosan beberapa hari ini masak sambal dan santan terus,hari ini bikin pecel sayur atau gado2 . Lebih enak lagi makannya ditemani mendoan dan bakwan yg disuir2 😁 Resep ini juga sya persembahkan untuk anak2 yg menderita kanker .karena di dalam pecel ini terdapat kacang tanah yg mempunyai antioksidan tinggi yg mampu mencegah kanker . Terdapat juga protein dari telur ayam dan berbagai sayur2an yg baik untuk tubuh. Semoga anak2 diberikan kesembuhan dan selalu tetap berjuang karena kesembuhan bukan sesuatu hal yg mustahil jika Allah sudah berkehendak . #kapsulajaib

Pecel Santan Terong & Telur ceplok

Pecel Santan Terong & Telur ceplok

Nengok resepnya mimii @nursabatiana yg kebetulan kemarin mampir di Grup JCC buat sharing foodprep .. makasih ilmunya mi dan kita bs berkenalan juga ☺️ Kali ini stor menu untuk semanggi . Aku coba resep ini , karna di makan sama bocilku sy menggunakan cabe merah 2 aja biar keliatan merahnya ,biar ga puceett πŸ˜ƒ ,kemangi sy skip Krn kebetulan lagi ga ada stok . Untuk cabe bisa di tambahkan sesuai selera ya . Menu simple anak lahap . Matur suwin resepnya yaa mi ..πŸ™πŸ₯° #CookpadCommunity_Jakarta #Semanggi_NurSabatiana #PejuangGoldenBatikApron

Gado-Gado Jakarta

Gado-Gado Jakarta

Udah sehat, cepet pula bikinnya, tinggal rebus sayuran trus siram bumbu kacang deh, btw gw bumbu kacangnya udah siap pakai yah jadi tinggal di cairin pakai air anget.

2Β  orang
30 min
Sambal Pecel Jantung Pisang

Sambal Pecel Jantung Pisang

#dirumahaja versi anak kuliahan. Namanya emang sambel pecel tp gapake kacang tanah ya wkwk. Jantung pisang enak banget dipakein sambel ini.

Pecel madiun alaku simple

Pecel madiun alaku simple

Bismillah,, pingin pecel madiun eeh alhamdulillah d pasar ad yg jual sambel nya..gk usah jauh2 ke madiun🀭 #cookpad_semarang#cookpadindonesia

Sambel Pecel Khas Magetan

Sambel Pecel Khas Magetan

Resep Sambel pecel ini adalah resep tradisional daerah kelahiran saya Magetan. Rasa sambelnya khas, berbeda dengan sambel pecel daerah lainnya. Rasanya manis, asam, gurih. #FestivalRamadhanCookpad #CookpadCommunity_Jember #RamadhanPenuhIdeMasakan #DiRumahAja

Pical Rang Minang

Pical Rang Minang

Assalamu'alaikum.. #PahlawanDapur menjadi salah satu posisi penting dalam menjaga keluarga dari Kanker Payudara. Menyajikan makanan sehat mampu mencegah keluarga tersayang dari penyakitΒ² yang membahayakan. Bersama #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar kami berpartisipasi dalam bulan waspada kanker payudara internasional dengan berkreasi masakan sehat pada #Sumandan_MakananSehat. Juum budayakan hidup sehat mulai darii masak sendiri makanan bebas MSG dan Pengawet serta bahan kimia berbahaya lainnyaπŸ˜‰

4 Porsi
30 menit