Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Lumpia Khas Semarang yang Lezat Sekali

Dipos pada October 6, 2020

Lumpia Khas Semarang

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Lumpia Khas Semarang yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Lumpia Khas Semarang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lumpia Khas Semarang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Lumpia Khas Semarang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Lumpia Khas Semarang kira-kira 16 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Lumpia Khas Semarang diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lumpia Khas Semarang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lumpia Khas Semarang memakai 28 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rabu, 2 Februari 2022 Bismillah, mengawali semangat sbg #PejuangGoldenBatikApron, semoga Allah memberi kesehatan, kemudahan dan kelapangan agar tetap bisa memasak dan menulis resep baru tanpa terputus di setiap pekan, selama 52 minggu ke depan.. Hari ini tgl 02022022 ada challenge seru dari para mbakminsay clover,yaitu kami hrs berpasangan membuat tema masakan dg bahan yg sdh ditentukan mbakmin. Daan yeay sy berpasangan dg mbak Wiwin @Pawon_WinnaCoboy dari Surabaya, dan bahan yg hrs kami olah adalah kulit lumpia.. Setelah berdiskusi, akhirnya kami memutuskan membuat Lumpia Semarang.. Kami searching resep2 dari cookpad yg sdh teruji.. Akhirnya kami sepakat mengcooksnap kulit lumpia mbak Yuliana (https://cookpad.com/id/resep/7334620?invite_token=cRiZ3J). Utk isian lumpia semarang, kami memilih isian versi bengkuang. Kenapa tdk memakai rebung? Alasan sy, krn kesulitan mencari bahan rebung putih yg belum direbus, krn konon rebung yg ini sangat enak dan cocok dijadikan bahan isian lumpia. Kami mengcooksnap resep isian lumpia semarang versi mbak Anitya dg sedikit modif (https://cookpad.com/id/resep/15299519?invite_token=MlXAiv)..dan pelengkapnya saus cocolan lumpia semarang, kami cooksnap resep mbak Lisa (https://cookpad.com/id/resep/8811823?invite_token=Sz8FRF) #Alhamdulillah_AllaKulliHal #Clover_mj2 #HarPosNas_02022022 #HarPosNas_SpesialKasihSayang #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Pekanbaru

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lumpia Khas Semarang:

  1. ⏩Bahan kulit lumpia :
  2. 125 gr tepung terigu
  3. 2 Sdm tepung tapioka
  4. 1 butir telur (lebih baik skip kng telurnya, agar awet renyah)
  5. 2 sdm minyak goreng
  6. 1/4 sdt garam
  7. 300 ml air
  8. ⏩Bahan isian lumpia semarang (versi bengkoang) :
  9. 300 gr Bengkoang, potong korek api (me : 400 g)
  10. 50 gr Tauge (me : 100 g)
  11. 1 btr Telur bebek (me : telur ayam)
  12. 6 butir Bawang merah
  13. 1 siung Bawang putih u/k sedang
  14. 2 sdm Gula pasir (me : 1 sdm=17g)
  15. 1 sdt Garam (me : 1/2 sdt)
  16. 1 sdm Saus tiram (15 ml)
  17. 1 sdm Kecap asin (15 ml)
  18. 1/2 sdt Minyak wijen
  19. 1/2 sdt Merica bubuk
  20. 5 sdm Minyak goreng (me : 3 sdm=45 ml)
  21. ⏩Saos manis cocolan lumpia semarang :
  22. 1 siung bawang putih, cincang halus
  23. 3 sdm gula merah, sisir
  24. 1 sdm gula pasir
  25. 1/2 sdt garam
  26. 250 ml air matang (ambil 50 ml untuk mengencerkan maizena)
  27. 1 1/2 sdt tepung maizena larutkan dengan 50 ml air
  28. ⏩Pelengkap : cabe rawit, bawang daun

