Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bikang Doang Rebon yang Anti Gagal

Dipos pada October 20, 2020

Bikang Doang Rebon

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bikang Doang Rebon yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bikang Doang Rebon yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bikang Doang Rebon, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bikang Doang Rebon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bikang Doang Rebon biasanya untuk 15 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Bikang Doang Rebon diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bikang Doang Rebon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bikang Doang Rebon memakai 23 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bikang Doang adalah kudapan tradisional yang biasa disantap sebagai camilan saat sore hari. Sebagian orang di wilayah Indonesia lain menyebutnya sebagai Ote-Ote Pontianak atau bakwan. Cita rasa gurih dari makanan ini ditambah sambal yang pedas asam sangat enak untuk menekan lapar di jam-jam tanggung. Di sini ukurannya cukup besar dan tebal.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bikang Doang Rebon:

  1. Minyak goreng
  2. Bumbu Halus
  3. 5 siung bawang putih
  4. 7 siung bawang merah
  5. Secukupnya lada
  6. Secukupnya penyedap rasa ayam
  7. Bahan Adonan
  8. 400 gr tepung terigu
  9. 2 butir telur ayam
  10. 400 ml air
  11. 1 sdm ketumbar bubuk
  12. Secukupnya daun bawang
  13. Secukupnya wortel
  14. Bahan Isian & Topping
  15. 250 gr tauge
  16. 100 gr rebon
  17. Bahan Sambal
  18. 125 gr cabai rawit merah
  19. 5 siung bawang putih
  20. 1 sdm gula pasir
  21. 1/2 sdm garam
  22. 2 sdt cuka
  23. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Bikang Doang Rebon

1
Haluskan bumbu halus (bawang merah dan bawang putih saja).
2
Pecahkan telur, kocok lepas. Masukkan bumbu halus, telur, ketumbar bubuk, lada, dan penyedap rasa ayam di dalam satu wadah yang cukup besar.
3
Masukkan tepung terigu dan tambahkan air, kemudian aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. Lalu, masukkan irisan daun bawang dan wortel parut.
4
Panaskan minyak goreng cukup banyak, pastikan benar-benar panas. Celupkan ujung sendok sop stainless steel beberapa detik. Lalu, gunakan api sedang cenderung besar.
5
Tuang adonan 1 sendok makan ke dalam sendok sop, masukkan sedikit tauge, tambahkan kembali 1 Β½ sendok makan adonan. Taburi rebon di atasnya (sedikit ditekan agar menempel).
6
Celupkan adonan di sendok sop ke dalam minyak panas hingga tenggelam. Tunggu beberapa saat sekitar 1-2 menit sampai adonan bisa terlepas dari sendok sop.
7
Goreng hingga matang (berwarna coklat keemasan) dan tiriskan. Lakukan sampai semua adonan habis.
8
Untuk membuat sambal, haluskan cabai rawit dan bawang putih. Panaskan sedikit minyak, tumis hingga harum. Masukkan air secukupnya beserta gula pasir, garam, dan cuka. Masak hingga mendidih dan koreksi rasa.
9
Tipe gorengan ini tidak berminyak seperti gorengan pada umumnya. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalam.
Bikang Doang Rebon - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu isi jeletot

Tahu isi jeletot

Udah musim ujan gorengan cocok nih jadi teman nyemil kalian. Bahannya mudah di cari dan buatnya gampang. Baru mateng auto di comot deh ama orang rumah. Yuk bikinπŸ˜‹8

3 porsi
30 menit
Tape Goreng

Tape Goreng

Kreasi bocils.. #cemilan

Bakwan daur ulang

Bakwan daur ulang

Kalo ada tumisan sayur yg tinggal dikit lg jgn dibuang ya.. Selama masih baik dan layak konsumsi yuk daur ulang! Kebetulan kali ini ada sisa tumis toge 1/2 mangkuk lg.. Akhirnya di daur ulang aja jd bakwan

Tahu cireng walik

Tahu cireng walik

5 orang
25 menit
Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Menu lain hari ini adalah bakwan jagung. Pas masih punya stok jagung manis di kulkas dan selalu stok jagung manis karena anak2 sangat favorit sama bakwan jagung. Karena stok telur emak pas habis, jadi emak bikin bakwan jagung yang tanpa telur seperti bikin adonan bakwan sayuran hanya isiannya pipilan jagung. Very very simple dan praktis kan ya.. Cocok sama niat emak pagi ini masak yang simple2 saja😁🀭 #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #olahanjagung

