Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE yang Menggugah Selera

Dipos pada December 4, 2018

BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE

Bagaimana membuat BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sejak bertahun2 lalu saat mulai tinggal di rumah sendiri & punya anak kecil, kami sering buat bubur ini. Bahannya dari nasi, masaknya jadi cepat. Temannya ya lauk apa aja seadanya di rumah, kadang ayam goreng, tempe, kecap, kerupuk, dll. Atau dicampur brokoli & wortel cincang di buburnya. Bubur ini cocok bgt buat kalau ada yg sakit & mendadak perlu mkn bubur. Ditambah sayur bening atau lauk yg empuk2 pas ya utk orang sakit. Kadang anak saya jg suka dadakan minta dibuatin aja kalau lagi kepingin. Kalau saya lebih suka makannya yg kering, ditambah kecap asin & nori (rumput laut kering). Hari ini kebetulan punya nasi sisa, ayam & bumbu kuning, jadi saya tuliskan jg resep utk membuat kuah kuning & ayamnya. Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE:

  1. BAHAN BUBUR NASI DADAKAN :
  2. 2 mangkuk nasi putih (300 g)
  3. 2 sdm santan kara (opsional)
  4. 2 lembar daun salam (opsional)
  5. 1 sdt garam/ secukupnya
  6. 500 ml air + 250 ml air atau secukupnya (secara bertahap)
  7. BAHAN AYAM & KUAH KUNING (opsional, kalau mau) :
  8. 3 potong (1/4 ekor) ayam
  9. 500 ml air
  10. 1-2 sdm bumbu dasar kuning
  11. 1 btg serai geprek, 2 lembar salam, 1 sdt garam
  12. 1/2 sdt ketumbar bubuk, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt kaldu jamur
  13. >> Kalau tdk ada, bahan2 ini bisa diganti dgn bumbu soto instan

Langkah-langkah untuk membuat BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE

1
MEMBUAT BUBUR DADAKAN : Campur nasi, santan, daun salam, garam, dan 500 ml air. Masak dgn api sedang sambil diaduk sesekali, sampai nasi empuk & mulai menyatu dgn air. Lalu tekan2 nasi dgn sendok sayur sampai nasi hancur.
BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE - Step 1
2
Setelah nasi sudah menjadi bubur, jangan disesali. Tapi ditambahkan air saja, sekitar 250 ml atau secukupnya sampai didapat kekentalan yg diharapkan. (Saya total waktu masak 20 menit)
BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE - Step 2
3
Bubur dadakan siap disajikan dengan lauk apa saja seadanya & sesuai selera. Rasanya sudah gurih krn pakai santan & wangi daun salam, jadi tidak perlu ditambahkan penyedap lagi. *Gambar di foto ini versi kering ala saya, pakai topping kecap asin & bon nori tabur pedas.
BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE - Step 3
4
MEMBUAT KUAH KUNING & AYAM (kalau mau pakai) : - Campur ayam dan semua bahan dalam panci, masak sampai ayam matang tp tdk terlalu empuk. Test rasa. - Angkat ayam, lalu suwir2.
BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE - Step 4
BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE - Step 4
5
Sajikan bubur dgn ayam suwir & kuah kuning. Bisa ditambah pelengkap lain spt bawang goreng, daun seledri, kerupuk, kecap manis/pedas, telur, dll.
BUBUR DADAKAN / BUBUR DARI NASI / BUBUR AYAM SIMPLE - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jenang Garut (Bubur Garut/Erut): Solusi magh dan asam lambung

Jenang Garut (Bubur Garut/Erut): Solusi magh dan asam lambung

Pati Garut salah satu pangan lokal khas di Kabupaten Sragen. Salah satu pangan sumber karbohidrat lokal yang kaya serat & free gluten yang dikenal masyarakat bermanfaat untuk mengatasi asam lambung (magh), diet baik untuk autism & down sindrom serta menormalkan gula darah bagi diabetes. Cocok sebagai alternatif sarapan pagi :)

30 menit
Bubur Quacker Oatmeal (menu sarapan anak)

Bubur Quacker Oatmeal (menu sarapan anak)

Sarapan pagi secepat kilat, ini rahasianya 🤭 kali ini buat yg versi gurih gitu, biasanya di buat pancake dll kali ini tak buatin bubur aja. Biasanya kalo saya ada kuah sup sisa semalam terkadang saya juga buatkan begini cuma di kucurin kuah sup dan di tambah toping-toping seperti ayam suwir dll. Hari ini yg simpel saja karena keburu waktunya 😅 Isian sesuai selera ya moms, saya lupa menambahkan sosis padahal pas anak-anak sudah makan baru saya tambahkan potongan sosis 🤭 Kenyang,sehat,nikmat 😍 yuk cobain kreasi Quacker kali ini. #MasakItuSaya #Resep_Mamaraffiyya #IdeSarapan #OlahanQuacker #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_KutaiKartanegara #CookpadCommunity_Tenggarong #PejuangGoldenBatikApron #MingguKe7

