Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya yang Lezat Sekali

Dipos pada June 14, 2018

Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya memakai 13 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cemilan tradisional ala Timur Tengah yg biasa disajikan sebagai pendamping Gahwa(Arabic coffee), juga sebagai sajian takjil di bulan Ramadhan ini ada 2 macam ya. **Luqaimat yg tradisional alias jadul seperti ini teksturnya lebih renyah diluar,tapi empuk agak ada chewy didalamnya. **Sedang Luqaimat model kekinian/modern,dia lebih mirip tekstur donut,empuk saja, tidak ada sensasi renyahnya,tetapi yg special karena didalamnya biasa diberi isian berupa keju, dan untuk anak-anak sih biasanya memang lebih suka yg Luqaimat versi kekinian/modern. Untuk luqaimat kekinian/modern resepnya sudah pernah saya share dari 2.taun yg lalu kalo tidak salah,silahkan dicek ulang ya🙂 Luqaimat seperti ini juga ada di negara lain,hanya sebutannya aja yg berbeda,seperti di Turki lbh dikenal dgn nama Lokma. di Greek/Yunani biasa dikenal dgn nama Loukoumades. Dan di Lebanon biasa dgn sebutan Zalabya. NOTE: **Saya suka menambahkan yogurt pada adonan Luqaimat, karena akan membikin rasanya lebih tasty serta tekstur renyahnya tetap renyah empuk,bukan renyah yg keras. **Untuk Syira/sugar sirup atau sirup gula,disini biasa saya tambahkan dgn sejimpit saffron/za'fran kesukaan orang dirumah, jadi kalo tidak punya saffron ganti aja sama vanili atau pandan atau kayu manis atau sesuaikan saja selera dan stok masing-masing ya,dan juga kalo males bikin sirup gula bisa juga diganti dengan kucuran madu,sirup kurma ataupun susu kental manis.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya:

  1. A).Bahan Syira/Sugar Syrup:
  2. 1 cup gula pasir
  3. 1 cup air
  4. 1 sdm perasaan jeruk nipis/lemon
  5. Sejimpit saffron/za'fran (skip Jika tdk ada/ganti sprti note)
  6. B).Bahan Luqaimat:
  7. 125 gram tepung terigu
  8. 1 sdm maizena (corn flour/corn starch)
  9. 2 sdm yogurt
  10. Secukupnya air hangat suam kuku
  11. 1 sdt ragi (saya pakai Instant Active yeast)
  12. 1 sdt garam halus (atau sesuai selera)
  13. 1 sdm gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya

