Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Pastel Bihun yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 10, 2020

Pastel Bihun

Sore-sore begini enaknya membuat Pastel Bihun yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Pastel Bihun yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Pastel Bihun, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Pastel Bihun bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Pastel Bihun sekitar 26 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pastel Bihun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pastel Bihun memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dapat resep kulit pastel dari "IG ordinarykitchen", udah lama banget disimpan, belum sempet juga eksekusinya. Sekalian ada tema posbar tentang si bihun ini, saya coba buat pastel dg isi bihun. Resep tumis bihun saya buat simpel aja dan bunda bisa kreasikan dg tambahan ayam cincang, krn kebetulan saya lagi ga ready ya... Disini saya tulis full resep. #Pekanposbar #Kreasibihun #CookpadCommunity_Palembang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pastel Bihun:

  1. 🍳Bahan isian:
  2. 120 gr bihun (1 bks)
  3. 1 bh wortel potong dadu /korek api
  4. 1,5 sdm bawang merah halus
  5. 1 sdm bawang putih halus
  6. 1 sdm udang kering yg sudah dihaluskan
  7. 3 sdm kecap manis (dapat diskip)
  8. secukupnya garam, kaldu bubuk, merica
  9. 4-5 sdm minyak utk menumis
  10. 4 btr telur rebus (me : 2 btr)
  11. 🍳Bahan kulit :
  12. 500 gr tepung terigu serbaguna
  13. 100 margarin dilelehkan
  14. 200 ml air hangat (kurang lebih)
  15. 1 sdt garam
  16. secukupnya minyak utk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Pastel Bihun

1
Isian pastel : Telur rebus dikupas lalu dipotong menjadi bbrp bagian sesuai selera (me : 1 btr menjadi 6 potong.
2
Bihun diseduh dg air panas selama bbrp menit hingga lunak. Tumis bawang merah, bawang putih dan udang kering hingga harum. Masukkan wortel, beri sedikit air, masak hingga matang. Tambahkan garam, merica, kaldu bubuk lalu masukkan bihun dan kecap aduk hingga tercampur rata. Tes rasa, jika sudah pas, matikan api dan sisihkan.
Pastel Bihun - Step 2
3
Kulit pastel : Dalam wadah campur terigu dan garam, aduk rata. Masukkan margarin leleh, campur rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit, hentikan penambahan air jika adonan sudah pas (tidak lembek tp lembap). Tidak perlu diulenin, yg penting tercampur rata dan tidak menempel lagi di baskom. Bungkus adonan dg plastik selama 30 menit agar adonan menjadi lemas.
Pastel Bihun - Step 3
Pastel Bihun - Step 3
Pastel Bihun - Step 3
4
Bagi adonan mnjadi 2 bagian lalu gilas tipis tiap bagian kemudian dicetak dg tutup toples (sisa adonan diamkan kembali lalu cetak lagi). Cara saya bagi adonan menjadi bbrp bagian (30 gr / bh)
5
Ambil satu bagian adonan, gilas tipis dg rolling pin, isi dg bihun dan potongan telur rebus. Lipat dan rapatkan pinggiran kulit dg ditekan2 hg merekat dg baik.
Pastel Bihun - Step 5
Pastel Bihun - Step 5
Pastel Bihun - Step 5
6
Pinggiran pastel yg sudah rapat lalu dipilin. Lakukan utk semua bagian adonan hg habis.
Pastel Bihun - Step 6
Pastel Bihun - Step 6
7
Panaskan agak banyak minyak goreng dg api sedang. Goreng pastel dg minyak panas, sambil disiram2 bagian atas pastel agar montok, menggembung dan bruntusan. Setelah matang kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan dg cabe rawit.
Pastel Bihun - Step 7
Pastel Bihun - Step 7
Pastel Bihun - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risol ragout wortel ayam

Risol ragout wortel ayam

Spesial event coboy minggu ini cooksnap resep minsay2 syantik coboy. Spesial saya persembahkan buat minsay @Lilis_DapoerTara trm kasih sudah membersamai kami di coboy selama 1 tahun ini. #TiketGoldenBatikApron #Cooksnap_LokalTeamSurabaya2021 #Cooksnap_PejuangAdminCoboy #CookpadCommunity_Surabaya #Cooksnap_LokalTeamLilisDapoerTara

Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Di awal tahun 2022 ini ComBo ternyata jalan² ke Bekasi, cooksnap resep teman² yang ada di komunitas Bekasi. Nah, karena saya masih punya 1 bonggol caisim hasil panen yang udah 1 minggu lebih berdiam diri di dalem pojokan kulkas, akhirnya saya cari resep yang pake caisim aja biar dia ga sedih. Abisnya dari kemaren² bingung mau dibikin apalagi tu si caisim.. Hehe 😅 Daaaan, pilihan pun jatuh pada resep yang super simple punya mba @evanatati yaitu bakwan caisim. Pertama kalinya makan bakwan caisim, tadinya saya kira bakal gimana gitu rasanya. Ternyata enak juga.. Hihi.. 😁 Source : @evanatati #PoodyKitchen #ComboAnjangsana_Bekasi #CookpadCommunity_Bogor

Telor Bakwan Gongso

Telor Bakwan Gongso

Awalnya bingung masak apa buat anak2 dan suami... Coba masak bahan yg ada... Yuuk kita mulai...👇👇

4 orang
Risol Kampung isi Sayur

Risol Kampung isi Sayur

Cemilan favorit saya dari kecil. Resep by mamak saya, si tukang kue🥰 Ayo masak... 👩‍🍳

kurleb 25pcs
Pisang Goreng Hilo Chocolate Banana

Pisang Goreng Hilo Chocolate Banana

Morning.. Sarapan ga berat dengan segelas teh panas

Pastel mini isi abon

Pastel mini isi abon

Cara membuat klik link ini https://youtu.be/yip9vOYYRCY

Bakwan santan

Bakwan santan

#IdeMasakku

Bakwan jagung/pelas

Bakwan jagung/pelas

resep mama

serumah
30 menit
Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Ini sih cemilan favorit jd gk ada bosennya kalo disuruh bikin. Saya gak potong kecil rebungnya ya supaya lebih berasa😁 #PekanInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #CookpadCommunity_Bekasi

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Siapa sih yang gak suka sama tempe mendoan , sajian gorengan ini sangatlah favorit apalagi disajikan waktu santai,.. yuks intip resepnya... Kali ini mengikuti "Tiket Golden Apron Batik" semoga lolos , ijin setor yah... #tiketgoldenbatikapron #Cookpadcommunity_Malang #Cheylvia

Dadar Jagung/bakwan jagung ceper

Dadar Jagung/bakwan jagung ceper

Dadar jagung dimakan dengan sayur bayam kunci atau lodeh atau sayur asem...ish..ish..ish..

3-4 potong
Risol Mayo

Risol Mayo

Cemilan yg satu ini banyak disukai anak-anak, karena begitu meleleh dimulut,.hummm nyummi pokoknya,

30 biji
45 menit