3 orang
5menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

10 mangkuk kecil
45 menit
Bubur Oatmeal dengan Ayam kecap dan Telur Rebus

Bubur Oatmeal dengan Ayam kecap dan Telur Rebus

Saat suami sedang kambuh GERD nya, oatmeal menjadi salah satu pilihan untuk sarapan yang sehat dan maknyus. #menudiet #menugerd #menusehat #oatmeal

2 porsi
kurang lebih 15 menit
Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

suami lagi sakit minta dibikinin burcangjo

Bubur Oat Matcha

Bubur Oat Matcha

1 orang
1 jam
Bubur Sederhana Enak

Bubur Sederhana Enak

Uppss gawat.. Si kecil tiba² demam tengah malem, setelah diberi penanganan pertama, demamnya turun tandanya keluar keringat banyak. Biasanya si kecil mulai haus dan lapar (karena cairan dalam tubuh keluar dari keringat dan organ tubuh didalam bekerja maksimal untuk menetralkan suhu tubuh yg upnormal). Dan biasanya kl anakku minta makan dan minta dibuatkan bubur. Makannya aku biasa nyetock bubur instan. Tapi pas malem itu stock bubur instannya kehabisan. Duhh mau beli udah pada tutup. Jadi yahhh inisiatif aja bikin bubur dengan bumbu ala kadarnya. Ehh ternyata malah jadi menu andalan utk si kecil dikala sakit. Oke.. Yuk moms intip resepnya, inshaa Allah mudah buatnya dan semoga anak² suka yahh 😊

2 orang
30 - 60 menit
Bubur Tim Ayam Bayem #Mpasi6bulan

Bubur Tim Ayam Bayem #Mpasi6bulan

First time masak bayem untuk cell #Mpasi, dan Habissss yeyeye! Anakku usia 6bulan 2minggu, resep yg aku share pure pemgalamanku, namun untuk takarannya aku berdasarkan buku. Karna aku workingmom sekali masak untuk 3 porsi biasanya ku masak malam, dan masuk chiller. Boleh dicoba bunda mama semua❤️ #Mpasi6bulan #BuburTim #6bulan

3 porsi
30 menit
Bubur Kacang Hijau Candil

Bubur Kacang Hijau Candil

Sudah seminggu lebih ditinggal mama tercinta untuk selamanya. Memasak masakan khas keluarga dengan resep mama adalah salah satu cara mengenang memori indah bersama yang menyenangkan 😊 Dulu waktu kecil sering sekali dibuatkan bubur ini, sering juga bantu mama bulat-bulatkan candilnya. Kalau sudah matang bisa bulak-balik dapur untuk nambah 😂. Maklum dulu saya termasuk picky eater, jadi kalau suka salah satu makanan ya makannya bisa banyak sekali.

Bubur Ayam Kampung Labu Siam (Mpasi 6 bulan+)

Bubur Ayam Kampung Labu Siam (Mpasi 6 bulan+)

Awal awal buat mpasi lagi banyak banget belajar,karena emang se antusias itu mo siapin semua hal buat anak ku yg kecil. Cuma ya itu kendala waktu buat masak dll mesti pinter membagi waktunya. Btw edisi masih latepost resep mpasi babyku ya karena anakku skrg sudah 10 bulan. Tapi buat bu ibu yang lagi cari resep mpasi 6 bulan bisa dicoba yak. #mpasi6bulan #mpasi7bulan #mpasi8bulan #buburayamkampung #mpasihomemade #mpasiayamkampung #PejuangGoldenBatikApron #mingguketujuh

3 porsi
Bubur Biji Salak Labu Kuning

Bubur Biji Salak Labu Kuning

Setiap pagi kalo nganter anak sekolah pasti mampir beli bubur depan sekolahan, tapi dah beberapa hari ini orangnya enggak jualan.. Dan kebetulan dikang sayur bawa labu kuning , keinget deh mau cooksnap dr mb @Lilis_DapoerTara .. Cuzz lgs eksekusi... Cooknap..mb Lilis dapoer Rara #Cooksnap_LokalTeamLilisDapoerTara #Cooksnap_PejuangAdminCoboy #Cooksnap_LokalTeamSurabaya2021 #cookpadcommunity_surabaya

74.Bubur kacang merah sagu mutiara

74.Bubur kacang merah sagu mutiara

#pekaninspirasi #BikinRamadanBerkesan Cocok buat menu buka puasa ..kacang merah yang lembut gurih nya santan dan aroma pandan yg menggoda selera..

4 porsi
Bubur Kacang Ijo 🍵

Bubur Kacang Ijo 🍵

Ada kacang ijo seperapat di dapur udah lama ga ditengok tengok 😁 mayan lah yaaa kita bikin buat sarapan 😇

Bubur kacang ijo sederhana dan enak tanpa mngeluarkan banyak uang

Bubur kacang ijo sederhana dan enak tanpa mngeluarkan banyak uang

bikin keluarga nagih dirumah😻

untuk 5 orang
Bubur ayam

Bubur ayam

Pagi - pagi enak sarapan yg hangat nih... yuk bun masak yg gampang & cepet aja.

4 orang
45 menit
Bubur Uduk Udang MPASI day 3

Bubur Uduk Udang MPASI day 3

3 porsi
30 menit