45 menit
Risoles Mayonese Isi Sosis Telur

Risoles Mayonese Isi Sosis Telur

Kemarin coba buat risol isi wartel kentang daging giling sekarang coba yg lainnya

Jemblem Tahu

Jemblem Tahu

Jemblem biasanya dibuat dari singkong parut yang kemudian digoreng dengan isian gula merah. Namun kali ini, sy akan mencoba berbagi resep yang sedikit berbeda, Jemblem Tahu πŸ₯° Salah satu cemilan favorit keluarga kami nih, rasanya gurih, bikinnya pun mudah πŸ₯°πŸ€—

3-4 orang
Cireng Crispy Isi Ayam pedas dan Keju

Cireng Crispy Isi Ayam pedas dan Keju

Biasa bikin yang sweet sweet ditantang bikin yang savory.. katanya customer pengen cemilan yang gurih.. okee siap eksekusi 😁

-/+ 1 jam
Bakwan Jagung Simple

Bakwan Jagung Simple

Bakwan jagung simple, enak, ekonomis

Vietnam Spring Roll

Vietnam Spring Roll

Bismillah Makanan sehaaat.... 12/12/21

Risoles mayo / kulit anti robek- robek club

Risoles mayo / kulit anti robek- robek club

Salah satu menu frozen food di rumah . Saat mendadak pengen ngemil atau tiba2 ada tamu datang nggak bingung mau di duguhin apa πŸ₯°πŸ₯°

25pcs
1jam
Ote - ote

Ote - ote

Buat cemil2 sore hari, cocok saat musim hujan seperti sekarang. Menikmati ote hangat disantap dg cabe lalap, minum teh hangat.... nikmat.

20 pcs
Pisang Goreng Kipas

Pisang Goreng Kipas

Musim hujan nikmat juga disuguhi pisgor, kebetulan ini dapat kiriman kepok kuning dari kerabat πŸ˜˜πŸ‘ #pisgor #pisanggoreng #anekaresepmakanan #berbagiresep #cookpadcommunity_jakarta #adjeng_mw

Bakwan malang homemade

Bakwan malang homemade

Cooksnap by. Mama kafa walaupun waktunya sangat mepet dan waktunya hampir habis, tetap semangat πŸ’ͺπŸ’ͺtuk mengikuti posbar#AR_bakwanmalang#cookpadcommunity_karawang.

1 porsi
30 menit.
Bakwan Sayur Bayam

Bakwan Sayur Bayam

Terinspirasi untuk membuat makanan yang sehat tanpa vetsin (msg), perisa sintetik (kaldu dengan perisa sintetik) dan pewarna. Dan ternyata menghasilkan rasa yang enak juga lho, tergantung kita memadukan dan meraciknya. Yuk, mulai sayangi diri dan keluarga, mari masak dan makan makanan sehat..

3 orang
1 jam
Kulit lumpia isi tahu kornet

Kulit lumpia isi tahu kornet

Lumpia ini dapat 10 lumpia... dab bisa di simpan dalam wadah lalu masukkan dalam frizzer. Saya sudah mencoba 5hr masih ttp enak rasanya. Karena semua adonan saya goreng termasuk daun bawang agar tidak mudah basi.

10 porsi
setengah jam
Vietnamse Spring Roll

Vietnamse Spring Roll

Sekali-sekali cobain makanan khas vietnam. Lumayan juga hasilnya tidak mengecewakan. Enak...

3 Orang
1 Jam
Pisang Aroma Palm Sugar

Pisang Aroma Palm Sugar

Mumpung ada pisang dan kulit lumpia, buat camilan temen ngeteh, yaitu "Pisang Aroma Gula Palm", kulit lumpia sy isi dg pisang dan keju, lalu digoreng. Stlh masak saat disajikan saya tabur gula palm....rasanya nano2 ada asin dan manis. .pokoknya nikmat sebagai teman ngopi/ ngeteh...πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘ #CookpadCommuniry_Bogor #CookpadIndonesia #AnekaOlahanKulitLumpia

relatif
15 menit