1
Catatan=peran Ragi sangat penting,jadi kenali jenis ragi yg masing-masing, biasanya terdapat petunjuk dibungkusnya, disini saya pakai Instant active yeast yg bisa langsung dicampur ke adonan.
2
A). Membuat Syira atau sugar syrup: dalam panci campur semua bahan yg ada (di.bahan.A), masak sambil sesekali diaduk, hingga mengental seperti sirup gula pada umumnya.
3
B). Membuat Luqaimat= dalam baskom, masukkan tepung terigu, maizena, ragi,gula pasir, yogurt dan garam.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 3
4
Masukkan air hangat suam kuku, (takaran air yg saya pakai sekitar 100.ml, jadi gunakan seperlunya, sampai adonan terlihat seperti foto) nuang airnya sedikit demi sedikit sambil kita uleni, hingga benar-benar halus dan tidak bergerindil lagi. tekstur adonan HARUS LEMBEK LENTUR ya, BUKAN KALIS. Penampakan adonan, seperti foto dibawah.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 4
5
Jika adonan sudah benar benar halus dan jika ditarik bisa seperti lentur, tutup rapat wadah dengan plastik wrap,dan istirahatkan, biarkan adonan menggembang 2 kali lipat, butuh waktu kira kira 45 menit sampai 1 jam, tergantung suhu ruangan juga, setelah adonan mengembang dia akan lebih nampak berpori seperti ini ya.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 5
6
Ambil spatula/sendok celupkan dulu spatula/sendok kedalam air sebentar, agar tidak terlalu lengket saat dibuat mengaduk.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 6
7
Siapkan minyak agak banyak, nyalakan api kompor dan tunggu hingga panas. siapkan juga wadah atau mangkuk yg berisi air taruh disebelahnya, air ini fungsinya untuk mencelupkan tangan kita sebelum mengambil adonan, agar tidak lengket.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 7
8
Setelah minyak sudah benar-benar panas, sekarang proses menggoreng, pertama celupkan tangan kita kedalam AIR DIMANGKUK, lalu ambil adonan dengan cara dicomot dikit-dikit.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 8
9
Pokoknya intinya, sebelum ngambil adonan, tangan basahi dulu dgn air, nah adonan dicomot dikit dikit, langsung masukkan ke minyak yg udah panas.😁 Gak perlu khawatir dgn bentuknya ya, jika sudah menggembang biasanya akan bulat dgn sendirinya,dan untuk luqaimat jadul ini memang biasanya bentuknya bulat itu memang TIDAK beraturan. Goreng dengan api sedang sambil diaduk aduk hingga kecoklatan renyah.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 9
10
CARA KEDUA PROSES MENGGORENG= cara ini buat yg males tangannya belepotan 😁, yaitu dengan cara= masukan adonan yg sudah menggembang kedalam pipping bag/ plastik segitiga lalu gunting ujung plastiknya, besar lubangnya sesuaikan aja, dikira-kira sendiri ya.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 10
11
Nah, jika minyak udah panas, tinggal dipencet aja dari plastik sedikit demi sedikit, tiap adonan keluar dari ujung plastik,tarik dan cubit adonan dgn tangan kita yg satunya agar adonan keluar membentuk bola bola, lalu lanjut goreng
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 11
12
Goreng dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga kecoklatan renyah, kalo saya lebih suka warna yg kecoklatan gelap ya, biar lebih renyah. tapi jika suka warna yg kekuningan silahkan sesuai selera.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 12
13
Angkat, tiriskan, selagi panas kucuri dengan Syira atau sirup gulanya, atau bisa juga dengan susu kental manis, atau madu atau juga sirup kurma.
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 13
14
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🌹❤️
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 14
15
Untuk resep Luqaimat model kekinian/modern,silahkan klik resep saya sebelumnya ya, dilampiran berikut 👉
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 15
16
Dan untuk pelengkap perfect_nya dgn secangkir panas Gahwa/Arabic coffee, Untuk resep silahkan klik lampiran 👉
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 16
17
Bikin lagi dengan topping SKM, coklat dan kacang pistachio cincang 😋😋👌
Luqaimat/ Lokma/ Loukoumades/ Zalabya - Step 17

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Loukumades si bulat imut 🥰

Loukumades si bulat imut 🥰

#PejuangGoldenApron3 Beberapa kali liat resep loukumades di beranda akhir² ini,setelah odading nie kue termasuk lagi viral juga,nyoba resep loukumades dari bunda @WardatElOuyun sebenarnya di makan tanpa toping juga enak karena kue nya uda gurih ☺👍

Es susu jelly

Es susu jelly

Bismillah... Bikin minuman ala ala lg dgn bahan seadanya... yg penting krucil suka...

1 gelas
Es  Timun Serut

Es  Timun Serut

Minuman fav suami nih...

Homemade Choco Boba

Homemade Choco Boba

3 orang
1.5 jam
#43 Es Tape Ketan Cocopandan

#43 Es Tape Ketan Cocopandan

Bismillah.. Dapat oleh-oleh tape ketan dari Magelang. Pas tiba ditangan, pas matang tapenya, pas lagi manis-manisnya banget, pas buat bikin yang segar-segar.

1 gelas
Agar Sirsak Cocopadan

Agar Sirsak Cocopadan

Buah sirsak adalah buah yang banyak sekali manfaat untuk kesehatan diantaranya; menjaga daya tahan tubuh dengan kandungan Vit. C dan antioksidan, mencegah kanker, mencegah infeksi dan peradangan dan banyak lainyam (Sumber: HaloDok) nah beberapa hari ditempat saya bener-bener panas, ingin yang seger2 tapi yang ringan. Karena ada buah sirsak dari tetangga dan bosen d jus akhirnya buat lah resep ini. Oh iya sirsak ini mengandung

Kunafah/Arabic Sweets (No Oven)

Kunafah/Arabic Sweets (No Oven)

