Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Mochi Kacang Merah yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada December 19, 2021

Mochi Kacang Merah

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Mochi Kacang Merah yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Mochi Kacang Merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Mochi Kacang Merah, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mochi Kacang Merah bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Mochi Kacang Merah biasanya untuk 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Mochi Kacang Merah diperkirakan sekitar -+ 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mochi Kacang Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mochi Kacang Merah memakai 19 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sehari sebelum ramadhan ibu2 komplek mau adain acara makan bersama. Masing2 bawa masakan. Tapi saya pilih bawa kue aja hehe... Pilihanku jatuh pada kue mochi dan risol. Sebenarnya adonan mochi ini adalah mochi sukabumi tapi isinya saya ganti dengan kacang merah bukan kacang tanah. https://cookpad.com/id/resep/14731182-mochi-sukabumi-isi-kacang-331?invite_token=tnxw2xzYAYYzSVtCygbTPWFR&shared_at=1618484434

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mochi Kacang Merah:

  1. 200 gr tepung ketan
  2. 15 gr tepung beras
  3. 250 ml air
  4. 80 gr gula pasir
  5. 10 gr mentega putih
  6. 1/4 sdt garam
  7. 1/2 sdt vanili
  8. Pewarna makanan biru dan merah
  9. Bahan baluran:
  10. 50 gr tapioka
  11. Bahan isian:
  12. 250 gr kacang merah
  13. 200 gr gula pasir
  14. 50 ml minyak
  15. 1/4 sdt garam
  16. 3 sdm tepung beras ketan
  17. Secukupnya air matang untuk merendam
  18. 500 ml air matang untuk merebus kacang (kalau kurang tambahkan)
  19. Secukupnya air matang untuk memblender

Langkah-langkah untuk membuat Mochi Kacang Merah

1
Cara buat pasta kacang merah: rendam kacang merah 3 jam, banyaknya air cukup sampai semua kacang terendam tidak usah banyak-banyak. Setelah 3 jam direndam, rebus kacang merah sampai lunak.
2
Setelah direbus, masukkan semua bahan pasta kacang merah ke dalam blender, tambahkan secukupnya air. Blender sampai halus.
Mochi Kacang Merah - Step 2
Mochi Kacang Merah - Step 2
3
Masukkan bahan blenderan ke dalam panci, masak sampai teksturnya memadat.
Mochi Kacang Merah - Step 3
Mochi Kacang Merah - Step 3
Mochi Kacang Merah - Step 3
4
Mochi Kacang Merah - Step 4
Mochi Kacang Merah - Step 4
5
Setelah itu biarkan dingin, lalu bulatkan besarnya sesuai selera. Kalau saya tiap bulatan beratnya 10 gr.
Mochi Kacang Merah - Step 5
6
Sangrai tepung tapioka untuk baluran dengan api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk. Kalau tepung sudah terasa ringan berarti sudah cukup, matikan api.
7
Membuat kulit mochi: campur tepung ketan dan tepung beras, aduk rata. Tambahkan air, garam, vanili, gula, aduk rata. Tambahkan mentega putih, aduk terus sampai mentega putih larut. Panaskan kukusan.
Mochi Kacang Merah - Step 7
8
Bagi dua adonan sama besar. Masing2 beri pewarna makanan, lalu aduk rata.
Mochi Kacang Merah - Step 8
Mochi Kacang Merah - Step 8
9
Bila kukusan sudah panas, kukus kedua adonan selama 10 menit.
Mochi Kacang Merah - Step 9
10
Setelah 10 menit, buka tutup kukusan, lalu aduk adonan agar bagian bawah adonan juga ikut matang karena bagian bawahnya masih mentah sedangkan bagian atas adonan sudah matang.
Mochi Kacang Merah - Step 10
Mochi Kacang Merah - Step 10
11
Setelah diaduk, kukus lagi 10 menit.
Mochi Kacang Merah - Step 11
12
Kalau sudah, matikan api. Adonannya matang, diamkan adonan sampai hangat.
Mochi Kacang Merah - Step 12
13
Taburi meja dengan tapioka sangrai. Ambil sedikit adonan (saya 16 gr). Baluri dengan tapioka sangrai, pipihkan, beri isian kacang merah, lalu bulatkan, baluri dengan tapioka sangrai. Lakukan sampai adonan habis.
Mochi Kacang Merah - Step 13
Mochi Kacang Merah - Step 13
Mochi Kacang Merah - Step 13
14
Kue mochi bisa langsung disajikan. Kalau mau disimpan, taruh diwadah tertutup agar permukaannya tidak keras.
Mochi Kacang Merah - Step 14
Mochi Kacang Merah - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sup Timun Telur ๐Ÿฅ’

