Cara Gampang Menyiapkan Bolu Alkesa/Sawo Belanda, Enak

Matthew Rios   02/10/2020 08:55

Bolu Alkesa/Sawo Belanda
Bolu Alkesa/Sawo Belanda

Sedang mencari inspirasi resep bolu alkesa/sawo belanda yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu alkesa/sawo belanda yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu alkesa/sawo belanda, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan bolu alkesa/sawo belanda yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bolu alkesa/sawo belanda sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bolu Alkesa/Sawo Belanda memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bolu Alkesa/Sawo Belanda:
  1. Sediakan 250 gr daging buah alkesa (lumatkan)
  2. Ambil 250 gr terigu (bisa segitiga tp saya pake cakra karena adanya itu wkwk)
  3. Ambil 4 btr telur ayam
  4. Gunakan 140 gr gula pasir
  5. Siapkan 1/2 sdt vanilla
  6. Ambil 1/2 sdt baking powder
  7. Sediakan 1/2 sdm SP
  8. Gunakan 1 sdm penuh susu bubuk
  9. Siapkan 100 gr margarin (lelehkan)
  10. Sediakan 50 ml minyak sayur
  11. Gunakan Topping:
  12. Gunakan Kismis
  13. Sediakan Keju parut
Langkah-langkah membuat Bolu Alkesa/Sawo Belanda:
  1. Mixer high speed telur, gula, vanilla dan sp sampai putih berjejak
  2. Matikan mixer, kemudian masukkan alkesa, aduk rata dengan spatula. Tambahkan susu bubuk dan baking powder. Lalu tambahkan terigu yang sudah diayak secara bertahap sambil di mixer dengan low speed. Mixer asal rata saja agar tidak kempes nantinya. Lalu matikan mixer
  3. Kemudian beri margarin leleh, aduk-aduk hingga meresap dan tercampur rata. Tambahkan juga minyak sayur, ulangi pengadukan hingga benar2 terserap
  4. Olesi loyang dengan margarin tipis saja. Lalu taburi dengan sedikit terigu. Tuang adonan ratakan dengan spatula, hentak-hentakkan adonan kemudian beri topping sesuai selera
  5. Panaskan oven hingga suhu 170°C, lalu masukkan loyang di rak tengah (saya pakai otang). Cek bagian atas bolu jika sudah agak mengering namun ketika ditusuk masih rapuh pindahkan ke rak atas. Di rak atas cukup oven sebentar saja kurleb 15 menit.
  6. Catatan: Ketika di oven di rak tengah pakai api sedang cenderung kecil. Ketika di rak atas pakai api kecil

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bolu Alkesa/Sawo Belanda yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved