Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Manado yang Anti Gagal

Dipos pada January 6, 2019

Bubur Manado

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Manado yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bubur Manado yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Manado, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Manado sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Manado sekitar 10 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Bubur Manado diperkirakan sekitar 60 Menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Manado sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Manado memakai 27 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sudah lama tidak makan Bubur Manado, kebetulan sambel Roa masih ada sisa di lemari es, sayang bakwan nikenya abis, untung masih ada sisa bakwan teri, jadi lengkap sudah temennya bubur manado.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Manado:

  1. 400 gr labu kuning
  2. 200 gr ubi kayu
  3. 200 gr ubi jalar
  4. 200 gr talas
  5. 1 bh jagung
  6. 50 gr beras
  7. 1 ikat kangkung
  8. 1 ikan bayam
  9. 2000 ml air mineral
  10. Bumbu-bumbu:
  11. 1 bh bawang bombay iris dadu
  12. 4 siung bawang putih cingcang
  13. 8 siung bawang merah iris
  14. 3 batang serai digeprek
  15. 2 cm jahe digeprek
  16. 2 batang daun bawang iris 1 cm
  17. 1 ikat daun kemangi
  18. 3 cm daun kunyit
  19. 2 kotak kaldu ayam
  20. 1 sdm garam
  21. 1 sdt gula pasir
  22. 1 sdt totole jamur
  23. 3 sdm bawang goreng
  24. Biaya :
  25. Total Biaya Rp65K
  26. Bahan Rp40K
  27. Bumbu Rp15K

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Manado

1
Siapkan semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu
Bubur Manado - Step 1
Bubur Manado - Step 1
2
Panaskan air dalam wajan, masukkan beras dan semua bumbu (kecuali bawang goreng dan bawang daun)
Bubur Manado - Step 2
3
Setelah beras sedikit pecah, masukkan bahan mulai dari yang keras, ubi kayu berurutan sampai bahan yg lunak, setelah mateng, koreksi rasa dan masukkan daun bawang.
Bubur Manado - Step 3
4
Setelah benar-benar matang, masukkan kangkung, bayam dan daun kemangi. Siap dihidangkan, taburi dengan bawang goreng. Temennya bisa pake sambel Roa, Tahu Goreng, Ikan Asin atau bakwan nike.
Bubur Manado - Step 4
Bubur Manado - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI ayam suwir modif bubur fortifikasi (day 1)anak GTM 7 bln

MPASI ayam suwir modif bubur fortifikasi (day 1)anak GTM 7 bln

Tiba2 baby ga mau makan.. di suapi apa aja slalu tutup mulut...tapi klo minum dia suka..iseng2 buat ini lumayan dia mau makan lahap..

1 porsi
15 menit
Bubur Ayam buat MPASI

Bubur Ayam buat MPASI

Ini menu favorite si bontot, bubur nasi dan ayam kombinasi rasa yg pas banget

Day. 35 Bubur Sapo Tahu Udang (7 month+)

Day. 35 Bubur Sapo Tahu Udang (7 month+)

Mamanya kangen makan sapo tahu. Akhirnya bikinan juga buat si bayi dengan beberapa penyesuaian. Alhamdulillah doyan. Source: Wilda Wily.

(Menu MPASI 4* : 6+) Bubur Beras Merah Ati Goreng

(Menu MPASI 4* : 6+) Bubur Beras Merah Ati Goreng

Yeay bentar lagi baby 7 month 😄 gak berasa. Kayaknya baru aja deh kemaren mpasi pertamanya. Jadi menu ini lebih sedikit porsinya, karna teksturnya lebih kental dr sebelumnya 😊

3 porsi
30-45 menit
Bubur Kacang Ijo Mutiara

Bubur Kacang Ijo Mutiara

Si Kaka Ada tugas Menanam Biji kacang hijau akhirnya nyari stock kacang hijau dirumah jadilah beberes stock kacang-kacangan 😁 Masih edisi #dirumahaja

Bubur Kacang Ijo Metode 5.30.7

Bubur Kacang Ijo Metode 5.30.7

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Dari kandungan kalsium dan fosfor itulah maka kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Selain itu kacang hijau mengandung vitamin A, D, B1, B12, kalium dan kalori yang banyak manfaatnya untuk tubuh. (dikutip dari berbagai sumber). Kalau biasanya saya membuat kacang hijau dengan merebus dulu air, setelah mendidih baru dimasukkan kacang hijaunya lalu masak sampai empuk baru ditambahkan gula dan lain-lain. Tapi kali ini mau mencoba metode 5.30.7, memasak kacang hijau dengan waktu minimalis tapi hasilnya cepat empuk. Ternyata benar saudara-saudara, kacang hijaunya empuk puk puk walaupun masaknya sebentar. Irit gas betul. Inilah yang disuka ibu-ibu, termasuk saya 😁. Resep ini terinspirasi dari resep "Bubur Kacang Ijo" Dapur Mak Mona, tapi di resep ini sudah saya modifikasi/tambahkan takaran beberapa bahannya. Oya, sebaiknya kacang hijau direndam semalaman supaya cepat empuk dan bulirnya tidak pecah saat dimasak. Dan masukkan gula, santan dan lain-lain setelah kacang hijau mekar dan empuk ya. Ok, selamat mencoba... #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Bekasi

Mpasi 6 bulan - bubur hati ayam santan

Mpasi 6 bulan - bubur hati ayam santan

ini juga salah satu resep dari buku dokmet yang aku coba bikin dengan sedikit perubahan

2-3 kali makan
30 menit
Bubur ikan & sayuran 🐟🍅🌽(mpasi 7m+)

Bubur ikan & sayuran 🐟🍅🌽(mpasi 7m+)

Ini salah bubur sehatnya dede abrian yg udah 7 bulan lebih yaa...berhubung msh ada chalange #meracikkapsulajaib jadi bubur ini juga bisa untuk adik² kita yg sedang berjuang kanker ya bubur ini ga pakai bahan MSG karna kan untuk mpasi juga jadi aku hrs bnr2 teliti, disini aku pakai beras organik ya jadi lebih aman ajh klo untuk baby...☺🤗 tpi kali aku ga bisa foto pas step by stepnya karna lg rempong 😂😅 jadi yaaa wiiiisslaah cuma 1 foto ajh yg aku ambil deh 😢😁 Disini bisa diganti yaa ikannya pke ikan apa saja boleh yaa tapi lebih bagus ikan yg berlemak tinggi seperti ikan salmon atau ikan sarden... Trs disini juga aku pakai tomat yg katanya bagus Tomat itu mengandung lycopene yang di samping menjadikan warna buahnya merah, juga bersifat sebagai zat anti-kanker. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Clinical of Oncology mengungkapkan bahwa tomat mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker prostat. Selain kanker prostat, lycopene dalam tomat berfungsi guna mencegah jenis kanker lainnya, seperti kanker mulut, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, getah pancreas, dan kanker usus. Seperti itu...jadi makanlah makanan yg sehat dan istirahat yg cukup itu yg utama sih #kapsulajaib #menumpasi7bln+ #menu4bintang #cookpadcommunity_indonesia #cookpadcommunity_bogor

Bubur kacang ijo santan susu

Bubur kacang ijo santan susu

lagi pengen makan bubur kacang ijo tapi abang2 yg jualan bubur kacang ijo libur lamaa bgt ga buka2. Yaudah bikin sendiri aja.. 😁

3 porsi
20 menit
Bubur Saring: Beras Campur Daging Wortel Tempe

Bubur Saring: Beras Campur Daging Wortel Tempe

Mulai masuk ke menu 4bintang #alacicijen #resepmpasi #mpasi4*

4 Porsi
07 Bubur Wordang

07 Bubur Wordang

Buburnya enak, ngga kalah enak dengan bubur band**g yang terkenal itu, buatnya juga mudah, bahannya tdk susah didapat.

1-2 orang
Kurang lebih 1 jam
Bubur (manado) nasi sisa seadanya

Bubur (manado) nasi sisa seadanya

Kegabutan di kala WFH, jadi lebih sering experimen di dapur, sebelum eksekusi ini, sudah beberapa kali lihat postingan di ig olahan dr nasi sisa, salah satu nya di bikin bubur. Alhamdulillah beberapa kali bikin selalu habis.

2 orang
10 menit
Bubur ayam jagung

Bubur ayam jagung

Ada jagung manis di kulkas....

Mpasi 6+ Day 4 : Bubur Ayam Katuk Kacang Merah

Mpasi 6+ Day 4 : Bubur Ayam Katuk Kacang Merah

Memanfaatkan tanaman yang ada di halaman, alhamdulillah anak lahap 😁. Menu ini mengandung 260 kkal. Untuk vidio memasak bisa kunjungi IG : @yunchans_ semoga bermanfaat 🥰 #TiketMasukGoldenApron3

1 hari 3 kali
2 jam 15 menit
Bubur jenang ketan hitam

Bubur jenang ketan hitam

Liat vlogger2 di medsos makan jenang didaerah2 desa jdi mupeng bgt.. alhasil bikin sendri

10 porsi
Bubur manado

Bubur manado

5-6 porsi
Bubur Bobor Bayam Mpasi 7m+

Bubur Bobor Bayam Mpasi 7m+

Ini gambarnya udah dimaem si baby tinggal dikit lagi

Bubur tim dengan EVOO Olivoila for 9+ M

Bubur tim dengan EVOO Olivoila for 9+ M

Asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama yang terkandung dalam EVOO dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak Anda. Extra Virgin Olive Oil juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mencegah dan mengurangi penyakit asma.

2 porsi