Sup Timun Telur ๐Ÿฅ’

Sup yang simple dan sejuk di perut, pas banget uk menu sahur. ๐Ÿฅ’ Kalo suka bisa ditambah lada bubuk ya โค๏ธ

Capcay komplit

Capcay komplit

Biasanya kalo sahur kami hanya bikin telur ceplok atau ikan sarden kalengan. Kali ini sengaja siapkan sayur yang sudah dipotong sorenya, dan pagi saat sahur tinggal cemplung. Bumbunya juga cuma bawang putih bawang merah dan cabe rawit. . . #GoDa_Parcel #GoyangDapurRamadan #Parsel_week1 #Parsel_VivinSugiana #komunitaspaders #cookpad_paders

Sempolan Jamur

Sempolan Jamur

Recook resepnya @Mai Ning Room TV Kalo biasanya saya jumpai jajanan sempol ayam yang anak-anak gede saya doyan banget. Begitu nemu resep sempol jamur ini langsung pengen nyoba, saya bikin 1/2 resep dan hasilnya enakkk, gurih dan nagih. Pas banget buat cemilan buka puasa. Resepnya saya tulis ulang dengan beberapa modifikasi. #PejuangGoldenApron3 #HomeCooking #CookpadCommunity_Bogor

Ikan nila bakar

Ikan nila bakar

Assalamualaikum Cookpaders.. Ini lauk buat penyemangat buka puasa, juga semangat didapur pastinya, bikin bakar bakaran seperti ini ni,, harumnya serumah rumah. Yang lagi di kamar, lagi dijalan nanyain "masak apa oii harumnya " (lebay๐Ÿ˜…๐Ÿ˜œ) Sewaktu mengulek bumbu rempahnya jadi ingat manfaat bahan bahan yang saya olah, ternyata banyak sekali, apalagi saya tidak hanya menggunakan satu bahan saja untuk bumbu, ada kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih dan lainnya . Ini berkat ikut kelas rakit herbal beberapa hari kmren. Makasih Cookpad Indonesia, sudah diberikan kesempatan untuk belajar , smoga kedepannya Cookpad semakin berkembang dan sukses selalu ๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘. Sumber resep : Gonzaga Pratiwi #POSBARGEMBIRA #kampoengramadan #Cookpadcommunity_Sumbar #niungniung #Cookpadcommunity_palembang #wongkitogalo

3 porsi
60 menit
Cincau Segar Sangat Mudah ala Ummu Anisah

Cincau Segar Sangat Mudah ala Ummu Anisah

Buka puasa di Bulan Ramadhan saya ingin minum yang segar-segar. Saya teringat minuman segar buatan ibu saya. Ibu menyebutnya setup. Bahannya dari pisang kepok, cincau, kolang-kaling, dan tanpa es. Kadang pisang kepok diganti blewah. Alhamdulillah saya punya cincau bubuk. Saya suka cincau dimakan biasa seperti agar-agar. Kali ini saya ingin coba membuat seperti yang ibu saya buat dahulu. Airnya hanya saya buat sedikit. Kalau ingin banyak, tinggal dilipatkan sendiri, ya. Percobaan pertama kurang manis. Next, ditambah lagi gulanya. #EsDicampur #PekanPosbarEsCampur #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Malang

2-3 orang
ยฑ30 menit
Pisang goreng pasir

Pisang goreng pasir

Assalamualaikum Cookpaders.. Sebenarnya kmrennya sdh buat pisang goreng, karena masih ada separuh sisir jd dibikin ini aja, ternyata lebih enak apalagi ditaburin coklat leleh di atasnya jadi semangat buat buka puasa ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘๐Ÿ˜˜. Oiya ini juga buat dikirim ke temen temen rakit herbal yang digrup kunyit ya, seneng ya bisa dapat temen baru dan bisa belajar bersama, dan sekarang jadi tahu, semua manfaat bahan rempah yang ada di dapurku ๐Ÿ‘, makasih juga buat mincannya mbak aprina ๐Ÿ˜˜, tetap semangat ya , smoga kita sehat selalu ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜. Sumber resep : Dian Nurindah #POSBARGEMBIRA #kampoengramadan #olahanpisangniung #niungniung #Cookpadcommunity_Sumbar #Cookpadcommunity_palembang #wongkitogalo