Langkah-langkah untuk membuat Lumpia Khas Semarang

1
Membuat isian lumpia semarang (versi bengkoang) : Siapkan bahan. Uleg bawang merah dan bawang putih hingga halus.
Lumpia Khas Semarang - Step 1
Lumpia Khas Semarang - Step 1
2
Panaskan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum masukan telur. Lalu, telur di orak - arik. Masukkan bengkoang dan tauge aduk rata.Masukkan gula pasir, garam, kecap asin, saus tiram, lada dan minyak wijen. Aduk rata, masak dengan api sedang hingga bengkoang layu. Cek rasa.
Lumpia Khas Semarang - Step 2
Lumpia Khas Semarang - Step 2
Lumpia Khas Semarang - Step 2
3
Siap di jadikan isian lumpia. (Note : agar lumpia yg dihasilkan renyah, tiriskan dulu isian lumpia dari cairan yg mengendap berlebih.) Sisihkan isian.
Lumpia Khas Semarang - Step 3
Lumpia Khas Semarang - Step 3
4
Menyiapkan saus cocolan lumpia : Rebus semua bahan di panci kecuali larutan tepung maizena. Aduk-aduk hingga gula larut. Dan saring. Buang ampasnya.
Lumpia Khas Semarang - Step 4
Lumpia Khas Semarang - Step 4
Lumpia Khas Semarang - Step 4
5
Rebus lagi larutan gula tadi hingga mendidih dan masukan larutan tepung maizena, aduk rata hingga mendidih kembali. Cek rasa. Sisihkan saos.
Lumpia Khas Semarang - Step 5
Lumpia Khas Semarang - Step 5
6
Membuat kulit lumpia : Campur semua bahan jadi satu, aduk dengan whisk hingga rata dan tidak ada yang bergerindil (saring bila perlu). (Note : disini sy pake telur utuh, lebih baik skip kuning telurnya, agar lebih awet renyah)
Lumpia Khas Semarang - Step 6
Lumpia Khas Semarang - Step 6
Lumpia Khas Semarang - Step 6
7
Siapkan teflon. Panaskan dengan api sedang agak kecil. Beri sedikit minyak, lalu lap dengan tissue Angkat teflon dari kompor, diamkan sebentar agar tidak terlalu panas. Tuang satu sendok sayur adonan, putar teflon dan ratakan agar hasilnya tipis Letakkan lagi teflon di atas kompor. Tunggu hingga pinggiran kulitnya terkelupas dari teflon.
Lumpia Khas Semarang - Step 7
Lumpia Khas Semarang - Step 7
Lumpia Khas Semarang - Step 7
8
Saya pake teflon diameter 18 cm, hasil 1 resep 16 lembar. Kulit lumpianya ini lentur. Sisihkan
Lumpia Khas Semarang - Step 8
Lumpia Khas Semarang - Step 8
9
Membuat lumpia goreng khas semarang : Ambil 1 lembar kulit lumpia, isi dengan bahan isian kurleb 1 sdm, lipat bentuk amplop, lalu gulung, rekatkan dengan larutan tepung terigu (terbuat dari 1 sdm terigu dilarutkan dg 2 sdm air). Lakukan smpai habis.
Lumpia Khas Semarang - Step 9
Lumpia Khas Semarang - Step 9
Lumpia Khas Semarang - Step 9
10
Goreng dengan minyak panas, api sedang. Angkat, tiriskan. (Note : tiriskan dlm posisi berdiri dan alasi dg kitchen towel/tissue agar minyaknya lekas turun dan lumpianya tetap renyah)
Lumpia Khas Semarang - Step 10
Lumpia Khas Semarang - Step 10
11
Sajikan lumpia goreng khas semarang bersama saus cocolan manis, cabe rawit dan bawang daun.
Lumpia Khas Semarang - Step 11
12
Couple Harposnas (Hari Posting Nasional) Clover tema kasih sayang (merah coklat) edisi 02022022
Lumpia Khas Semarang - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lumpia Tape Gulung

Lumpia Tape Gulung

Cooksnap dari resep neng @pre_sella , enak. Resep simple tapi cocok sebagai teman ngopi maupun ngeteh. Yuk dicobain. #GoDaPaders_2022 #komunitaspaders #goda_sukamin4 #Cookpadcommunity_surabaya

Pastel Sayur Ekonomis

Pastel Sayur Ekonomis

Pastel sayur ini merupakan jualan saya.. buatnya pun mudah..

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Salah satu makanan favorit saya, nih. Bahagia banget kalo musim rebung, bisa bikin lumpia sendiri. Rasanya mirip kayak lumpia Semarang, bedanya yang disana cenderung manis. Kalau ini asin gurih gitu meskipun tetap ada manisnya. Yuk, dicoba resepnya. Source: Bunda Didi #PejuangGoldenBatikApron

30 pcs
Banana Nugget 🍌

Banana Nugget 🍌

5/52 Masih tema perpisangan 😅 Buat banana nugget yng simple banget Bisa buat stok cemilan di frezer nie, tinggal goreng2 aja ❤ Yuk langsung ke resep 👇 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Malang

5. Bakwan jantung pisang

5. Bakwan jantung pisang

#PejuangGoldenBatikApron

Pisang Goreng Crispy

Pisang Goreng Crispy

Biasanya kalo buat pisang goreng itu bahan2nya di satuin semua lalu di campur semua dgn air dan pisangnya. Tapi kali ini buat yg agak berbeda dikit. Resepnya dr tanteq lgs yg memang terima pesanan jualan pisang goreng. Oohh ya....disini aq pake pisang yg blm matang atau yg msh agak mengkal tapi mendekat mau matang, gimn ya jelasinnya🤔🤭😁 pokoknya gt dech....😁 terus.....pake tepungnya jg yg pro tinggi, jd kalo di tanya bs pro rendah apa sedang, aq gak tau ya soalnya blm pernah cobain dan tanteq gak jelasin bs tdk nya pake terigu pro rendah atau sedang🙏😁 #PejuangGoldenBatikApron # PGBA 5

