Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur Ayak Banjar yang Enak

Dipos pada January 7, 2019

Bubur Ayak Banjar

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur Ayak Banjar yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bubur Ayak Banjar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Ayak Banjar, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Ayak Banjar ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayak Banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayak Banjar memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayak Banjar:

  1. Bahan bubur
  2. 250 gr tepung beras
  3. 75 gr tepung terigu
  4. 3 sdt air kapur
  5. 250 ml air
  6. Bahan kuah bubur
  7. 250 gr gula merah
  8. 5 sdm gula pasir
  9. 200 ml air
  10. 1 liter air
  11. 1 bungkus santan kara segitiga
  12. 1 sdt garam
  13. Daun pandan
  14. Bahan kuah santan
  15. 500 ml air
  16. 1 bungkus santan kara segitiga
  17. 1/2 sdt garam
  18. Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayak Banjar

1
Bikin adonan bubur nya terlebih dahulu, campur semua bahan, aduk² hingga tercampur rata, tidak bergerindil dan cair nya sedang, tidak kental dan tidak pula cair. Sisihkan
Bubur Ayak Banjar - Step 1
Bubur Ayak Banjar - Step 1
2
Rebus gulmer, gulpas dan air 200ml hingga mendidih dan gula larut, lalu saring. Kemudian rebus kembali dengan santan dan tambahkan daun pandan serta garam. Aduk² sampai mendidih biar santan ga pecah.
Bubur Ayak Banjar - Step 2
Bubur Ayak Banjar - Step 2
Bubur Ayak Banjar - Step 2
3
Setelah mendidih kecilkan api paling kecil, lalu siapkan cetakan cendol atau saringan yg ada lubang besar nya.
Bubur Ayak Banjar - Step 3
4
Ambil sesendok adonan bubur, masukkan ke cetakan cendol/saringan, tekan atau digosok²an menggunakan punggung sendok tepat diatas kuah bubur yang sedang direbus tadi sehingga adonan berjatuhan kedalam kuah. Kerjakan terus sampai adonan bubur habis.
Bubur Ayak Banjar - Step 4
5
Kemudian aduk perlahan dan masak hingga mendidih, lalu mengental sedikit serta meletup², tanda nya bubur sudah masak dan matikan kompor.
Bubur Ayak Banjar - Step 5
6
Kuah santan: campur semua bahan, rebus sambil sesekali diaduk biar tidak pecah, hingga mendidih. Matikan kompor dan sisihkan.
Bubur Ayak Banjar - Step 6
7
Penyajian : Setelah bubur makin lama akan makin mengental, siapkan mangkok/piring saji, jadi taruh bubur terlebih dahulu baru siram dengan kuah santan nya. Siap disajikan.
Bubur Ayak Banjar - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

50. Bubur Ayam

50. Bubur Ayam

Badan kurang fit gara² sariawan, pengennya makanbyang alus², mau beli bubur males keluar juga akhirnya bikin bubur sendiri lah #KembalinyaGemesBund #CookpadCommunity_Malang

4 orang
1 jam
Bubur Nasi 5-30-7

Bubur Nasi 5-30-7

Membuat bubur nasi hemat gas.

5 porsi
45 menit
Bubur Ubi Ungu

Bubur Ubi Ungu

Ini tuh bubur ubi yg dibuat karna pengen aj. Jadi gak niat bikin dgn bahan seadanya d rumah. .

2 porsi
MPASI - Bubur Daging Kacang Merah

MPASI - Bubur Daging Kacang Merah

Mpasi Day 1 geva tergolong sukses 💕 Cuma ada bbrp hal yg akhirnya mommyG baru tau , (soalnya kebanyakan ngeliatin resep org sambil belajar dan akhirnya mulai bs nyesuaikan sma babyG) 1.

Bubur Sayur Telur

Bubur Sayur Telur

Bisa untuk menu MPASI.

Sup Labu Jun Maremi # ("bubur parem pumkin")

Sup Labu Jun Maremi # ("bubur parem pumkin")

Lagi musim hujan cuaca adem, kangen pulang kampung ke semarang dan tiba tiba teringat klo pagi di semarang ada mbok mbok jual jamu jun atau dikeluarga kami biasa disebut bubur parem.. melihat dirumah ada sebuah labu kuning (waloh), dan terinspirasi dengan jamu jun itu, maka jadilah "sup labu jun maremi" dan alhamdulillah rasanya hampir mirip inspirasinya... creamy, manisnya sumer sumer (manis ringan) hangat jahenya... hemmm...mantebb pokokmen lah.🙃😋

2-3 porsi
Bubur Kacang Ijo Empuk Merekah

Bubur Kacang Ijo Empuk Merekah

Kali ini pengen buat bubur kacang ijo buat sarapan. Merebusnya pake metode 5307, alhasil kacang ijo nya merekah dan empuk sempurna dan pastinya sangat hemat gas.

Mpasi 6m+ Bubur Ikan Tongkol

Mpasi 6m+ Bubur Ikan Tongkol

Saranku, jika bayi bunda memiliki riwayat alergi, sebaiknya berikan diusia 7-8 bulan ya bunda. Karena ikan ikanan dan telur berpotensi menyebabkan alergi.

6 porsi
Mpasi Bubur Nasi Gurih with tumis daging sayur

Mpasi Bubur Nasi Gurih with tumis daging sayur

Kenapa selalu hijau yaa?? Iya mam krna aku suka ngasih anakku sayuran hijau.... 😊 usia anakku 9bln ya mom... Tp krna tumbuh giginya baru otw jd masih agak halus 😁😁

Mpasi bubur bayi

Mpasi bubur bayi

Mpasi ke-14 baby key. Berhub bunda udh Kerja. Jd blm Sempat Beli Prohe,prona n sayur adek. Jd Makannya apa adanya dlu ya nak 😅.masyaAllah sekali Bayi ini sangat pengertian. Apa yg dbuat Bundanya slalu di Habiskan😍

2 porsi
Bubur Tim Telur Creamy (MPASI 9 Bulan)

Bubur Tim Telur Creamy (MPASI 9 Bulan)

Ini menu andalan kalo lagi masak harus extra kilat 😁

Bubur beras merah+wortel+tomat+telur. Day 2

Bubur beras merah+wortel+tomat+telur. Day 2

Nura selalu lahap makannya 😍💜

2-3x makan
Bubur Daging Sapi Wortel Jagung baby

Bubur Daging Sapi Wortel Jagung baby

Untuk bayi 11mo

2 porsi
Bubur kacang ala madura

Bubur kacang ala madura

Paksu pulang kerja bawa kacang ijo dan bahan2 nya alamat minta dibikinin kacang ijo..yaudh cus wlpn dngan si kecil yg sedang merengek Ga ada roti malkist pun jadi

2 orang
1 jam
Bubur Manado Sederhana

Bubur Manado Sederhana

Anak perempuan lagi sakit perut, enaknya makan yang hangat dan lembut. Bubur ayam udah bosen. Bubur sumsum gamau akhirnya nyoba buat bubur manado dengan bahan seadanya di rumah #buburmanado #dirumahaja

3 mangkuk
2 jam
Bubur kacang ijo dancow

Bubur kacang ijo dancow

8 orang
2jam15menit
Bubur tim dengan EVOO Olivoila for 9+ M

Bubur tim dengan EVOO Olivoila for 9+ M

Asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama yang terkandung dalam EVOO dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak Anda. Extra Virgin Olive Oil juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mencegah dan mengurangi penyakit asma.

2 porsi