Sudah 2 tahun tinggal di Jeddah, tapi belum pernah mengeksekusi satu pun manisannya. Kunafah ini merupakan manisan favorit saya. Pertama rasa langsung jatuh cinta. Biasanya kalo kepingin tinggal beli. Tapi kali ini, mencoba untuk buat sendiri. Hasil searching di youtube, ketemu resep kunafah yang simpel dari channel Asheek Cookbook yang masaknya cuma pake teflon. Walaupun masih belum sesempurna seperti di restoran-restoran tapi rasanya udah dapat. Alhamdulillah puas. Di Indonesia, dough kunafah ini bisa didapat di toko-toko makanan arab atau bisa beli online seperti di shopee atau tokopedia. #PejuangGoldenApron2 #week39 #kunafe #arabicsweets

2 porsi
Bolu klasik ABCorange tanpa mixer🍩🍹

Bolu klasik ABCorange tanpa mixer🍩🍹

Bolu ini resep tante dikampung,klo bikin bolu ga pake mixer.,dia hanya pake kocokan kue jadul,tetap ngembang dan lembut. yg g punya mixer dapat buat bolu sendiri d rmh ya.. happy Weekend.. happy cooking mom's n sis🥰🤗

1 loyang
Pisang ijo Bugis

Pisang ijo Bugis

Resep ini hasil reecook dari @teh Agie, mohon maaf ya teh saya agak modif sedikit aja 🙏 terima kasih 🤗 sekalian ikut #BandungSilihAsaan_Hejohejo di #BandungCookpadCommunity, nah sekalian juga nih saya setor buat minggu ke #5 untuk #PejuangGoldenApron3😁

6-7 pcs pisang
Puding Sutera Kelengkeng

Puding Sutera Kelengkeng

Ada sisa kelengkeng di kulkas jadi pengen bikin sesuatu yang berbeda selain cuma dimakan aja. Akhirnya kepikiran bikin puding buah. Cari-cari di cookpad, nemu akun Lila W Lestari. Coba bikin di rumah ternyata anak-anak pada suka. Apalagi kalau dimakan dalam keadaan dingin. Di resep asli pakainya sirup coco pandan. Kalau aku pakenya sirup pisang Ambon yang biasanya untuk pisang ijo, karena menurutku lebih pas aja rasanya. Tapi kalau ga ada, pakai cocopandan pun juga oke. Aku pakai sedikit aja sirupnya biar gak kemanisan. Oh iya, untuk kelengkengnya di resep asli pakai buah kalengan. Kalau aku pakai buah biasa yang kukupas sendiri.🤣 Makanya itu kelengkengnya kecil-kecil dan gak mulus. Tapi gak apa-apa lah ya. Daripada ga punya topping apa-apa. Oh iya, untuk topping menurutku bisa pake buah apa saja sih. Jadi gak harus kelengkeng sebenarnya. Selamat mencoba! #BanggaKirimRecook #PejuangGoldenApron3 #pudingsutera #dapursibungsu

20 cup kecil
Puff pastry homemade

Puff pastry homemade

Penasaran dengan bahan puff, akhirnya belilah korvset dan berhasil recook resep pak Ferdian

4 porsi
Scrumptious Chocolate Vegan Cake

Scrumptious Chocolate Vegan Cake

#Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar Siang ini saya membuat Scrumptious Chocolate Vegan Cake sebagai dessert makan siang keluarga yang terksturenya super moist dan rasanya nyoklat banget untuk meramaikan program  #BancakanOnlineBarengCookpad karena saya ingin banget dapet bonus #eBook “EnsiCookpadia

4 porsi
60 menit
Es Buah Naga Fiber Creme

Es Buah Naga Fiber Creme

Sehat selalu, semangaat selalu 💪💪, jangan putus asa. Kita raih kesembuhan dgn usaha dan tawakal. Aamiin. Minuman sehat tuk penunjang usaha kita 💖💖. Sehat selalu . Semangaaaat selalu. #Basidoncek #Sumandan_MakananSehat #PahlawanDapur #CookpadCommunity_Sumbar

