Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 14, 2021

Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan

Bagaimana membuat Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan sekitar 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan memakai 12 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Semenjak tahun kemarin suka bgt bikin dessert ini, kalo buat takjil buka puasa atau cemilan habis tarawih jg seger bgt. Ada agar-agar yg berserat tinggi yg cocok pas bulan puasa gini. Dessert ini namanya Buko Pandan, aslinya dessert dari Filipina. Pas lihat dessertnya langsung ngiler πŸ€€πŸ˜‚ kok kayanya enak seger bgt. Berasa wangi pandan langsung kecium jg (lebay hahaha). Nah akhirnya nemu resepnya dan langsung cari bahannya. Pas praktek pertama kali beneran langsung jatuh cinta sama rasanya. Yg pertama bikin pake resep original yg pakai whipping cream, hbs itu nyobain lagi bikin pakai susu evaporasi. Jadi buat yg nanya whipping cream cair bisa diganti pakai apa, jawabannya bisa diganti pakai susu evaporasi ya (tentu rasanya ttp enak pakai whipping cream cair ya hehe). Jangan diganti pakai whipcream bubuk atau susu uht biasa ya, rasanya kosong dan nggak creamy. Kali ini resep yg saya pakai diambil dari resep mba Anita Joyo di Instagram. Ada cara dan bahan yg saya rubah sesuai kebutuhan dan selera tentunya. Nah langsung aja ya ke bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan:

  1. Bahan agar-agar pandan
  2. 1 sachet agar pandan rasa plain
  3. 3 lembar daun pandan, wajib ada, jgn di-skip ya
  4. 1 sdt pasta pandan, untuk penambah rasa dan aroma
  5. 55 gram gula pasir atau sesuai selera
  6. 700 ml air
  7. Bahan kuah dan pelengkap
  8. 250 ml whipping cream cair, bisa diganti 1 kaleng susu evaporasi
  9. 2 sachet susu kental manis atau sesuai selera
  10. Daging kelapa muda secukupnya atau pakai jelly kelapa muda
  11. sesuai selera Nata de Coco ambil ampasnya saja, banyaknya
  12. sesuai selera Keju cheddar parut untuk topping,

Langkah-langkah untuk membuat Resep Buko Pandan Creamy by Elkanisa, Inspirasi Takjil Ramadhan

1
Pertama kita buat dulu agar-agar pandannya. Campur bubuk agar, gula, air ke dalam panci.
2
Tambahkan pasta pandan dan daun pandan, masak sambil trs diaduk sampai agar2 mendidih dan matang.
3
Tuang agar2 ke dalam cetakan (saring jika perlu), tunggu agak dingin dan uap panas telah hilang, baru masukkan ke dalam kulkas.
4
Setelah dingin, potong dadu agar2, tuang ke dalam mangkuk yg agak besar.
5
Beri jelly kelapa muda/ daging kelapa muda, aduk rata.
6
Tambahkan nata de coco.
7
Tuang whipping cream cair, lalu tambahkan susu kental manis. Aduk rata.
8
Buko pandan siap disajikan atau bisa ditaruh dulu ke dalam kulkas biar lebih dingin. Karena disantap dingin lebih nikmat 🀀.
9
Tuang buko pandan ke dalam mangkuk saji, taburi topping keju parut di atasnya.
10
Buko pandan yg creamy, manis, gurih, segar dan berserat siap untuk disantap 🀀. Nah jika ingin lihat video cara masaknya bisa nonton di YouTube channel Elkanisa Kitchen ya. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik subscribe like komen share jika berkenan ya terima kasih.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu krispi ala rumahan special puasa

Tahu krispi ala rumahan special puasa

Halo halo halooo... para pecinta masak... jangan lupa follow yaaaaa.. jadi saya mau share resep amatiran saya yaitu tahu krispi #SiapRamadan

