Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Daging Warna Warni yang Anti Gagal

Dipos pada January 26, 2019

Bubur Daging Warna Warni

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur Daging Warna Warni yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur Daging Warna Warni yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Daging Warna Warni, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Daging Warna Warni enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Daging Warna Warni sekitar 5-6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Daging Warna Warni sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Daging Warna Warni memakai 34 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur daging ini terinspirasi dari bubur ayam khas Palembang yang menggunakan kuah semur sebagai kuah buburnya dengan modifikasi versi saya tentunya.. . Sengaja saya menggunakan merica bubuk yang cukup banyak dan menambahkan 3 butir cabai rawit merah karena dirumah suka dengan pedas dan papa juga suka sekali dengan rasa khas merica bubuk nya. . Disini sebagai warna warni buburnya yaitu sayur sayuran. Gunanya selain pelengkap bubur daging karena ada sayurnya jadi bisa bikin menu lengkap dalam satu kali masak kuah bubur, ada daging dan sayur. Menu Bubur Daging Warna Warni ini juga untuk memanfaatkan bahan bahan yang tersedia di kulkas agar bisa lebih bermanfaat dan tidak terbuang karena lama dikulkas. Dan benar sekali sayur sayur yang saya pakai semua sisa sisa dari bahan masakan saya sebelumnya. . Oh ya walaupun sisa bahan bahan di kulkas tetapi bisa jadi menu se enak ini.. . Oh ya mom sayurnya sengaja saya pisah agar waktu disajikan sayurnya terasa masi segar ya. Tetapi kalau mau dimasak langsung ke kuah dagingnya boleh juga ya mom. . Ayo Mom bikin juga yukk.. . #KurasKulkas #AntiRibet #BerburuCelemekemas #Resolusi2019 #cookpadindonesia #cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_palembang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Daging Warna Warni:

  1. Bahan bubur nasi
  2. 1 cup beras,
  3. 2 liter air,
  4. 1/4 sdt garam halus
  5. ...
  6. Bahan rebusan sayur:
  7. 1 buah wortel ukuran besar,
  8. 1 buah kentang ukuran besar,
  9. 6 batang buncis,
  10. 2 butir cung kediro atau 1 buah tomat berukuran kecil
  11. 1 batang daun bawang
  12. Secukupnya garam halus
  13. Secukupnya air untuk rebusan
  14. ...
  15. Bahan kuah bubur:
  16. 200 gr daging sapi yang sudah di cuci dan direbus terlebih dahulu
  17. 10 sdm kaldu dari rebusan daging sapi
  18. 10 butir bawang merah
  19. 5 butir bawang putih
  20. 3 butir cabai rawit merah
  21. 3 batang daun bawang
  22. 2 batang seledri
  23. 3 butir cung kediro (1 tomat ukuran sedang)
  24. 1 1/2 sdt merica bubuk
  25. 1 batang kayu manis
  26. 4 butir cengkeh
  27. 4 cm jahe
  28. 1,25 liter air
  29. 4 sdm air larutan asam jawa
  30. 8 sdm kecap manis
  31. 2 sdm kecap asin
  32. 2 sdt garam halus (sesuaikan)
  33. 2 sdt gula pasir (sesuaikan)
  34. Minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Daging Warna Warni