10 bh
25 menit
Bubur Sumsum Siram Candil

Bubur Sumsum Siram Candil

Kepingin candil tapi kepingin bubur sumsum juga, gak masalah.. mari disatukan aja๐Ÿ˜†. Dulu kalau beli bubur sumsum di tukang jualan, candilnya disatukan dalam adonan bubur sumsum, jadi kalau pas nyuap dapet candilnya serasa dapet harta karun!๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Alhamdulillah ngenyangin banget nih buat buka puasa๐Ÿ˜ Notes : Kalau mau ngerebus candilnya langsung di kuah gula juga boleh ya, tapi pastikan kuah gulanya disaring dulu agar bersih dari ampas2 kelapa. Di resep ini saya rebus candilnya terpisah dari kuah gula. #CookpadCommunity_Bandung

Pepes Ikan Kembung

Pepes Ikan Kembung

Alhamdulillah hari ini sudah hari ke-6 Ramadan. Semoga ibadah puasanya berjalan lancar dan berkah ya Bunsay..๐Ÿค— Menu hari ini pepes ikan kembung. Sudah lama Paksu ngidam pepes, tapi tak kunjung terlaksana jua, dan akhirnya terealisasikan juga..๐Ÿ˜€ Foto ala kadarnya, maklum masih minim ilmu perfotoan, semoga ke depannya ada yg berbaik hati mengajarkan ke saya..Jujur aja agak minder kalau lihat resep Bunda-Bunda yg lainnya..๐Ÿ˜… #JadiPejuangGALagi_Ramadan

Es Tape Singkong Pandan Rumput Laut

Es Tape Singkong Pandan Rumput Laut

setiap buka puasa enaknya berbuka pake yang segar- segar kan? Tiba-tiba muncullah ide bikin es teler karena ada tape di rumah, tapi kalau bikin es teler harus beli bahan lain lagi keluar, jadi ya udah eksekusi yang ada di rumah aja.

Korean Milk Cream Donuts

Korean Milk Cream Donuts

Recook ini sudah lama tapi antri nulis resepnya ๐Ÿคญ jadi baru tayang Hari ini, donut yg lezat berpadu milk cream yg mania dan gurih membuat donat ini menu yg pas untuk nemenin berbuka puasa... #PejuangGoldenApron3 #cookingispassion #cookingischallenge #Cookpadcommunity_Jakarta #AnekaDonat #KoreanMilkCreamDonuts #MenuBerbukaPuasa Resource : Erika Damayanti "Cemilan Kakak Mika"

Jus Pepaya lemon

Jus Pepaya lemon

Pepaya ity buah wajib sehari- hari di rumah.. Dimakan langsung enak di jadikan minuman juga enak apalagi di bulan puasa ini.. suegerr๐Ÿ˜‰

Tumpeng Mini #Rakit

Tumpeng Mini #Rakit

Tumpeng sengaja kubikin buat ngerayain group lengkuas yg sudah selesai ikutin kegiatan #Rakit di cookpad Tumpeng mini ala akoh y cuma ini pas yg makan berdua jadi y simple aj Makasih cookpad udah ijinin ak gabung di program rakit yg ak bisa tau soal bumbu dapur bisa jadi obat juga..semoga kedepannya cookpad lebih sering ngadain program sejenis yg sangat bermanfaat bagi masyarakat luas...tank you cookpad lope2 dahโค๏ธโค๏ธโค๏ธ #KemenanganGroupLengkuas #PosbarKemenangan #TumpengminiRakit #POSBARGEMBIRA #CookpadCommunity_Bogor (Gerakan masak bareng ramadan asyiiik)

2 porsi
1 jam
Singang Bawal (khas sumbawa,NTB)

Singang Bawal (khas sumbawa,NTB)