3 org
30 menit
Kerupuk Kulit Lumpia

Kerupuk Kulit Lumpia

Edisi pembersihan Isi Kulkas, ada 5 lbr Kulit Lumpia yang sudah Kaku seperti Kanebo Kering🫣. Ujung²x perasaan Sayang yang terucap jika dibuang. Cob deh bikin Cemilan kali aj masih bermanfaat. #CookpadIndonesia #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda

Pisang Goreng

Pisang Goreng

Iseng² cooksnap, kebetulan banget punya pisang, walaupun bukan pisang yang biasa untuk di goreng, karena kalo di jerman, jenis pisang ya cuma 1 😊. Nah tertantang nih bikin pisang goreng aja. Simple tapi bikin ga bisa stop makannya. #CooksnapTimlo_okti #CookpadCommunity_Solo #CowokBisaMasak #PisangGoreng #Gorengan Cooksnap : @oktianokti

5 Orang
30 menit
Brokoli Spring Roll Egg

Brokoli Spring Roll Egg

#PekanPosbar #Brokoli #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang Berkreasi dengan si Brokoli / Kribo, buat cemilan dengan isian sayuran dan telur.

4 orang
30 menit
Bakwan sayur

Bakwan sayur

bakwan simpel dari bahan sayur sop jadilah bakwan sayur Aaaalhamdulillah suami dn anak lahap semua

10-20biji
1jam
Martabak tahu

Martabak tahu

Suami dan anak malem2 minta cemilan. Liat kulkas ada tahu rebus tinggal 2 potong. Cari bahan lainnya eh nemu kulit lumpia nyelip 😁 yaudah deh bikin martabak tahu aja 😁 #TiketGoldenBatikApron

15-20 menit
Tahu goreng rempah

Tahu goreng rempah

#PejuangGoldenBatikApron

1 orang
8 menit
Bakwan jagung udang

Bakwan jagung udang

5 porsi
30 menit
Bakwan Ubi Madu

Bakwan Ubi Madu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... MasyaAllah sudah hari Minggu lagi, waktu terasa cepet banget ya moms.. Enaknya minggu gini sambil kumpul dengan keluarga, buat cemilan enak buat ramean.. Resep ini cucok banget nih buat dihidangkan dikala santai.. Ceileeeh Bosan olahan ubi cuma direbus aja, resep ini bisa menjadi pilihan nih Semoga menginspirasi *note: air & terigu sy tulis secukupnya karena tergantung sesuai selera, kalau mau tekstur nya crunchy adonan dibuat tdk lembek #PejuangGoldenBatikApron #OlahanUbi #UbiMadu #Cookpadcommunity_Lampung #Gorengan

Tempe mendoan

Tempe mendoan

Favorit kuh bangeettt ini...enak anget2 makanya sambil kletus cabe rawit 😃 #PejuangGoldenBatikApron #mingguKe-3

Bakwan Jagung Sawi Putih

Bakwan Jagung Sawi Putih

Liat pohon cabeku yg lg ranum kok rasanya ngiler🤤bakwan. Auto lgsng cooksnap di akun pemenang arisan #GenkPejuangDapur Clingakclinguk liat isi kulkas kok ga ada yg bs dibikin bakwan😩 sayuranku dh abis dieksekusi semua😢 Tapi pas buka tudung saji, tara…. Ternyata msh tersisa sedikit tumisan sayurnya🤭 Kira2 dh ga ada yg bakal makan lagi, ya dh eksekusi aja disulap jadi cemilan enak, dari bahan sayuran sisa😋😁 Yuk mari dicoba🥰🙏 Source recipe : @dapurkobe #DapurKobe Cooksnap dari mba @yunaarichard https://cookpad.com/id/resep/15348533-bakwan-jagung?invite_token=9LDKrU5WXrBggmKHp58HznHx&shared_at=1635159317 Saya tambahkan sawi putih 🙏 Eh dari tumis sayuran sisa dh🤭🙏 #UbahSisaJadiRasa #CookmemberGenkPeDa_Yuna #Foodplace #FoodplaceCookingLeague #FoodplaceCookChallenge #FPChallengeWeek2 #MasakSetiapBagian #KompetisiMasak #Masak online #CookingCompetition #LombaMasak #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Bakwan Bayam Kobe

Bakwan Bayam Kobe

Ikut meramaikan cooksnap Bakwan Bayam Kobe yg sedang viral di instagram. Tepung Bakwan Kress ini bisa didapatkan di indomaret di seluruh Indonesia. Rasanya bakwannya pun beneran kriuk-kriuk lho, enak banget, anak saya suka banget ini 👍 Source : 👉🏻 @dapurkobe https://cookpad.com/id/resep/15561515-resep-bakwan-bayam-kobe?invite_token=MVRMb3LAVsHN8ZLj1gy8kYrX&shared_at=1635253493 #BakwanBayamKobe #DapurKobe #TepungKobe #KobeTepungBakwanKress #ResepWongKito #Cookpadcommunity_Palembang #CookpadIndonesia #Selasa_261021

Lumpia Sayur

Lumpia Sayur

Minggu 2 #PejuangGoldenBatikApron

30 biji
1 Jam