1
Cuci beras sebanyak 2 kali bilas.
Bubur Daging Warna Warni - Step 1
Bubur Daging Warna Warni - Step 1
2
Campurkan semua bahan bubur nasi. Kemudian masak sambil sesekali di aduk sampai nasi bertekstur seperti bubur. Sisihkan.
Bubur Daging Warna Warni - Step 2
Bubur Daging Warna Warni - Step 2
3
Untuk rebusan sayur. Cuci bersih dan kupas wortel serta kentang, potong kotak kecil. Cuci bersih buncis, potong kotak. cuci bersih cung kediro/tomat dan daun bawang, kemudian potong kotak. Lalu rebus wortel, kentang dan buncis sampai lembut. Tiriskan, campurkan dengan potongan cung kediro/tomat dan daun bawang. Sisihkan. (bagian ini bisa di hilangkan jika ingin memasaknya jadi satu dengan kuah dagingnya)
Bubur Daging Warna Warni - Step 3
Bubur Daging Warna Warni - Step 3
Bubur Daging Warna Warni - Step 3
4
Siapkan semua bahan kuah daging. Potong potong kecil daging sapi. Haluskan/blender bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah dan air kaldu. Potong potong daun bawang, seledri dan cung kediro/tomat. Geprek jahe.
Bubur Daging Warna Warni - Step 4
Bubur Daging Warna Warni - Step 4
Bubur Daging Warna Warni - Step 4
5
Tumis bumbu halus dengan merica bubuk. Sampai harum dan mengering.
Bubur Daging Warna Warni - Step 5
Bubur Daging Warna Warni - Step 5
6
Masukkan daging, aduk rata.
Bubur Daging Warna Warni - Step 6
Bubur Daging Warna Warni - Step 6
7
Masukkan air dan air larutan asam jawa.
Bubur Daging Warna Warni - Step 7
Bubur Daging Warna Warni - Step 7
8
Masukkam kecap manis dan kecap asin. Aduk rata.
Bubur Daging Warna Warni - Step 8
Bubur Daging Warna Warni - Step 8
9
Masak sampai daging lembut.
Bubur Daging Warna Warni - Step 9
10
Masukkan potongan daun bawang, seledri dan cung kediro/tomat. Masukkan garam halus dan gula pasir sambil di koreksi rasa.
Bubur Daging Warna Warni - Step 10
Bubur Daging Warna Warni - Step 10
Bubur Daging Warna Warni - Step 10
11
Masukkan sayur rebusan, masak cukup sampai mendidih kecil saja. Matikan kompor.
Bubur Daging Warna Warni - Step 11
Bubur Daging Warna Warni - Step 11
Bubur Daging Warna Warni - Step 11
12
Sajikan selagi hangat. Semoga suka dan bermanfaat ^^
Bubur Daging Warna Warni - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam Ebi

Bubur Ayam Ebi

Ada sisa nasi semalam, kepikiran bikin bubur... #berburucelemekemas #resolusi2019 #weeks16

Bubur Srinthil Ketan Labu / Biji Salak

Bubur Srinthil Ketan Labu / Biji Salak

Lembut...cocok buat takjil..yuuk dicoba..

10porsi
1jam
Bubur Ayam

Bubur Ayam

Balita ku sukaaa bgt... papa mamanya apalagi...🤤🤤👍👌

112. Burjo Durian (Bubur Kacang Ijo Durian)

112. Burjo Durian (Bubur Kacang Ijo Durian)

Ngeburjo saja di awal tahun 2020. Happy New Year..... 🎉🎉 Sama seperti tahun-tahun yang lalu, di awal tahun di temani cuaca hujan dan mendung dari malam ya. Pas banget timing nya ngemil yang hangat-hangat di pagi harinya, yeaaaaay Sudah lama gak ngeburjo sendiri di rumah, jadi kangen. Kebetulan juga ada sisa durian beberapa potong dalam kulkas, cuss lah malam taon baru bukannya jalan-jalan ya, tapi nyari kacang ijo sama kelapa parut. Dan paginya di bikin Burjo Durian,, hemmmm yummmyyy #Cookpadcommunity_Banjarmasin #Cookpadcommunity_Borneo #OlahanKacangHijau #BuburKacangHijauDurian