Bismillah.... Pengen makan yang seger"buat menu sahur,ingat masih ada simpanan bawal di kulkas,akhirnya masak menu khas daerahku sumbawa NTB,Singang/pindang kuning kalau di sumatera,asem asem segeeeeerrrrr #PejuangGoldenApron3 #Minggu_ke02 #GengPejuangDapur

Cream Soup (Fibre Creme)

Cream Soup (Fibre Creme)

Alhamdulillah puasa hari ke-5 masak ini. Meski tidak ada susu, bisa diganti dengan fibre creme. Semoga barakah โค Sabtu, 17 April 2021 / 5 Ramadham 1442

2-3 orang
30-45 menit
Sosis mozzarella

Sosis mozzarella

Gimana ibuk ibuk.. Udah punya ide utk bikin cemilan buat anak anak supaya doyan buka puasa ? Cemilan ini saya bikin khusus ibu ibu yg nggak punya waktu banyak.. Tetapi hasilnya bikin semua keluarga suka... #menudadakan #masaksimple

2 orang
116. Mie goreng Bahagia๐Ÿ’

116. Mie goreng Bahagia๐Ÿ’

SELAMAT HARI KARTINI BUAT PARA IBU DAN SELURUH WANITA HEBAT PEJUANG DAPUR...Semoga selalu diberi kesehatan, semangat dan cinta buat keluarga... MENU buka puasa penuh rasa Bahagia karena dibuat dengan rasa bahagia di hari istimewa,... #KampungRamadan #Ramadhan 1442 H hari ke 9 #HappyWomen'sDay-210421

5 porsi
30 menit
Asem Asem Daging Wortel

Asem Asem Daging Wortel

Seger banget apalagi disajikan buka puasa #PejuangGoldenApron3 #MasakAsyik #GodaTeflon_Minggu47 #Cookpadcommunity_Malang #Cookpadindonesia #Cheylvia

Es Poteng

Es Poteng

Bismillah... Sudah masuk pekan ke-2 bln ramadhan. Semakin pusing sama takjil, mo bikin apa? Mau nya bikin yg simpelยฒ aja, sesuai kelas Rakit kemarin. Ngomongin kelas Rakit, alhamdulillah sudah pada tahap kelulusan nih. Untuk ngerayain kelulusan kelas Rakit aku buat menu takjil yg cukup simpel tp rasa tetap seger. Yuk kepoin ๐Ÿ˜ Resep kreasi es lainnya dpt di lihat di #SegerAla_Elloet SC: Imaami #PejuangGoldenApron3 #PosbarGembira #CookpadCommunity_Kediri #EsDicampur #CoboyRamadan_EsSuegerRek #CoboyWani #CookpadCommunity_Surabaya #KampoengRamadan #KreasiBuah #KreasiEs #MasakAsyik #SimplyTasty #LezaTo

Es Timun Blewah Selasih

Es Timun Blewah Selasih

Ikutan acara program rakit dari cookpad dengan tema obat herbal dari dapur. Materinya sangat bagus, dari materi tersebut kita jadi tahu bahwa bahan bahan yg ada di dapur dapat di olah menjadi obat obatan alternatif atau obat herbal untuk meredakan beberapa penyakit. Karena minggu ini adalah minggu terakhir untuk merayakan keluluan program rakit semua anggota diberi kesempatan untuk memposting aneka resep (makanan atau minuman) Bertepatan dengan bulan ramadhan saya posting minuman untuk berbuka dari buah buahan alami yg rasa nya adem dan segar yaitu ketimun dan blewah, dimana kita tahu bahwa ketimun dapat menurunkan hipertensi apabila di konsumsi secara rutin #PosbarGembira #PekanPosbar #PekanPosbarEsCampur #EsDicampur #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

rame rame
25 menit
Korean Orange Syrup (Sirup Jeruk Homemade)

Korean Orange Syrup (Sirup Jeruk Homemade)

Cocok banget buat buka puasa, selain seger juga sehat sirup bikinan sendiri tanpa pemanis buatan, manisnya bisa disesuaikan. Rasa asam dari buah tetap ada. Dan juga saya tambahkan madu kurma. Makin endul deh pokoknya ๐Ÿ˜Š #PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa

Banyak
15 menit