3-6 porsi
Strawberry yoghurt #BikinRamadhanBerkesan

Strawberry yoghurt #BikinRamadhanBerkesan

Minuman segar dan sehat ini cocok untuk menemani saat berbuka ato sahur. Biar fresh....😊

2 gelas
419.Tahu Bakso Frozen

419.Tahu Bakso Frozen

Minggu ini masih dapat tugas dari Ramadan camp misi ke-4 juga sharing dari mbak @iftitah_kurniasari yg sekaligus untuk Posbar Pejuang Golden Batik Apron tentang Tahu Bakso Frozen Terima kasih mbak Ita sharing ilmu bakulannya yg open bar tanpa ditutupi trik n tipsnya smoga bisa membantu banyak orang dari inspirasinya memulai usaha Frozennya barokalloh ya mbak... sukses sll dan ttp jaga kesehatan agar sll happy bersama keluarga tercinta.... Disini isiannya sy pakai full dada ayam sesuai stok dan bila demikian ingin lbh juisy harusnya pakai paha ayam dan aku tambahi jamur kuping Source : @iftitah_kurniasari 3/04/22 #TahuBakso #NgacoFrozenFood_IftitahKurniasari #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4 #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi

Salad buah praktis bisa buat jualan takjil & buka puasa

Salad buah praktis bisa buat jualan takjil & buka puasa

pengen banget makan salad buah, bebikin lah dg buah apel & pear. kalo kalian mau coba buah lainnya sesuai selera ya moms. yuk dicoba

1 porsi
15 menit
Jus Nanas Pear

Jus Nanas Pear

Kalo puasa tetap butuh serat ya. Kadang kalo buka puasa malas ngunyah-ngunyah buah, kadang nggak sempat. Alhamdulillah, liat resep @GriyaSyariKitchen Jus Pamelo Nanas Pear, nah pas deh ada nanas dan pear dikulkas. Tapi pamelonya nggak ada. Setelah jadi,ngetem kulkas dulu ya. Tunggu saat buka puasa. #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadXommunity_Bontang

πŸ’’Jamur kuping dan Touge tumis telur πŸ’’ #RabuBaru_Cookpad

πŸ’’Jamur kuping dan Touge tumis telur πŸ’’ #RabuBaru_Cookpad

#Day24 #BikinRamadanBerkesan Bosen telur ceplok atau rebus atau gulai , ni salah satu alternative buat nikmati telur waktu Buka atau sahur , rasanya yang tidak begitu berat karena bumbu campur campur , tapi justru mirip mirip acar lah kalau menurut saya cuma skip kecut saja jadi tidak bikin haus waktu siang .

Nasi Goreng Ikan Asin #BikinRamadanBerkesan

Nasi Goreng Ikan Asin #BikinRamadanBerkesan

Ikan asin disini jadi menu β€œmewah” loh teman teman. Iya karena harga sepotong kecil ukuran telapak tangan sama dengan harga 500gram daging cincang. Saya sebenarnya jarang sekali mengolah ikan asin, karena setiap abis masak, seisi rumah langsung bau menyengat. Tapi karena menu yang satu ini request suami, jadi semangat deh masaknyaa. Ditambah memanfaatkan nasi sisa sahur jadi pas deh untuk diolah menjadi nasi goreng. Yuk coba bikin ! Bisa jadi menu β€œcemilan” setelah solat taraweh nih πŸ˜‰

