Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Candil Hitam yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 5, 2018

Candil Hitam

Bagaimana membuat Candil Hitam yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Candil Hitam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Candil Hitam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Candil Hitam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Candil Hitam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Candil Hitam memakai 13 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Candil Hitam:

  1. Untuk Candil
  2. Umbi ungu
  3. Tepung kanji
  4. Gula
  5. Garam
  6. Untuk kuah
  7. Air
  8. Gula merah
  9. Pandan
  10. Santan
  11. Pengental
  12. Air
  13. Tepung kanji

Langkah-langkah untuk membuat Candil Hitam

1
Di sini saya akan membagikan hanya cara memasaknya saja. Tentang kuantitasnya, silahkan disesuaikan masing-masing.
2
Rebus umbi yang telah dicuci sampai empuk. Sudah itu, tumbuk ubi hingga halus.
3
Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit, garam sedikit agar gurih, dan gula sesuai selera pada adonan umbi halus.
4
Campurkan dengan tangan. Jika belum kalis, tambahkan lagi tepung kanji. Campurkan lagi hingga adonan kali. Jika telah kalis, bentuk bulat- bulat.
Candil Hitam - Step 4
5
Untuk kuahnya, panaskan air hingga mendidih. Kemudian masukkan gula merah hingga mencair. Sesuaikan manisnya sesuai selera. Masukkan daun pandan.
6
Jika telah mencair gulanya, masukkan bola-bola umbi satu per satu. Aduk-aduk sampai bola-bola mengapung atau dirasa telah matang.
7
Kemudian buat adonan untuk mengentalkan kuah candil. Caranya campurkan tepung kanji dengan air, aduk rata, kemudian masukkan ke dalam kuah candil. Segera aduk rata.
8
Jika Anda suka kuahnya yang kental, maka masukan adonan pengentalnya lebih banyak. Jika Anda lebih suka kuah cair, jangan terlalu banyak memasukkan adonan pengentalnya.
9
Masukan santan matang. Jika tidak suka disatukan, maka pisahkan santan nya.
10
Apabila sudah matang, matikan kompor. Ambil Candil dan kuahnya ke dalam mangkok, tambahkan santan matang di atasnya sesuai selera. Candil hitam siap dihidangkan. Jika tidak suka menggunakan umbi ungu, bisa menggunakan umbi yang lain, cara membuatnya sama saja.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Bentar lg mau ramadhan rasanya udah rindu aja sama c candil yg kenyel" ini ..

Jenang grendul jawa

Jenang grendul jawa

Si anak suka sama ini dari pada beli kan kita buat aja ya mam

5 porsi
Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Jajanan yang paling sering dijumpai di jalanan selama Ramadhan. Berhubung hari ini hujan dan kemarin udah beli ubi ungu. Jadilah candil ini. #edisiRamadhan #TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadhanCookpad

Kolak candil/biji salak

Kolak candil/biji salak

Klo puasa wajib bikin kolak ini. Ubinya bebas pake ubi mana aja, cm klo saya lebih suka ubi merah soalnya lebih lembut daripada ubi putih. Kolak kayak gini jg biasanya jd salah satu bakulan khas ramadan. #siapramadan #bakoelandariroemah #cookpadindonesia

Bubur Candil Pandan

Bubur Candil Pandan

Source: Mamah Galang #DiRumahAja #PejuangGoldenApron2 #anekabubur #buburcandilpandan

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Bola-bola ungu yang lezat perpaduan manisnya ubi dan asinnya santan; ditambah aroma pandan yang wangi mengundang selera. #PejuangGoldenApron3

5 porsi
60 menit
Bubur candil ketan super lembut

Bubur candil ketan super lembut

Berkali2 buat bubur dr tepung beras rasanya agak aneh saja rasanya.. iseng2 coba ketan pulut Thailand beli online, hasil super lembut, rasa bener2 kaya jajanan pasar Thailand di pasar apungnya.. betul2 rasa jajanan Thai.. langsung ludes... tuh..

Bubur Candil ala Semarang

Bubur Candil ala Semarang

Pas buat berbuka puasa..buat nya pun mudah ,resep milik Tintin Rayner yang udah lama banget aku cookmark hehehe..so masak yuk teman tetep semangat yaa..cekidot #FestivalRamadanCookpad #Ramadanpenuhidemasakan #RamadhanDiRumahAja #SelaluIstimewa #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_yogyakarta #MasakAsyik #GenkGadoGado #MasakItuMudah #DirumahAja #KeDapurAja

Bubur candil ubi kuning

Bubur candil ubi kuning

Sekali kali bikin takjil buat buka puasa, bikin yg simpel tapi enak 😁

Kolak Candil Ketan Putih

Kolak Candil Ketan Putih

kolak dengan candil dari beras ketan rose brand.

Jenang Candil Singkong 25 Ramadhan 1441 H

Jenang Candil Singkong 25 Ramadhan 1441 H

Liat2 galeri kok masih tersimpan resep ini..dari pada ga berbagi kan ga dpt pahala πŸ˜„ capa tau nanti ada yg puasa #Syawal eh pengen dah... #CookpadCommunity_Magelang #4Syawal1441 #Resepku269 #Resolusi20200527 #MasakItuSaya #DiRumahAja

4 porsi
Bubur Candil Ubi Madu

Bubur Candil Ubi Madu

Awalnya g suka lama2 jadi cinta 😍. Kenal bubur ni waktu di pare kampung Inggris banyak banget penjual bubur grendul ini. Tapi tiap kali beli teksturnya alot. Kalok dikasih kok keras dan dalemnya. Dan hari ni coba2 buat Alhamdulillah pas bahannya tersedia & hasilnya juara. Disajikan dingin lebih enak ya moms 😍. Pas ada tamu datang saya suruh nyicipin juga pada suka 🀩. Pengennya buat yg ungu tapi pas ubinya kosong, adanya ubi madu. 3 hari di dalam kulkas masih bisa dimakan & teksturnya masih bagus. #3weekschallenge #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Bubur Sumsum Siram Candil

Bubur Sumsum Siram Candil

Kepingin candil tapi kepingin bubur sumsum juga, gak masalah.. mari disatukan ajaπŸ˜†. Dulu kalau beli bubur sumsum di tukang jualan, candilnya disatukan dalam adonan bubur sumsum, jadi kalau pas nyuap dapet candilnya serasa dapet harta karun!πŸ˜„πŸ˜„ Alhamdulillah ngenyangin banget nih buat buka puasa😍 Notes : Kalau mau ngerebus candilnya langsung di kuah gula juga boleh ya, tapi pastikan kuah gulanya disaring dulu agar bersih dari ampas2 kelapa. Di resep ini saya rebus candilnya terpisah dari kuah gula. #CookpadCommunity_Bandung

Cendil ubi ungu πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Cendil ubi ungu πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Terinspirasi dari kk@rindy lestari di grup ini Tapi bhnbya ada yg di kurangi..

Jenang Grendul Ceria

Jenang Grendul Ceria

🌺Bismillah... Gara-gara pingin ikutan celens #WeekendChallenge & #SeptemberCeria. Akhirnya ngutak Atik bahan yang ada di Dapur. Nemulah tepung ketan seuprit dan tepung tapioka. Mumpung momentnya juga pas. Bikin grendul yang warna warni.

2 porsi
45menit