3 gelas
25 _ 30 menit
Puding jeruk lapis tape ketan hitam

Puding jeruk lapis tape ketan hitam

Setoran posbar #Clover pekan ini tema dari mbk Lilis_DapoerTara #SemarakClover aneka olahan jeruk di #Semarak_JerukanHarimu . Kali ini aku bikin dari sirup jeruk aja yang praktis, ngabisin stok lebaran juga, gak apa apa ya, cuma meramaikan aja 😁. Aku lapis sama tape ketan, pas dimulut rasa jeruk yang manis asem berpadu sama rasa manis tape dan santan yang gurih, yummy deh, nano nano rasanya. #KreasiJerukanHarimu #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #GA_TheNextLevel #GAweek19

Telur Puyuh Kecap Korea (Mechuri-al Jangjorim/메추리알 장조림)

Telur Puyuh Kecap Korea (Mechuri-al Jangjorim/메추리알 장조림)

Gara-gara ketularan Go Moon Young [drama Psycho, But It's Okay], ada yg kepengen banget nyicipin. Akhirnya bikin dan resep asli sedikit ditambah biar cocok di lidah kita.

2-4 orang
45 menit
Es Nata de Coco Homemade

Es Nata de Coco Homemade

Pengen ngejajal apa betul nutrijell coconut alias nutrijell kelapa muda itu kalo diolah beneran rasanya bisa kayak dogan yg asli??? 🤔 Eh, ternyata bener lho! 😅 Disini kubuat kotak2 jadi mirip banget kayak Nata de Coco rasa & tekturnya, kalo pengen kayak kelapa muda asli bisa diserut pake serutan kelapa/tutup botol gerigi ya! 😉 Simply but Fresh & Sweet 😘🥃

Sedapetnya
10 menit
Almond Oatmeal Smoothies

Almond Oatmeal Smoothies

Vegan. Dairy-free. Low calorie. All-in-one breakfast smoothie! each serving: 294 kcal. Sarapan yang paling cocok untuk kalian yang sedang diet dan ingin menu mudah namun kaya nutrisi. Satu gelas mengandung kalori yang begitu rendah karena smoothie ini dairy-free (tanpa susu sapi). Ditambah lagi dengan bahan utama almond yang terkenal baik untuk kesehatan jantung. Juga oatmeal yang menyediakan serat tinggi akan membuat perut kenyang setelah meminum ini di pagi hari. Hanya dalam 10 menit, smoothie yang tinggi protein, serat, vitamin, dan antioksidan siap menyegarkan harimu! Almond is my all-time favorite nut. Tergolong sebagai superfood, almond mengandung 15 zat nutrisi yang membuatnya begitu padat dengan nutrisi (nutrient-dense). Diantaranya adalah vit E, antioksidan, riboflavin, magnesium, dan kalsium. Biasa saya beli sekaligus 1 kilo dan saya habiskan untuk topping hampir semua menu breakfast saya atau untuk dimakan begitu saja untuk snack. Pokoknya pasti habis deh! Be delighted with this vegan but worth-to-try recipe! #smoothie #smoothies #almond #kacang #diet #almondmilk #vegan #dairyfree #menuvegan #menusehat #rendahkalori #breakfast #sarapan #menusarapan #minuman #minumansehat #menudiet #tanpasusu #vegetarian #benikasdelight

2 gelas
10 menit
Pisang Custard Pandan

Pisang Custard Pandan

Ceritanya kangen jajanan indo asal palu namanya palu butung.kebetulan di rumah lagi ada setok tepung custard .Kemudian mucul ide ini karna tepung custard enak di buat aneka jajanan.Tepungnya sudah wangi dan bewarna kuning ketika di larutkan di air.Yuk dicoba. #PejuangGoldenApron3 #CookpadComunity_Madinah

6 orang
30 menit
Dingsu

Dingsu

Puding simpel favoritku banget...bisa habis 1 loyang sendirian hahaha..ha..ini resep dari IG Mbak Dhilla Sina. Aku modifikasi sendiri sesuai seleraku..Yuk cobain.Ngglosor di tenggorokan..lembut kayak perosotan 🤣🤣

Pudding jeruk selasih cokelat

Pudding jeruk selasih cokelat

Semarak minggu ini tema nya jeruk.........bikin yg simple..... #Semarak_JerukanHarimu #KreasiJerukanHarimu #TidakSekedarMemasak #CookingwithHeartEatingwithLove #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

1 loyang