1/2 panci ukuran sedang
Bubur Ketan Kinco Endesss

Bubur Ketan Kinco Endesss

TERNIAT !!! ini menu kita gw sama temen temen sesama anak rantau tadi pagi.. sudah dari minggu lalu pengen bet makan bubur ketan kinco.. which is di Jakarta sudah pasti tidak ada yang jual.. buat kita anak rantau yang di kampung suka sarapan bubur ini, kangen juga di jakarta ga ada. makanya mau gag mau bikin.. sekedar mengobati kangen kampun halaman. sebenarnya untuk bikin itu mageeeerrrr minta ampun.. kebayang harus bikin buburnya.. ketannya... saus kinco nyaa.. pokoknya sangat makan waktu.. tapi ada kabar temen temen pada mau main dirumma ! kita dijakarta semua kerja, memang waktu kumpul dikit. jadi kalo pas bisa kumpul yaa usahain kumpul. dari semalem udah beli beras ketan. Langsung sengaja rendam di baskom,, biar pagi nya mau gag mau niat bebikin karena beras ketan terlanjur di rendam. semangat ! Wkwkkwkwk.. this is it ! bubur ketan kinco ala aku.. Jakarta rasa Salatiga ! kita masak bareng sambil ketawa dan ngonbrol. seruuuu... yaa meski full resep dari aku, mereka hanya bantu bantu. tapi aku senang. cusss resepnya.. semoga bermanfaat yes ! #KalauLagiNgumpul #AnakRantau #cookpadcommunity_jakartaselatan #cookpadindonesia #devidirgaaendesss#cookpadcommunity_jakartaselatan #cookpadindonesia #devidirgaaendesss

Bubur Nasi

Bubur Nasi

#makananfavoritIbu Ibu yang pertama ngajarin ssya bikin bubur nasi ini, dan ternyata ibu suka sekali bubur buatan saya. Padahal bahannya sederhana sekali dsn cuma bubur nasi tanpa tambahan apapun. Entah kenapa, setiap ibu sakit, beliau selalu ingin dibuatkan bubur nasi ini, ga mau bubur yg lain, harus saya yg buat, dan anehnya setelah makan bubur sederhana buatan saya, ibu kembali sehat, bahkan sampai ibu dipanggil oleh sang Khalik beliau masih ingin dibuatkan bubur saya. Walau jauh oleh jarak saya tetap menbuatkan bubur yg merupakan makanan favoritnya. Ini bukan soal rasa dan kelengkapannya, tapi soal history dan betapa saya sangat mencintai ibu. Untuk Ibu ku Alfateha.

10 Bubur Tim tanpa GulGarEvoo (Baby Friendly) 9mos

10 Bubur Tim tanpa GulGarEvoo (Baby Friendly) 9mos

Masih melacak, si adek maunya mam apa.... semenjak persiapan pindah kami sedia instan saja.... ealah... malah keterusan maunya instan. Tapi hati ini mulai tak enak, mau balik on the track aja seperti sebelumnya.... qadarullah anaknya belum mau yg mpasi. Tapi sebagai seorang ibu,ada niat ada usaha, yuk semangat. Evaluasi: cara membuat bubur sudah ok. Karena tanpa perasa (utk baby under 12mos), ya tdk ada rasanya... ditambah garam dan kaldu mungkin cucok.

2x makan
40menit
Bubur Ayam Indomie

Bubur Ayam Indomie

Terinspirasi dari IG masakdarurat. Dua kecintaan menjadi satu 😎

Bubur Manado

Bubur Manado

Enak bgt maemnya bareng kluarga pas minggu pagi mom....yook dicoba

Mpasi Bubur Kembung Brokoli Jagung

Mpasi Bubur Kembung Brokoli Jagung

bereksperimen menciptakan menu mpasi home made udah 12 month baby gak ngepuree mulu dikasi nasi masih mau-mau nggk-nggk jadi ngebubur aja #cookpad_comunity_karawang #pejuangMpasi

Bubur Pemalang

Bubur Pemalang

setiap daerah di indonenesia memiliki kuliner khas daerah masing" .. seperti Bubur Pemalang ini .. kalau biasanya bubur di sajikan dengan suwiran daging ayam .. tetapi bubur ini memiliki ciri khas menggunakan Tempe . Tempenya di masak dengan menggunakan Royco Kaldu Ayam .. dan untuk Rahasia Bubur enak itu pakai Royco Kaldu Ayam .. Kaldu Ayamnya gurih memberikan kelezatan di setiap masakan

Bubur hati ayam dan wortel

Bubur hati ayam dan wortel

Styap pagi beli bubur ayam buat anak, biar lbh menghemat lg biaya.. mending bikin sendiri yu mom.. slain lbh enak juga lbh higienis pula..😊