Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Candil yang Enak

Dipos pada October 18, 2018

Bubur Candil

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur Candil yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur Candil yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Candil, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Candil di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil:

  1. 500 gram tepung ketan (bagi dalam 2 wadah)
  2. 250 gram gula aren (lebih enak) atau gula merah
  3. secukupnya gula pasir
  4. 500 ml santal kental
  5. 1 sdm garam
  6. 3 lembar daun pandan
  7. 5 sdm tepung kanji

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil

1
Rebus gula aren atau gula merah dalam 500 ml air sampai gula larut,saring.
2
250 gram tepung ketan diberi air sampai bisa jadi adonan yang di pulun (dibulat-bulat kayak klepon). Masak dalam air dengan api kecil sampai terapung.Angkat dan tiriskan.
3
Masak kembali gula yang sudah disaring,tambahkan air 500 ml,masak dengan api kecil.
4
250 gram tepung ketan dan tepung kanji dicairkan dengan 300 ml air sampai tidak ada yang bergerindil.
5
Masukan biji ketan ke dalam air gula,masak hingga mendidih. Masukan adonan cair tepung ketan dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mengental. Masak hingga meletup-letup.
6
Masukan garam dalam santan. Aduk rata. Santannya tidak usah direbus lebih enak dan fresh. Pakainya kelapa parut bersih, disantan pakai air matang hangat.
7
Sajikan dalam mangkok. Siram dengan santan. Manis manis gula aren dan gurih santannya hmmmm
Bubur Candil - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur salmon bayam merah

Bubur salmon bayam merah

First time masak salmon for my kiddos Alhamdulillah si kecil suka 💕 Selamat mencoba mom ☺️🙏🏻

Untuk 2 kali makan
Bubur ayam express

Bubur ayam express

Ini ceritanya buat bubur ayam dengan memanfaatkan nasi yang gak habis yaa,mau buat nasi goreng juga bosan,jadi...jadilah bubur ayam ini😅...dan ini gak ada kerupuknya🤭karena gak punya stok kerupuk😅.

3 Porsi
2 jam
Bubur Jamur Enoki MPAsi 8+

Bubur Jamur Enoki MPAsi 8+

Mamak babang okka masaknya sllu pake sayur yg ad di rmh y mak.... Jd g saklek kudu 4 bintang dll.... Yg penting ngandung protein,serat,&karbo ....

Bubur ayam jamur

Bubur ayam jamur

Dari beberapa hari ini nyari bubur langganan gak jualan... Padahal udah mupeng banget gaes.... Yoweslah akhirnya bikin sendiri dan rasanya gak kalah sama pas beli yuks cobain, ini buat dengan sederhana banget bahan seadanya di kulkas 🤩😘

🍜Bubur Asyura'

🍜Bubur Asyura'

Bismillah... Untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram yang di sebut juga dengan bulan 🌙 Asyura',yang jatuh tepat pada tanggal 10 Agustus kemarin.setiap daerah menggelar acara tradisi,seperti juga halnya dengan daerah saya Sumbawa,setiap 🌙 Muharram selalu menggelar tradisi ,berbondong² membuat/memasak Bubur/Nasi Asyura',yang nantinya akan di sajikan pada hari Jum'at setelah selesai melaksanakan ibadah Sholat Jum'at.nah karena saya berada jauh dari kampung halaman,saya tetap melaksanakan tradisi daerah saya,namun sy memasak bukan pada hari Jum'at dan hanya saya sugukan buat keluarga dan tetangga saja.yuukk langsung capcus aja!!!

Mpasi 7 bulan: bubur sapi labu siam

Mpasi 7 bulan: bubur sapi labu siam

kali ini aku masak pakai sc ya moms🤗

2 kali makan
2 jam slow cooker
Bubur daging ayam 6M+

Bubur daging ayam 6M+

Pertama kali menu 4* untuk Razka, bismillah yaa

2 porsi
2 jam
Bubur rice cooker

Bubur rice cooker

Lagi pengen sarapan bubur ayam. Gak pernah bosen sama menu yg satu ini... berhubung gak ada yg jual jadi kita bikin sendiri aja... kebetulan ada sisa nasi jadi kita bikin pake rice cooker biar gampang 🤭😂

MPASI 9bln Bubur Tim

MPASI 9bln Bubur Tim

Instan mix homemade

Bubur ayam

Bubur ayam

4 porsi
Bubur Ayam Chinese

Bubur Ayam Chinese

Beberapa hari ini suami Bapil parah,makannya uda ga napsu ini itu,jadi supaya tetep makan aku buatin aja bubur ini,jam 3 subuh aku buat,karena bubur mama ini enak bgt,papaku selalu nambah2 makan bubur.

5 mangkok
Bubur Kacang Hijau Candil

Bubur Kacang Hijau Candil

Sudah seminggu lebih ditinggal mama tercinta untuk selamanya. Memasak masakan khas keluarga dengan resep mama adalah salah satu cara mengenang memori indah bersama yang menyenangkan 😊 Dulu waktu kecil sering sekali dibuatkan bubur ini, sering juga bantu mama bulat-bulatkan candilnya. Kalau sudah matang bisa bulak-balik dapur untuk nambah 😂. Maklum dulu saya termasuk picky eater, jadi kalau suka salah satu makanan ya makannya bisa banyak sekali.

Bubur Candil Ubi

Bubur Candil Ubi

Memanfaatkan sisa ubi kuning #BikinRamadanBerkesan Source : Nur Sabatiana

Bubur Candil Ubi #pekaninspirasi

Bubur Candil Ubi #pekaninspirasi

source mba Anggun (yang sudah saya modifikasi) #bikinramadanberkesan

3 porsi
30 menit
Bubur Candil

Bubur Candil

Source : mb Lis Achmady Pingin bikin, tp yg doyan cuman aku n si princess Resep ini pas jadi 2 mangkok n ga begitu manis..suka deh Oh iy , si bulat2 tepung ini, sebenernya gasah diberi pewarna sih mom, toh nti ketika adonan dicampur dg kuah gula merah, akan berubah Warna menjadi coklat spt gulmernya. Ini request my princess yg pingin pewarna makanan pink rose yg kmi beli bbrp wkt lalu, dipakai😊

3 porsi mangkuk
Katiri mandi ubi ungu

Katiri mandi ubi ungu

Dapat reseb dari bunda ei..😉 trimakasih ini simple bgt..😘Kebetulan di rmh ada ubi ungu langsung cepet2 ke dapur dan jadilah masakan ala sya.. 😂😂 ini klo di Jawa Timur nmanya bubur cendel.. 😍

Candil ubi kayu aka Candil Singkong

Candil ubi kayu aka Candil Singkong

Pembuatannya hanya ubi kayu tanpa penambahan tepung ya. Saat merebus candil jangan diaduk2 biarkan saja sampai mengapung