4 porsi
Tumis Extra Pedas Saos Oriental Ikan Asin Jambal Roti

Tumis Extra Pedas Saos Oriental Ikan Asin Jambal Roti

Harini belanja bingung mau masak apa. Pas masuk ke pasar selalu lewat bpk tukang jual ikan asin. Dan terlihat lah si ikan asin yg kt nya di sebut ikan asin jambal roti karna daging nya tebal2 dan masih baru. Dan duri nya pun ngk ada. Jd aQ tanya enak nya diapain nibikan asin selaen di goreng..? Bpk tu bil bisa di sambal, di gulai jg enak. Dan ni cocok jg lho ntk menu sahur dan berbuka karna masak nya cepat dan simple. Di jamin deh pasti semua suka. Oiyh, ni ikan sgt asin jd harus di rendam dl lama biar asin nya di buang sebagian. Singkat cerita, Akhirnya ikan asin nya tak beli dan kbetulan saya pengen di masak agk beda dr biasa nya. Dan emank rasa nya enak ni ikan asin di masak saos pedas oriental dari saori. Jd makan nya extra pedas, ada manis nya dan ada asin2 nya. Pokoq enak deh.. Youk capcus..di coba in kalo ibu2 bingung setiap masak ikan asin mau di apain..πŸ˜„ kapan2 versi gulai nya jg saya mau coba aaaahhh..

Roti gandum menu sahur

Roti gandum menu sahur

Setiap diet itu tetap butuh karbo dan protein. Meskipun di bulan puasa, harus intip resep ini agar tidak lemes :) Sesuaikan dengan kebutuhan kalori kamu ya. Ini kebutuhan ku :) Ini resep yang sehat dan murceee sekalee.. hemat di kantong anak kosan seperti akuh. Yuk intip!

1 orang
Udang Lada Hitam

Udang Lada Hitam

Masak yang simpel aja buat sahur dan di sukai anak-anak. #BikinRamadanBerkesan #BikinRamadhanBerkesan #day18

1 porsi
15 menit
#2 SAHUR GERD / MAAG Gandum Daging Pedas | Diet Puasa

#2 SAHUR GERD / MAAG Gandum Daging Pedas | Diet Puasa

Siapa bilang pengidap sakit gerd/maag ga bisa makan pedas... Tp tetap terukur yaaa... Jd penyesuaiannya cobain 1 lombok di 1 masakan , bertahap. Saranku sebelum makan minum obat maag/ bisa konsumsi Yougrt dulu biar bakteri baik di pencernaan bisa lebih aktif 😍

1 porsi
10 menit
Telur Ceplok Siram Brokoli

Telur Ceplok Siram Brokoli

#BikinRamadhanBerkesan... Hari ke-16... Sajian praktis dikala waktu masak mepet seperti saat sahur...^^.

Balado Kripik Kentang

Balado Kripik Kentang

29/05/2018#BikinRamadanBerkesan. (14) menu yang cocok untuk sahur karena awet buat disimpan dan awet kressss.

Sop buah naga#anti ribet#siap ramadhan

Sop buah naga#anti ribet#siap ramadhan

#AntiRibet aku mah klo bikin asal asalan aja,di situ ada bahan,ya Udah deh . . . Bikin smua nya di campur,masuk smua,yng penting bisa di makan🀲

5 orang
15 menit
Kolak Ramadhan Buken

Kolak Ramadhan Buken

katanya sih kudapan wajib di bulan puasa, belum lengkap kalau belum buat menu satu ini #siapramadhan

Ice Thai Tea blend ala lucy's topping crunchy ball violet

Ice Thai Tea blend ala lucy's topping crunchy ball violet

Pas lg sahur kepengen minum es. Karena ku punya bubuk thai tea, akhirnya aku buat es blender thai tea dengan toping crunchy ball warna ungu :)

1 gelas
+/-3menit
Sup ayam sederhana

Sup ayam sederhana

Cocok banget untuk menu sahur, hangat dan gurih kaldu ayam asli pas banget di lidah. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunityIndramayu

30 menit
Rolade Bayam Telur Cemilan Simpel Enak Buka Puasa

Rolade Bayam Telur Cemilan Simpel Enak Buka Puasa

jadi kita pengen buat rolade. tapi pake bayam.. dan ini kita goreng nya pake telur yaa.. g pake tepung.. karena kita lebih suka.. rasanya lebih enak πŸ‘πŸ‘

4 orang
30 menit